Harga Scalling Gigi di Puskesmas Update 2022


Harga Scalling Gigi di Puskesmas Update 2022 - Scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang di lakukan untuk membersihkan karang dan plak pada gigi. scaling sejatinya harus di lakukan secara rutin setidaknya enam bulan sekali.

BACA JUGA : Harga Laundry Kiloan

Scaling dapat membersihkan plak yang menepel pada gigi yang memang tidak mudah di jangkau oleh kita dengan sikat gigi. dengan rutin melakukan scaling gigi, kita akan memiliki gigi yang bersih dan terhindar dari bau mulut.

Plak adalah lapisan kuning atau putih yang menempel pada gigi. plak tejadi akibat bakteri yang berkumpul dengan sisa-sisa makan yang tertinggal di dalam mulut. plak yang di biarkan dan bercampur dengan air liur lama kelamaan akan mengeras dan membentuk karang gigi. 

Salah satu cara untuk membersihkannya adalah dengan melakukan scaling. scaling bisa di lakukan di puskesmas, klinik gigi, maupun rumah sakit. untuk biayanya sendiri tentu variatif. tiap tempat berbeda-beda. 

Harga Scaling Gigi di Puskesmas 

Scaling di puskesmas apakah ada ? Ada donk. bila kita melakukan scaling di puskesmas, tentu biayanya akan sangat terjangkau bila di bandingkan klinik ataupun rumah sakit. di puskesmas sendiri biaya scaling mulai dari Rp 50.000 - 300.000 di klinik gigi swasta mulai dari Rp 200 ribu - 400.000 dan di rumah sakit mulai Rp 150 ribu - 400 ribu.

Untuk di puskesmas sendiri, sebenarnya untuk peserta BPJS bahkan bisa mendapatkan scaling gigi secara gratis. yang biasanya di sesuaikan domisi. untuk di klinik dan rumah sakit pun tak jarang memberi diskon menarik untuk scaling.

Menurut BPJS Kesehatan No 1 Tahun 2014 Pasal 52 Ayat 1, perawatan gigi dan mulut yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut : Obat-obatan pasca pencabutan gigi (ekstraksi). Penambalan dengan bahan komposit atau GIC. Pembersihan karang gigi atau scaling gigi setahun sekali.


Manfaat Scaling gigi

  1. Membersihkan karang dan plak gigi
  2. Memelihara kesehatan gigi
  3. Mengurangi resiko perdarahan
  4. Mencegah penyakit periodontitis

Cara alami menghilangkan karang pada gigi



Bila kalian belum yakin ataupun takut melakukan scaling gigi, kalian bisa mencoba cara alami ini di rumah. apalagi kalau plak ataupun karang gigi kalian hanya sedikit. caranya adalah :

  • Rutinlah untuk menyikat gigi
  • Gunakan pasta gigi berflouride
  • Gunakan mouthwash
  • Perbanyak konsumsi air mineral, buah dan sayur
  • Mengunyah permen karet bebas gula
  • Menghindari makanan dan minuman manis
  • Membersihkan gigi dengan Dental floss ( benang gigi )

Tips setelah melakukan Scaling :

Saat setelah melakukan scaling, gigi akan merasakan linu, apalagi saat plak dan karang giginya cukup banyak. saat setelah scaling dokter akan menyarakan untuk tidak makan dulu setidaknya setengah jam setelah melakukan tindakan.

Itulah ulasan mengenai biaya membersihkan karang gigi 2021 di puskesmas, beserta manfaat dari scaling. kalian pun bisa membaca info mengenai Biaya Scalling Gigi di Makassar di link berikut ini.

Bila di bandingkan  dengan efek samping scaling, manfaatnya terlihat lebih banyak ya. apalagi scaling bisa di lakukan di puskesmas bahkan gratis. jadi, tidak ada salahnya untuk melakukan scaling agar gigi tetap sehat terawat.

Kesimpulan

Untuk menjaga agar tetap sehat terawat, kita perlu rutin melakukan scalling setidaknya enam bulan sekali. scalling tidak menakutkan dan tidak memerlukan waktu yang lama. sehingga kapanpun bisa kita lakukan.

Untuk melakukan scalling dengan biaya yang terjangkau, kita bisa melakukan scalling di puskesmas yang harganya lebih terjangkau bila di bandingkan melakukan scalling di rumah sakit. sekian tulisan mengenai Harga Scalling Gigi di Puskesmas Update 2022

Semoga bermanfaat.

https://www.alodokter.com/ketahui-apa-itu-scaling-gigi

 



chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

1 komentar untuk "Harga Scalling Gigi di Puskesmas Update 2022"

Comment Author Avatar
Ini kan infonya scaling gigi di puskesmas, berarti di semua puskesmas harganya sama dong ya? baru tau juga kalo scaling bisa di cover BPJS, tapi ragu gitu sama pekayanannya, maaf ya yang kerja di puskesmas, habis aku dari dulu ga pernah berani berurusan ke dokter gigi gitu takut banget sakit. Oia Kak Chairina ga mau coba review produk kosmetik gitu? kalo tertarik review produk dari OTWOO Kosmetik kak, nanti kalo mau aku bisa kirim produknya nih kak. terimakasih ya semoga bermanfaat

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !