Biaya Pembuatan Surat Domisili Pribadi. Kalian Harus Tahu!

Credit : lifepal.co.id

Biaya Pembuatan Surat Domisili Pribadi. Kalian Harus Tahu! - Membuat surat domisili sangat penting, karena memang sangat di butuhkan untuk mengurus berbagai persyaratan administrasi.

Selain itu, untuk mendaftar sekolah pun surat keterangan domisili di butuhkan, mengingat banyaknya sekolah yang melakukan sistem zonasi.  surat keterangan domisili juga dibutuhkan perusahaan untuk mengurus izin serta pajak.

Lalu, apa saja syarat, cara dan biaya yang di butuhkan untuk membuat surat domisili pribadi ? selengkapnya sudah di uraikan di tulisan ini. 

1. Syaratnya :

Untuk membuat surat keterangan domisili, pemohon harus memiliki tiga syarat :

  1. Surat pengantar dari RT RW
  2. Fotokopi KTP dan KK, dan
  3. Surat keterangan domisili daerah asal.

2. Caranya :

Membuat surat domisili pribadi adalah dengan cara mendatangi kantor kelurahan setempat, dengan membawa berkas lengkap. kalau berdasarkan informasi dari situs SIPP Kemenpan RB, sistemnya adalah sebagai berikut :
  • Pemohon mengambil nomor antrian di kantor kelurahan.
  • Menyerahkan berkas persyaratan ketika sudah dipanggil. 
  • Setelah di nyatakan lengkap, berkas akan dimintakan tanda tangan pejabat yang berwenang. kemudian ada pencatatan nomor dan tanggal agenda surat. dan terakhir
  • Penyerahan berkas surat keterangan domisili kepada pemohon.
Proses pembuatan surat domisili pribadi hanya memakan waktu kurang lebih selama 15 menit. mulai dari verifikasi surat pengantar RT RW, cek kelengkapan administrasi, input data ke aplikasi, mencetak surat pengantar, dan memberikan agenda surat, tanda tangan pejabat, serta stempel.

Surat domisili pribadi ini memiliki fungsi yang tak jauh dari Kartu Tanda Penduduk (KTP). bedanya hanya pada bentuk surat domisili ini berbentuk secarik kertas dan memiliki masa berlaku hanya selama enam bulan.

3. Biaya

Untuk kalian yang hendak membuat  surat keterangan domisili tidak perlu bingung dan khawatir merogoh kocek, karena pembuatan surat domisili ini tidak dipungut biaya sama sekali. 

Begitulah syarat, biaya, dan cara pembuatan surat domisili pribadi. dengan kalian mengetahui cara dan sistemnya. di harapkan saat membuat suart domisili ini tidak lagi bingung.

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Biaya Pembuatan Surat Domisili Pribadi. Kalian Harus Tahu!"