Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Scalling Gigi di Makassar di Klinik Maupun Rumah Sakit

Biaya Scalling Gigi di Makassar di Klinik Maupun Rumah Sakit

Biaya Scalling Gigi di Makassar di Klinik Maupun Rumah Sakit - Urusan gigi memang sesuatu yang harus diperhatikan. Apabila seseorang telah diserang sakit gigi, maka segala aktivitas yang telah direncanakan bisa berantakan sekaligus. Bertumpuknya karang gigi menjadi salah satu penyebab sakit gigi. Berikut ini akan dibahas mengenai biaya scalling gigi di Makassar.

Banyaknya klinik gigi Makassar terbaik membuat Anda yang tinggal di Makassar tidak perlu khawatir jika mendapati masalah gigi, terutama karang gigi yang mengganggu. Sebenarnya penyebab sakit gigi itu beragam dan tidak hanya karang gigi saja, akan tetapi ada juga gigi berlubang maupun gigi patah.

 

Biaya Scalling Gigi di Makassar

Biaya untuk scaling gigi sebenarnya sangat bervariasi. Hal tersebut tergantung dengan rumah sakit atau puskesmas yang menyediakan pelayanannya. Biaya membersihkan karang gigi di puskesmas dan rumah sakit juga memiliki rentang harga yang tidak menentu.

 

Baca juga: Biaya dan Perawatan Klinik Gigi Nadira Semarang

 

Umumnya, rumah sakit swasta biaya dimulai dari harga Rp. 250.000,- hingga lebih dari Rp. 500.000,-. Biaya tersebut perlu Anda tambah untuk berjaga-jaga untuk kebutuhan yang tidak terduga.

 

Banyak sekali klinik maupun rumah sakit yang menyediakan layanan scaling gigi. Seperti rumah sakit Ibnu Sina YW UMI Makassar yang mematok harga mulai dari Rp. 300.000,-, RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar yang mematok harga mulai Rp. 100.000 saja, klinik Ratulangi Medical Center bahkan hanya mematok harga mulai Rp. 85.000,- saja, dan masih banyak lagi.

 

Rekomendasi rumah sakit untuk kesehatan juga termasuk banyak, seperti Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) UNHAS, Dentamedica Care Center (DCC), Klinik Parakita Medika, Dentist Clinic dan masih banyak lagi.

 

Apa yang Dimaksud dengan Scalling Gigi?

Biaya scalling gigi di Makassar bukanlah hal yang terlalu Anda pikirkan. Karena harga tersebut pasti sesuai dengan hasil yang akan didapatkan. Sebelum membahasnya lebih dalam, perlu diketahui, apa sih sebenarnya scaling gigi itu?

 

Scaling gigi merupakan suatu prosedur tanpa operasi atau non-operasi yang dilakukan untuk menghilangkan karang atau tartar maupun plak pada gigi. prosedur jenis ini adalah prosedur yang sangat umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari scalling gigi yang perlu Anda ketahui:

1.     Dapat mengurangi enzim serta asam yang diproduksi secara berlebih oleh bakteri mulut serta dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan.

2.     Dapat mengurangi risiko pembengkakan dan pendarahan pada jaringan yang diakibatkan dari respon tubuh terhadap bakteri pada plak di gigi.

3.     Dapat mencegah periodontitis.

 

Memelihara gigi dan tulang agar lebih sehat.

Baik plak maupun karang gigi pada umumnya bisa muncul pada siapa saja tanpa memandang usia. Oleh karena itu, sebelum plak maupun karang gigi menjadi makin parah, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan rutin dua kali dalam setahun.

 

Baca juga: Biaya Pemotongan Gusi di Solo Menghilangkan Gummy Smile

 

Penyakit Akibat Karang Gigi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya scalling gigi, perlu Anda tahu bahwa terdapat beberapa penyakit yang bisa menyerang akibat dari karang gigi. Scaling sebenarnya tidak hanya membersihkan karang gigi saja, akan tetapi juga mencegah munculnya penyakit. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang diakibatkan oleh karang gigi: 

 

Penyakit Gingivitis

Penyakit gingivitis merupakan penyakit yang diakibatkan dari karang gigi yang dibiarkan secara terus menerus sehingga menimbulkan radang gusi. Kondisi tersebut menyebabkan gusi membengkak, meradang dan mudah berdarah. Karena penyakit ini, seiring dengan berjalannya waktu, gigi berlubang bisa saja terjadi.

 

Penyakit Peridontitis

Penyakit periodontitis merupakan penyakit yang disebabkan dari penyakit dari gingivitis yang tidak diobati dan menjadi lebih parah. Sebuah kantong timbul akibat penyakit ini dan akan membuat jarak antara gusi dan gigi. Saat kantong tersebut dipenuhi bakteri, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan zat kimia.

 

Zat kimia yang dikeluarkan serta bakteri dapat merusak tulang gigi. Hal tersebut menyebabkan gusi, tulang serta jaringan penopang gusi menjadi hancur. Tanpa melakukan pengobatan yang tepat, maka periodontitis akan menyebabkan gigi Anda tanggal.


Penutup

Itulah penjelasan singkat mengenai scaling gigi serta biaya scalling gigi di Makassar. Bagi Anda yang tinggal di Indonesia, khususnya di Makassar, yuk jaga kesehatan gigi dengan scaling gigi!


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

5 komentar untuk "Biaya Scalling Gigi di Makassar di Klinik Maupun Rumah Sakit"

  1. Penting banget scalling gigi nih, kalau ga scalling duh rasanya gigi memang gampang keropos, menyesal aku skip scalling kemarin-kemarin.

    BalasHapus
  2. scalling gigi memang jadi salah satu agenda wajib nih ke dokter gigi.

    BalasHapus
  3. Kalau utk kesehatan gigi, biaya berapapun oke aja ya mba. Sya merasa banget kalau gigi lg ga fit jadi bad mood deh

    BalasHapus
  4. Lumayan jg ya biayanya ya hehe.. aku suka nungguin promo di klinik gigi gt mba kal buat scalling, kadang lumayan jg hematnya hehe

    BalasHapus
  5. Saya baru sekali scalling di RSUD tipe B. Harganya sekitar 175k, saya lupa persisnya berapa cuma gak nyampe 200 sih. Tapi kalau utk ukuran di kampung itu lumayan banget lho.

    BalasHapus