Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Veneer Gigi di Puskesmas : Manfaat Veneer

Harga Veneer Gigi di Puskesmas : Manfaat Veneer - Veneer gigi merupakan salah satu prosedur yang di lakukan pada gigi dengan tujuan mempercantik penampilan gigi dan dapat memperbaiki struktur gigi. veneer adalah salah satu treatment yang cukup di gandrungi loh! 

Meski banyak di gandrungi. bukan berarti veneer tanpa resiko ya. ulasan lengkap mengenai ini akan aku ulas secara lebih detail di sini. sebelum mengenal lebih jauh tentang veneer, yuk cari tahu dulu apa itu veneer.


Apa yang di maksud dengan veneer ?

Veneer gigi adalah cangkang tipis yang di pakai untuk melapisi bagian depan gigi. cangkang ini di buat menyesuaikan dengan bentuk gigi yang ingin di veneer. yang menjadi pertanyaan adalah bahan apa sih yang di gunakan ?

Bahan yang di gunakan untuk membuat cangkang ada beberapa macam. seperti :

  • Porselen
  • Komposit resin, dan
  • Keramik
Itulah 3 bahan dasar pembuatannya. dan yang paling banyak di pakai dan di minati adalah veneer porselen, karena lebih awet ( tahan pada noda ) dan warna putihnya tidak mencolok. jadi meskipun di veneer gigi tetap terlihat alami.

Ketika seseorang menempelkan veneer di bagian gigi depan, maka akan menutupi kekurangan yang ada pada giginya. seperti bentuk gigi yang tidak rata, warna yang tidak putih, maupun ukuran gigi yang di rasa tidak sesuai.

Masalah yang mungkin terjadi pada pemasangan veneer :

  1. posisi lapisan veneer yang tidak sesuai yang dapat memicu kerusakan gigi
  2. Lapisan veneer bisa berlendir atau kasar. dapat menyebabkan benang gigi masuk ke tepi veneer.
  3. Veneer yang terlalu tebal dapat menyebabkan bau pada mulut karena makanan yang bertumpuk.
  4. Gingivitis
  5. Abses. dan
  6. Gigi berlubang.
Itulah mengapa, untuk melakukan tindakan veneer pastikan di lakukan di klinik-klinik gigi ataupun rumah sakit yang memang di kerjakan oleh yang ahli di bidangnya. jangan sampai kita mendatangi tempat-tempat yang tidak seharusnya ya.

Kalau di artikel sebelumnya aku sudah menulis tentang Bleaching gigi yang merupakan salah satu prosedur memutihkan gigi juga. lalu apa bedanya dengan veneer yang sama-sama proses pemutihan gigi ?

Perbedaan Veneer dan bleaching gigi

"Bleaching adalah proses pemutihan gigi yang menggunakan bahan pemutih khusus untuk gigi, sedangkan Veneer adalah prosedur perawatan gigi yang dilakukan dengan proses preparasi atau mengasah gigi,"

Jadi terlihat jelas ya bedanya. kalau bleaching bahan pemutih langsung di letakan pada gigi, sedangkan dalam veneer, gigi harus di asah terlebih dahulu, agar memiliki ruang untuk menempel di veneernya.

Veneer merekat pada gigi dan bertahan cukup lama, sekitar 10 - 20 tahun. tergantung bagaimana cara kita merawatnya. bila kita teraktur menggosok gigi dan melakukan perawatan rutin. veneer akan bertahan lama. begitupun sebaliknya.

Harga Veneer Gigi di Puskesmas

Untuk melakukan prosedur pemutihan gigi dengan veneer, sayangnya belum bisa di lakukan di puskesmas. jadi, kalau kita memang ingin melakukan veneer, kita bisa berkunjung ke klinik gigi maupun rumah sakit.

Di rumah sakit swasta, harga veneer gigi mulai dari Rp. 500.000 hingga lebih dari Rp. 4.000.000 per gigi. tergantung bahan dan di mana kalian melakukan veneer gigi. saat hendak melakukan veneer gigi baiknya mempersiapkan dana lebih ya. 

Tiap klinik dan rumah sakit swasta memiliki tarif yang berbeda-beda tentunya. selain itu di beberapa klinik juga tak jarang memberikan promo-promo menarik. kebetulan banget nih bulan agustus pasti banyak promo menarik juga.

Itulah ulasan harga veneer gigi berikut manfaat dan masalah yang dapat di timbulkan dari veneer, semoga membantu dan memberikan pencerahan yang cukup jelas untuk kalian yang hendak melakukan veneer.





chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

1 komentar untuk "Harga Veneer Gigi di Puskesmas : Manfaat Veneer"