Seni Berbuat Bagi Adalah Menjadi Pribadi Yang Baik

Seni Berbuat Bagi Adalah Menjadi Pribadi Yang Baik

Seni Berbuat Bagi Adalah Menjadi Pribadi Yang Baik - berbuat baik memang merupakan salah satu kebiasaan yang perlu kita lakukan selama menjadi manusia yang hidup dalam dunia sosial. kita berbuat baik karena orang pun pasti akan berbuat baik kepada kita.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana kita membalas kebaikan orang lain kepada kita, meskipun kita tidak tahu orang itu di mana atau misalkan orang itu sudah tidak ada? pertanyaan inilah yang menjadi topik bahasan ODOP ISB kali ini.

Kalau aku menjawab pertanyaan ini mudah saja sebenarnya. untuk membalas kebaikan orang lain adalah dengan menjadi orang yang baik. bukan hanya baik kepada diri sendiri, tapi juga baik kepada orang lain termasuk sanak saudara orang yang baik tersebut.

Seni Berbuat Baik

Berbuat baik ini ternyata ada seninya loh! menurutku seni berbuat baik adalah ketika kita bisa memberikan kebaikan kita kepada orang tepat di waktu yang tepat. contoh sederhananya bisa mentreat seseorang dengan kebaikan yang kita beri agar tidak menyinggung.

Contoh sederhananya saat kita ingin memberikan sumbangan atau nasihat kepada orang lain. tentu kita harus melihat waktu dan kondisi yang tepat bukan? sehingga si penerima hadiah bisa menerima dengan bahagia tanpa merasa terpuruk. 

Hal ini selaras dengan tulisan yang pernah aku buat sebelumnya. di mana kita harus menyelaraskan adab di atas ilmu ketika ingin memberi kepada orang lain. sehingga orang yang menerima pun akan dengan senang hati.


Berbuat Baik Itu Mudah

Itulah kata yang tepat menurutku. berbuat kebaikan memang bisa di lakukan oleh siapa pun tanpa terkecuali. berbuat baik ini bukan hanya soal barang yang kita berikan, atau bukan juga soal berapa banyak uang yang bisa kita sumbangkan.

Kebaikan kecil pun seperti membuat duri di jalan pun bukankah bernilai ibadah? tidak menggunjing ataupun tidak menjelekkan orang lain pun termasuk kebaikan. hal sederhana yang bisa di lakukan oleh semua orang tanpa embel-embel.


Berbuat Baik Dalam Islam

Seni berbuat baik di dalam Islam tidaklah memandang bulu. kebaikan bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa memandang bulu. ada banyak sekali kebaikan yang bisa di lakukan. seperti menolong sesama, rajin beribadah. 

Berbuat Baik Kepada Orang tua pun termasuk ibadah yang perlu kita perhatikan. jadi cakupan dari berbuat baik memang sangat luas. jadi jangan pernah memandang sebelah mata tentang sebuah kebaikan ya. 


Cara Berbuat Baik

Lalu, bagaimana cara berbuat baik? tentu saja dengan melakukan kebaikan tersebut dari diri kita sendiri minimal. sehingga kebaikan kita akan terbawa kepada orang di sekitar kita. tidak perlu memikirkan cara sulit.

Cukup lakukan perbuatan yang menurutku kita baik dan lakukanlah itu sekarang. tidak perlu menunggu nanti ataupun di entar-entar. karena kebaikan yang sedikit yang kita coba lakukan akan menjadi sebuah kebaikan besar nantinya.


Hikmah Berbuat Baik

Hikmah dari berbuat baik adalah bukan hanya kebaikan yang akan berbalas kepada kita. tapi juga rasa bahagia karena kita telah berbuat baik. pernahkah kalian merasa bahagia ketika berbuat baik kepada orang lain?

Begitulah sebenarnya, rasa bahagia akan lebih besar di dapat pada orang yang berbuat baik. jadi jangan pernah bosan untuk berbuat baik ya. selain kebahagiaan, ketika kebaikan yang kita lakukan ini di lakukan dengan ikhlas. maka akan bernilai juga tentunya.


Kesimpulan

Seni Berbuat Bagi Adalah Menjadi Pribadi Yang Baik. kebaikan yang bisa kita lakukan kapan pun dan di mana pun. kebaikan tidak mahal, tidak pula sulit. karena yang sulit adalah hati dan raga kita untuk melangkah kepada kebaikan.

Berbuat baik sejatinya akan memberikan kebahagiaan. bukan hanya untuk penerima saja. tapi juga untuk kita akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih besar. berbuat baik itu akan menjadikan kita pribadi yang terus baik.

Kebaikan apa yang sudah kamu lakukan hari ini? 






chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Seni Berbuat Bagi Adalah Menjadi Pribadi Yang Baik"