Adab Dulu Baru Ilmu Ciri Orang Berilmu

Adab Dulu Baru Ilmu Ciri Orang Berilmu

 Adab Dulu Baru Ilmu Ciri Orang Berilmu - Halo sahabat balik lagi bareng aku yang akan bercerita seputar adab di atas ilmu. sahabat mungkin pernah mendengar perkataan tentang adab yang lebih utama dari pada ilmu.

Itu memang benar adanya. untuk orang yang benar-benar berilmu, ia akan lebih memilih mengedepankan adab baru kemudian ilmu. ada itu sebenarnya apa? dan bagaimana seseorang di katakan beradab?


Tentang Adab

Adab merupakan merupakan suatu perbuatan atau tingkah laku yang di anggap baik. orang yang beradab, akan senantiasa memiliki tingkah laku ataupun akhlak yang baik. adab merupakan sopan dan santun. perilaku seseorang yang baik.

Kata adab tentu tidak asing di telinga kita. adab ada banyak sekali dalam semua tingkah laku kita. misalnya adab berbicara, adab bergaul, dan semua tingkah laku dalam hidup kita sejatinya ada adab yang perlu kita ikuti.

Adab merupakan rules dasar dalam kita bertingkah laku. pernah denger dong ketika seseorang marah dan berkata "kamu kaya orang nggak punya adab." saat seseorang tidak melakukan perbuaytan dengan baik.


Mengutamakan Adab Sebelum Ilmu

Ilmu dan adab sebenarnya dua hal yang tidak bisa di pisahkan. karena kita akan beradab dengan baik ketika kita memiliki ilmu. meski begitu, adab menurutku adalah sebuah norma yang memang biasa kita lakukan setiap harinya.

Aku penasaran deh, bagaimana teman-teman mengedepankan adab dari ilmu? aku juga mau sharing nih caraku mengedepankan adab di atas ilmu. sebenarnya rumusnya sederhana saja. yaitu menyesuaikan diri dengan porsi masing-masing.

Saat berbicara dengan suami, dan anak tentu akan beda adabnya ya. dan kita yang tahu, sebaiknya harus seperti apa. itulah yang di namakan mengetahui porsi sehingga kita bisa berbicara dengan adab yang baik.

Ciri-ciri Orang Beradab

Lalu, bagaimana seseorang bisa di katakan beradab? tentu ada ciri-cirinya. salah satu yang sangat terlihat adalah orang yang berada akan mengenal dirinya sendiri, sehingga ia akan sangat baik memperlakukan orang lain.

Orang yang beradab akan senantiasa melakukan hal-hal baik dalam hidupnya. ia tahu caranya menghargai dirinya dan orang lain. orang yang beradab tidak akan pernah menyakiti dirinya sendiri.

Itulah mengapa, dalam rumah pun saat kita memiliki anak, hal pertama yang kita ajarkan kepada anak bukanlah tentang soal pelajaran sekolah. tapi tentang adab, karena adab memang menjadi pelajaran sepanjang masa.

Anak yang terdidik dengan baik, akan memiliki adab yang baik dan itu akan sangat mempengaruhi kehidupannya kelak saat ia bersosial dengan orang lain. orang yang beradab akan memiliki adab akan sangat mudah bersosialisasi.

Kesimpulan 

Dalam hidup, kita memang harus selalu mengedepankan adab, agar hidup kita senantiasa jelas dan terarah dalam berhubungan dengan orang lain. dengan begitu, pelajaran tentang adab ini sudah harus di tanamkan sedini mungkin.

Adab dan ilmu sejatinya harus selalu berdampingan. orang yang beradab adalah mereka yang benar-benar berilmu, karena adab memang harus di pelajari dan dipahami oleh setiap pribadi. semoga tulisan tentang Adab Dulu Baru Ilmu Ciri Orang Berilmu bermanfaat ya.

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Adab Dulu Baru Ilmu Ciri Orang Berilmu"