Pabrik Frozen Food Pengertian Dan Proses Bisnisnya


Frozen food menjadi makanan andalan untuk kita yang tidak mau ribet saat mengkonsumsi makanan. ada banyak jenis frozen food yang bisa kita temukan. Sebelum itu, mari kita ulas secara lengkap tentang frozen food ini.

Pengertian Frozen Food

Dilansir dari wikipedia Frozen food atau makanan beku dapat didefinisikan sebagai makanan yang dibekukan dengan tujuan untuk mengawetkan makanan hingga siap dinikmatitemperature yang di butuhkan untuk menyimpan frozen food ini adalah -18 derajat celcius atau lebih rendah lagi.

Ciri-ciri frozen food

1.   Mempunyai label kadaluwarsa

Salah satu karakteristik makanan beku ialah memiliki label kadaluarsa pada pembungkusanya. Sebagai sebuah penanda waktu dari frozen food ini baik di konsumsi.

Label kadaluwarsa menjadi poin penting yang wajib ada saat kita membuat frozen food. Karena agar konsumen tau kapan waktu pembuatan dan kapan waktu terakhir boleh mengkonsumsi produk tersebut.

2.   Dibungkus dalam Kemasan

Untuk dapat memastikan kualitas makanan beku karakteristik lainnya adalah memiliki kemasan. Kemasan frozen food ada yang memang di bungkus per porsi. Tapi juga ada yang curah.

Untuk makanan beku curah memiliki harga yang memang lebih murah. Namun kekurangannya adalah makanan curah bisa sangat mudah terkontaminasi.

Setelah kita mengetahui pengertian frozen food dan juga karakteristiknya, sekarang kita akan beralih ke proses pembuatan dan juga cara bagaimana membuat pabrik frozen food.

Tahap Pembuatan Frozen Food

Secara umum, pembuatan produk beku akan melalui 6 proses sebagai berikut;

1.    Persiapan raw material

2.    Proses pencetakan atau forming

3.    Pelapisan

4.    Penggorengan

5.    Pembekuan

6.    Pengemasan

Persiapkan Hal Ini Saat Hendak Memulai Bisnis Frozen Food

Menentukan Jenis Produk Ada banyak sekali jenis makanan beku yang bisa kita jual. mulai dari sayuran hingga buah beku, bahkan cemilan-cemilan yang mudah proses masaknya.

Tentukan produk apa yang akan kita jual dan pastikan sesuai dengan riset pasar yang sudah di lakukan sebelumnya. Agar apa yang kita jual sesuai dengan kebutuhan pasar.

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Kita perlu lokasi strategis agar bisnis frozen food kita dengan cepat dikenali oleh orang banyak. meskipun basis utama frozen food ketika masa pandemi ini via platform online.

lokasi tersebut nantinya akan menjadi tempat dimana konsumen mudah menemukan frozen food yang kita jual sehingga mereka bisa singgah ke toko sepulang dari bekerja.

Minta Izin Edar dari BPOM atau Surat Perizinan Pangan Industri Rumah Tangga

Ini penting, yang paling penting sebelum memulai bisnis frozen food. Jika memilih membeli sendiri dagingnya kemudian mengolah dan membekukan semuanya sendiri (baik dalam skala industri maupun skala rumahan), kita harus memperoleh izin.

Melakukan Frozen Food, Apa Tujuannya ?

Tujuan dari di lakukannya frozen food adalah sebagai bentuk pengawetan terhadap makanan, agar berbagai jenis olahan apapun itu (daging, kue, dan aneka cemilan) memiliki umur yang panjang.

Berbagai olahan frozen food banyak kita jumpai di pasaran, seperti chicken nugget dengan berbagai variasi bentuk. Dan cuka aneka baso dan olahan lainnya.

Tempat penyimpaan frozen food teraman adalah freezer atau ruangan pembeku yang dapat  digunakan untuk menyimpan makanan dalam keadaan beku.

Ketika freezer di atur dengan suhu yang sesuai, maka aneka sayuran, buah, daging, sosi, ikan serta seafood, butter dan cheese dapat bertahan hingga 6 bulan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan bahan makanan dalam freezer:

1.    Suhu harus dijaga agar dapat selalu dibawah -18’C.

2.    Memperhatikan masa expired dari frozen food tersebut

3.    Freezer bisa berfungsi sebagai blast Chiller yaitu mendinginkan makanan panas dengan cepat.

4.    Melakukan proses pencairan bahan makanan terlebih dahulu sebelum di konsumsi.

 

Contoh-contoh Frozen Food

Berikut contoh frozen food (makanan beku) yang mudah ditemukan, dan menjadi salah satu andalan untuk keluargaku juga. antara lain;

1.   Nugget

2.   Sosis

3.   Bakso

4.   Siomay

5.   Risol

6.   Kentang

7.   Cimol

8.   Cireng

 

Keunggulan dari Frozen Food

Selain nutrisi dan citarasa, berikut ini merupakan kelebihan makanan beku yang membuat peluang bisnis frozen food menguntungkan:

·       Kualitas: makanan beku memiliki kualitas yang sama seperti daging dan sayuran segar karena vitamin dan kesegarannya terjaga.

·       Selalu tersedia: terutama sayuran dan buah, tidak lagi tergantung dengan musim.

·       Harga yang cenderung stabil: karena selalu tersedia, harganya pun cenderung stabil dan lebih murah.

 

·       Merupakan solusi di masa pandemi: sebagai makanan yang bisa disimpan cukup lama, frozen food sangat membantu di masa pandemi seperti sekarang.

 

Peralatan yang Harus Di Siapkan Untuk Bisnis Frozen Food

Berikut beberapa daftar peralatan utama yang harus di siapkan sebelum memulai bisnis frozen food:

·       Freezer

·       Generator. 

·       Timbangan. 

·       Peralatan lainnya. 

 

Siapkan Data Kontak Supplier Frozen Food

Berdasarkan riset pasar, siapakah target pasar kita? Selain itu, menentukan target pasar, tentukan juga kita perlu tahu segmentasi konsumen.

Apakah konsumen kita orang yang sibuk sehingga kita juga menyediakan jasa pengantaran? pertimbangkan juga penyediaan platform online untuk pemesanan dan berikan pelayanan terbaik.

 

Persiapan satu ini tidak kalah penting dari persiapan-persiapan lainnya. agar kita tahu dimana membeli frozen food yang murah, berkualitas, dan sesuai dengan budget Anda.

Di era internet seperti sekarang, mencari data kontak supplier frozen food tergolong mudah. Tidak masalah dengan adanya pandemi, Anda bisa mencari kontak supplier frozen food.

 Jika Anda masih takut memulai sendiri bisnis Anda, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan sistem franchise atau waralaba dari supplier makanan beku.

Strategi Pemasaran Bisnis Frozen Food

Gunakan strategi pemasaran, salah satunya dengan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi frozen food.
kini saatnya Anda memikirkan strategi bagaimana caranya agar bisnis frozen food Anda dapat sustain atau bertahan dan bahkan untung.

Berikut ini strategi yang bisa Anda pakai, di antaranya adalah:

  1. Memanfaatkan Media Sosial
  2. Pengemasan yang Aman dan Menarik
  3. Selalu Menjaga Kualitas
  4. Menggunakan Teknologi Digital
  5. Mengamati Perkembangan Kompetitor

Kesimpulan

Untuk memulai membuka bisnis frozen food ada banyak aspek yang perlu kita perhatikan dan juga kita pertimbangkan. Agar proses membuat pabrik frozen sendiri dapat terlaksana dengan baik.

Yang pasti sebagai poin pertama, kita harus bisa membuat frozen food yang baik dan memilki nilai gizi yang sesuai dengan apa yang di butuhkan oleh konsumen.

Tidak lupa untuk memperhatikan semua aturan dan juga kebutuhan yang di butuhkan untuk membuat pabrik frozen food. Sedikit saran dari aku, kalau memang kita belum bisa membuat pabrik frozen food, kita bisa bermitra dulu atau menjadi supplier dari pabrik frozen food yang ada. Agar kita bisa melihat pasar dari frozen food ini seperti apa.

Semoga membantu!




Sumber

pabrikfrozenfood.com

angkasa.co.id

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Pabrik Frozen Food Pengertian Dan Proses Bisnisnya "