Ciri-ciri Pinjaman Online OJK Cepat Cair yang Legal dan Ilegal

Ciri-ciri Pinjaman Online OJK Cepat Cair yang Legal dan Ilegal

Ciri-ciri Pinjaman Online OJK Cepat Cair yang Legal dan Ilegal - Keberadaan internet memungkinkan bisa mendapatkan pinjaman online dan tabungan secara online. Bahkan, saat ini banyak sekali pinjaman online OJK cepat cair yang dapat dipilih. Namun, Jangan sembarangan memilihnya, penting mengetahui ciri-ciri pinjaman yang ilegal agar tidak tertipu.

Mengenal Apa Itu OJK

Mungkin istilah OJK bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi. Namun, ada juga yang memang sama sekali belum memahaminya. Perlu tau jika OJK merupakan singkatan dari Otoritas Jasa Keuangan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab.

Lebih tepatnya, OJK merupakan sebuah lembaga yang mempunyai tanggung jawab untuk mengatur dan melakukan pengawasan pada kegiatan dalam sektor keuangan. Entah itu lembaga keuangan non bank maupun perbankan.

Secara resmi tugas dan tanggung jawab OJK tersebut baru diterapkan pada tahun 2013. Mengingat sebelumnya tugas tersebut menjadi hak dari Bank Indonesia. Namun, saat ini sudah menjadi salah satu fungsi dari OJK.

5 Ciri-ciri Pinjaman Online OJK Cepat Cair yang Legal dan Ilegal

Sederhananya pinjaman online OJK cepat cair merupakan jenis pinjaman yang aman. Namun, berbeda halnya dengan pinjaman online ilegal yang sangat beresiko karena tidak sah secara hukum. Sedangkan untuk mengetahui pinjaman online ilegal, berikut ini ciri-cirinya:

1.     Memberikan Penawaran Melalui Pesan WhatsApp atau SMS

Ciri-ciri utama selain tidak terdaftar di OJK, pinjaman online yang ilegal biasanya akan melakukan penawaran melalui SMS maupun pesan Whatsapp. Sudah jelas penawaran seperti ini terlihat tidak profesional, karena dianggap siapapun bisa melakukannya.

Begitu juga sebaliknya jika lembaga dengan menawarkan layanan pinjaman online yang profesional dan tentunya legal tidak perlu melakukan penawaran dengan cara tersebut. Sudah mempunyai situs resmi dan juga aplikasi.

2.     Pemberian Pinjaman Sangat Mudah

Meskipun saat ini banyak sekali layanan pinjaman online yang memberikan persyaratan mudah. Namun, tetap saja ada prosedur tertentu, sehingga tidak semudah itu untuk mendapatkan pinjaman. Namun, pinjaman online yang ilegal justru berani memberikan pinjaman dengan mudah.

Bahkan, biasanya agar bisa cair hanya perlu menyiapkan KTP dan foto diri saja. Jika ada penawaran seperti ini patut untuk curiga. Nah, untuk lebih amannya lagi sebaiknya memilih pinjaman online OJK cepat cair yang sudah terdaftar resmi.

3.     Tidak Jelas Informasi Bunga dan Denda

Layangan pinjaman online yang terpercaya pasti memberikan kejelasan mengenai biaya pinjaman juga bunga. Setiap pinjaman sudah pasti harus membayar bunga dengan nominal tertentu. Takutnya jika sedari awal tidak lengkap informasi mengenai bunga dan biaya pinjaman menjadi penipuan.

Bisa saja jika memilih pinjaman online seperti ini kemungkinan nantinya akan mengeluarkan banyak biaya yang tidak jelas. Hanya saja tiba-tiba biaya angsuran semakin mahal atau bertambah waktu. Begitu juga masalah denda yang tidak jelas bisa merugikan di kemudian hari.

4.     Jumlah Pinjaman Tidak Terbatas

Ciri-ciri lain pinjaman online OJK cepat cair yang ilegal selanjutnya terlihat jelas dari jumlah pinjamannya. Biasanya jumlah pinjaman nominalnya cukup besar dan tidak terbatas. Jika jumpai ada yang menawarkan pinjaman seperti ini alangkah baiknya tidak memilihnya.

Mengingat secara umumnya pinjaman online akan mempunyai batasan nominal tertentu. Begitu juga untuk nominal angsuran setiap bulannya sudah tertulis jelas. Pinjaman online ilegal seperti ini resikonya lebih besar dan tentu merugikan.

5.     Ancaman Dan Intimidasi

Belakang ini marak sekali pinjaman online ilegal yang melakukan pelecehan hingga ancaman teror kepada peminjam. Biasanya hal tersebut terjadi jika peminjam tidak bisa membayar tepat waktu. Bisa membayangkan bagaimana kondisi mental seseorang jika mendapatkan perlakuan seperti itu.

Berbeda halnya dengan pinjaman online legal, sekalipun peminjam tidak bisa membayar tagihan dengan tepat waktu tidak akan melakukan intimidasi. Dengan kata lain hal tersebut dilakukan dengan cara memberikan peringatan secara resmi.

Mengetahui apa saja ciri-ciri pinjaman online ilegal, sudah seharusnya bisa menghindarinya. Jika ingin lebih aman, bisa mengajukan pinjaman online OJK cepat cair melalui CekAja.com. Cukup mudah proses pengajuannya, bisa cek pada link ini https://www.cekaja.com/pinjaman-online.

CekAja.com tidak hanya menyediakan pinjaman online, tapi juga memudahkan untuk mengajukan tabungan secara online dalam waktu singkat. Bahkan, saya juga pilihan tabungan dengan berbagai bunga.

 


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Ciri-ciri Pinjaman Online OJK Cepat Cair yang Legal dan Ilegal"