Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membangun Personal Branding Untuk Blogger

Cara Membangun Personal Branding

Cara Membangun Personal Branding Untuk Blogger - Setelah mengikuti webinar yang di adakan oleh pamer.bio, aku jadi tersadar betapa pentingnya sebuah personal branding khususnya untuk kita yang "ingin" dikenal orang dengan citra seperti apa.

Aku sebagai seorang blogger, sangat butuh yang namanya personal branding ini. begitu pun dengan profesi lainnya seperti guru, polisi, dokter, pengacara, pemasaran online, aplikasi pameran online, dan profesi-profesi lainnya yang perlu kita gambarkan dan kita di akui sebagai profesi itu.

Apa itu Personal Branding?

Personal Branding adalah sebuah cara atau upaya yang kita lakukan untuk menunjukkan sebuah citra diri yang kuat di tengah masyarakat. citra diri yang ingin kita bangun perlu di promosikan ataupun di tunjukan untuk menjadikan citra diri tersebut ada.


Personal Branding Untuk Blogger

Untuk aku sebagai seorang Blogger, tentu saja perlu yang namanya personal branding ini. dengan cara apa, aku bisa menunjukkan personal branding ini? tentu dengan banyak cara. dan tipsnya akan aku sharing secara umum di artikel ini.

Salah satu cara sederhana yang biasa aku lakukan adalah tentunya dengan memperbanyak tulisan aku sebagai salah satu kebiasaan yang aku lakukan. dan juga mempromosikan hasil tulisan yang sudah aku buat di media sosial.

Promosi di sini ada banyak sekali cara. mulai dari sharing tulisan di media sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun dengan mengikuti berbagai kegiatan gathering blogger dan juga mengikuti berbagai lomba yang di adakan untuk blogger.


Pentingnya Personal Branding

Sepenting apa personal branding untuk seseorang? untuk kalian yang ingin membentuk sebuah citra diri yang mantap di masyarakat, tentu sangat penting mempunyai personal branding. setiap orang yang bisa kita kenal dengan profesinya, mereka tentu melakukan sebuah personal branding.

Dan setiap profesi tentu punya caranya sendiri untuk menunjukan eksistensinya untuk di kenal oleh orang lain. seperti yang saat ini sedang trend yaitu Citayam Fashion Week. meskipun kini sudah di bubarkan.

Citayam Fashion week ini sebenarnya untuk sebagian orang atau kelompok, hal ini menjadi sebuah ajang ataupun wadah untuk mereka yang bergelut di dunia fashion untuk menunjukkan personal brandingnya.

Cara Membangun Personal Branding

Nah, ini dia tampilan website dari pamer.bio buat kalian yang mau mencobanya kalian bisa langsung klik linknya. dan jangan lupa mampir juga ke pamer bio aku ya. linknya di sini https://pamer.bio/Chairina

Cara membangun Personal Branding

Setelah kita tahu betapa pentingnya sebuah personal branding. lalu bagaimana cara yang umum di lakukan untuk membangun personal branding ? berikut beberapa tips yang bisa di coba.

  • Tentukan Segmentasi. tips yang pertama ini sangat membantu kita untuk membentuk cara membangun personal branding agar apa yang kita lakukan tidak salah sasaran.
  • Menentukan Target. Target di sini seperti siaoa yang akan kita kenalkan citra diri kita. misalnya untuk seorang dokter kandungan. targetnya tentu ibu-ibu dan bapak-bapak. dan seterusnya.
  • Diferensiasi. Untuk sukses membangun sebuah personal branding, kita perlu menjadi beda dari orang lain. agar personal branding yang kita bangun ini berhasil.
  • Bangun Pemasaran atau promosi terbaik. promosi bisa di lakukan dengan banyak secara sesuai dengan kebutuhan tiap individu. pastikan pemasaran yang di lakuakan sudah sesuai dengan kebutuhan ya.


Apa beda Personal Brand dan Personal Branding

Personal Brand adalah persepsi orang temtang diri kita setelah mereka mencarinya di internet. sedangkan Personal branding adalah upaya atau cara yang kita lakukan untuk membangun citra untuk membuatnya profitable. paham kan?

Jadi, siapa yang membutuhkan personal branding? tentu semua orang butuh personal branding untuk menunjukkan eksistensinya ini. dan cara termudah yang hampir semua orang lakukan adalah dengan menunjukkan siapa mereka dari sosial medianya.

Contohnya melalui Instagram. apa saja yang ia upload di sosial medianya tersebut adalah citra diri yang ingin ia tunjukan. ada orang suka menulis, di instagramnya tersebut banyak tulisan ataupun kutipan yang ia bagikan dan begitu seterusnya.


Kesimpulan

Cara membangun personal branding tiap orang berbeda. kita harus bisa mengerti dan tahu bagaiman personal branding di bangun untuk diri kita. bila kita bingung, bisa mulai dengan mengikuti pelatihan ataupun workshop seperti yang di lakukan oleh pamer.bio X Personal branding master class. 

Cara Membangun Personal Branding

Banyak sekali insigh positif yang aku dapatkan dari Coach Muqiet ini. materi yang di jelaskan clear dan mudah untuk dipahami. dan di akhir sesi akan ada mini kuis yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan sertifikat di akhir sesi. 


Cara Membangun Personal Branding

The last, aku mau mengutip Golden rules di personal branding yang dijelaskan dari webinar bersama Coah Muqiet adalah "Manfaat akan selalu mendapatkan tempat bermartabat di masyarakat." 

Semoga Bermanfaat


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

1 komentar untuk "Cara Membangun Personal Branding Untuk Blogger "

  1. Keren banget. Saya juga mulai sedikit-sedikit belajar personal branding untuk blog saya. Semoga bisa mengikuti jejak mbak Chairina Bawazir. Terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus