Beberapa Cara Memiliki Tabungan Aman di Bank

Beberapa Cara Memiliki Tabungan Aman di Bank

Setiap orang tentu ingin memiliki tabungan aman. Terlebih semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini modus penipuan pinjaman online sudah sering terjadi. Hal ini juga salah satunya dikarenakan pemilik rekening tabungan yang lalai. Oleh sebab itu, cari tahu bagaimana memiliki simpanan uang di bank aman tersebut.

Bagaimana Cara Memiliki Tabungan Aman?

Meski Anda sudah menabung di bank, tentu saja sangat penting untuk tetap memahami apa saja cara mengamankan tabungan. Pasalnya, tetap perlu memiliki kewaspadaan agar tidak hanya mengandalkan keamanan dari sistem bank yang canggih saja. Di bawah ini beberapa di antaranya:

1.     Hindari Menyerahkan Data Sembarangan

Sebagai seorang nasabah, Anda tentu tidak diperkenankan menyerahkan data ke sembarangan orang. Termasuk memberikan user id, password, PIN, dan lain sebagainya. Walaupun beberapa orang tersebut mengaku dari pihak bank. Pasalnya, hal ini bisa saja pihak tidak bertanggung jawab yang ingin menipu.

Selain itu, Anda sebagai nasabah yang sudah memiliki rekening juga perlu meminta kelengkapan dokumen sebagai bukti kepemilikannya. Contohnya seperti kartu ATM, buku tabungan, dan lain sebagainya. Kemudian simpan di tempat aman agar tidak sembarang orang dapat mengambilnya.


2.     Rutin Mengecek Tabungan

Selanjutnya, Anda juga perlu mengecek tabungan secara berkala. Baik itu lewat buku ataupun cek saldo di aplikasi perbankan. Setidaknya lakukan hal tersebut satu bulan sekali. Kemudian, apabila terjadi kejanggalan pada keuangan tersebut maka usahakan segera melaporkannya.

Hal ini dapat dilaporkan pada pihak kepolisian atau bank terkait. Contohnya saja saat ada pembobolan rekening nasabah yang sudah sering terjadi. Usahakan tidak hanya memantaunya lewat print out tabungan. Akan tetapi, juga perlu langsung mengeceknya baik lewat internet ataupun mobile banking.


3.     Lakukan Perbaharui Data

Cara lain untuk mengamankan tabungan Anda adalah dengan secara rutin memperbarui data. Terutama apabila terdapat perubahan pada data tersebut. Contohnya seperti nomor telepon, email, kantor, alamat rumah ataupun kantor. Hal ini memang terkesan cukup sepele dilakukan.

Hanya saja, proses perbaharui data tersebut terbilang sangat penting. Adapun tujuannya adalah agar pihak bank lebih mudah dalam mendeteksi apabila ditemukan transaksi menggunakan data lama yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab. Terlebih proses memperbaharui ini sangatlah mudah.


4.     Ubah PIN secara Berkala

Saat Anda sudah memiliki rekening, maka salah satu cara yang dapat dilakukan agar tidak mudah dibobol adalah dengan mengganti nomor PIN secara berkala. Dalam hal ini sendiri sangat penting untuk tidak menggunakan PIN dengan kombinasi tanggal lahir. Usahakan membuatnya secara rumit sekalipun.

Agar tidak lupa dengan PIN baru tersebut, maka jangan lupa mencatat dan menyimpannya. Untuk kerumitan tinggi ini sendiri umumnya perlu menyertakan kombinasi huruf kapital, angka, huruf kecil, hingga karakter. Tidak hanya itu, hindari menggunakan angka mudah ditebak contohnya 12345.


5.     Pastikan Melindungi Data Pribadi

Selain menerapkan beberapa cara di atas, setiap nasabah juga perlu melindungi data-data pribadi mereka. Caranya adalah dengan tidak memberitahukan datanya ke sembarangan orang. Terlebih jika data tersebut berhubungan dengan validasi transaksi perbankan.

Contohnya saja alamat sesuai KTP, nama ibu kandung, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Anda juga perlu menggunakan sosial media dengan bijak agar tidak terlalu mengumbar data pribadi tersebut. Pasalnya, pihak tidak bertanggung jawab bisa saja mendapatkan informasi untuk melakukan penipuan.


6.     Hindari Menaruh Dana dalam Satu Tabungan

Terakhir, usahakan untuk tidak menaruh atau menempatkan uang dalam satu rekening saja. Terlebih jika Anda selalu membawa kartu ATM di dompet dan menginstall mobile banking pada smartphone. Usahakan memiliki sejumlah tabungan berbeda di bank. Adapun tujuannya adalah penggunaan dana berbeda.

Contohnya saja satu rekening untuk tabungan sedangkan lainnya khusus dana darurat. Hal ini dilakukan agar jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak diinginkan maka Anda masih memiliki dana tabungan. Oleh karena itu, pastikan memperhatikan langkah ini agar uang tetap aman.

Kini Anda sudah memahami beberapa cara yang dapat dilakukan agar memiliki tabungan aman. Tentu saja sangat penting untuk menerapkan beberapa langkah tersebut.

Kemudian apabila Anda ingin membuka rekening tabungan, maka cobalah mendapatkan informasi lebih lanjut dari halaman berikut https://www.cekaja.com/tabungan. Cekaja.com sendiri merupakan situs finansial dan asuransi terlengkap sehingga tidak perlu ragu untuk mengunjunginya.

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Beberapa Cara Memiliki Tabungan Aman di Bank"