Investasi Online Modal 100 Ribu Kamu Bisa Coba!

Investasi Online Modal 100 Ribu Kamu Bisa Coba!

Berbicara soal investasi, nyatanya dengan modal Rp100 ribu, kita telah dapat berinvestasi lho. Kemudian, tipe investasi apa saja yang dapat kita mulai dengan 100 ribu? Di bawah ini beberapa metode investasi modal kecil yang dapat kita coba.

Investasi Online Modal 100 Ribu

  1. Investasi emas
  2. Investasi reksa dana
  3. Investasi Peer- to- Peer Lending( P2P Lending)
  4. Saham
  5. Pesan Berharga Negeri( SBN)
  6. Tabungan Berjangka


Yang pertama ada Investasi emas. Investasi Online modal 100 ribu ini ialah salah satu wujud investasi konvensional yang tentunya tidak asing lagi di telinga kita. Emas lumayan diminati sebab metode investasi yang lumayan sederhana.

Untuk mekanismenya sendiri mudah. kita hanya perlu membeli emas kemudian tinggal menunggu peningkatan nilainya dari waktu ke waktu. untuk harga emas sendiri yang termurah sekitar 1 juta rupiah. jadi kita bisa mulai menabung dengan 100ribu. 

Apa keuntungan Investasi Emas?

Emas merupakan salah satu Investasi yang mudah dan juga menguntungkan, selain itu, dari sisi likuiditas pun tidak sulit buat menjual emas apabila memerlukan dana tunai. jadi untuk pembelian dan penjualan sangat mudah.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali Investasi Online Modal 100 ribu yang bisa kita akses secara online. seperti  lewat aplikasi emas online semacam Pegadaian Digital, IndoGold, serta masih banyak lagi.

Semenjak dahulu emas dikira selaku instrumen investasi yang nyaman serta menguntungkan. hanya saja, modal yang dibutuhkan buat membeli emas tidak dapat dibilang murah. Sebab itu, butuh modal yang lumayan besar apabila mau mulai berinvestasi emas batangan.

Berbicara soal Investasi emas, tentu kita pun harus berbicara soal untung dan rugi, ataupun resiko. tidak ada investasi yang tidak beresiko. baik besar ataupun kecil semua akan berdampak. 


Resiko Investasi Emas


  1. Kekurangan dari investasi emas adalah keuntungan ataupun hasil yang kita dapatkan tidak sangat besar, kurang lebih hanya 5%- 10% per tahunnya. Walaupun lebih besar daripada deposito, investor emas agak sedikit repot juga sebenarnya dalam perihal penyimpanannya sebab terdapat wujud raga emas yang membutuhkan tempat. Untuk penyimpanan emas sendiri sebenarnya bisa di lakukan penyimpanan sendiri yang tentunya akan lebih menghemat budget, namun tentu resiko lebih besar. ataupun mau kita titipkan secara langsung di bank bisa ataupun sewa loker. namun tentu kita pun harus mengeluarkan budget tersendiri.
  2. Investasi emas pula tidak menciptakan pemasukan pasif buat cashflow bulanan semacam halnya obligasi.
  3. Dengan ciri investasi emas di atas, sebenarnya investasi emas lebih sesuai bila kita jadikan sebagai investasi jangka panjang. Dikala harga emas turun, kita  dapat dibeli dengan bayaran rendah, ialah dekat Rp. 50, 000– Rp. 100, 000 buat memperoleh 0. 1 gr emas.

Reksa Dana

Dengan modal Rp100 ribu, kita pula telah dapat jadi investor reksa dana. Untuk yang belum memahami sebutan reksa dana, tipe investasi ini mempunyai makna“ Wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari warga pemodal buat berikutnya diinvestasikan dalam portofolio Dampak oleh Manajer Investasi”.

Singkatnya, dana investor hendak dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman sehingga memudahkan orang yang belum ditahui metode investasi tetapi mau lekas mengawali investasi.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Terdapat berbagai tipe investasi Reksa Dana bersumber pada tingkatan risikonya, diawali dari yang terendah hingga yang paling tinggi ialah:


Reksa dana pasar uang

Reksa dana Terproteksi

Reksa dana Pemasukan Senantiasa

Reksa dana Kombinasi

Reksa dana Saham.


Belum lama ini ketertarikan orang untuk berinvestasi saham terus menjadi besar. Nah, untuk kalian yang tertarik berinvestasi saham, tetapi masih belum menguasai saham, ini saatnya belajar buat mengawali investasi saham.

Saham merupakan ciri statment modal seorang ataupun tubuh usaha pada sesuatu industri ataupun industri terbatas. buat mempunyai saham industri, kita wajib mempunyai modal di industri tersebut buat dapat mengklaim pembagian atas pemasukan industri, peninggalan industri serta berhak muncul dalam Rapat Universal Pemegang Saham( RUPS).

Apabila kita membeli saham pada industri terbuka, saham tersebut tiap hari diperdagangkan serta biaya fluktuasi dapat dalam keadaan peningkatan ataupun penyusutan saham.

Kenapa terjalin peningkatan serta penyusutan harga saham? Sebabnya di pasar terjalin permintaan serta penawaran atas saham tersebut. terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi permintaan serta penawaran saham tersebut, ialah aspek internal serta eksternal.

Misalnya, aspek internal berhubungan dengan saham industri tersebut, semacam kinerja industri serta industri dari industri tersebut. berikutnya, aspek eksternal yang mempengaruhi, antara lain pertumbuhan tingkatan suku bunga, inflasi, nilai ubah, serta faktor- faktor nonekonomi misalnya keadaan sosial serta politik.


Kelebihan investasi saham

Mendapatkan dividen, apa itu dividen? Dividen merupakan keuntungan industri yang dibagikan kepada pemegang saham. Jumlah dividen yang hendak dibagikan diusulkan Dewan Direksi industri serta disetujui di dalam Rapat Universal Pemegang Saham( RUPS).

Capital gain, apa itu Capital gain? Capital gain merupakan keuntungan kala investor menjual saham dengan harga yang lebih besar dari harga belinya. Saham ialah peninggalan yang likuid. Jadi, gampang buat diperjualbelikan( via bursa).


Kekurangan investasi saham

Tidak memperoleh dividen, biasanya industri membagi dividen kala industri menampilkan kinerja yang baik. Tetapi, kala industri hadapi penyusutan kinerja ataupun merugi, industri tidak bisa memberikan dividen.

Capital loss, apa itu capital loss? Capital loss merupakan kebalikan capital gain. Perihal ini terjalin bila kita menjual saham yang kita miliki lebih rendah dari harga beli.

Risiko likuidasi, bila emiten


Kesimpulan

Itulah beberapa Investasi Online Modal 100 RIbu yang bisa kita coba. hanya saja, ada satu hal yang perlu kita ingat. kalau kita hendak berinvestasi, gunakanlah uang investasi tersebut dari uang dingin.

Maksud dari uang dingin adalah uang yang memang sudah tidak di peruntukan untuk kebutuhan pokok. setiap orang tentu memiliki budget tersendiri kan untuk kebutuhan pokoknya.

Nah, untuk kalian yang berinvestasi pastikan tidak mengganggu kebutuhan pokok tersebut. seperti untuk biaya makan, sekolah, listrik dan kebutuhan pokok lainnya. sehingga apa pun resiko yang nantinya akan kita terima dari investasi ini tidak membuat kita kesulitan. 

Dan untuk kita yang baru akan terjun ke dunia investasi, pastikan belajar dulu dan pahami tentang investasi tersebut, jangan asal berinvestasi, dan kita bisa coba berinvestasi dari resiko yang terendah dulu ya.

Jangan mudah tergiur dengan investasi yang memberikan embel-embel instan, karena nyatanya semua yang ada di dunia ini tidak instan. apalagi keuntungan  besar dengan resiko yang rendah. yang harus kita ingat, semakin besar keuntungan, akan semakin besar juga resiko yang harus kita tanggung.

Semoga tulisan ini bermanfaat ya, jangan lupa berikan komentar positifnya, ataupun buat kalian yang ingin sharing boleh kok komentar di kolom komentar ya. 


Sumber lifepal. co. id


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Investasi Online Modal 100 Ribu Kamu Bisa Coba!"