Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 4 Juta

Saat sudah berkeluarga, kita harus paham betul Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 4 Juta. karena kita harus sebisa mungkin memenuhi kebutuhan kita dengan uang tersebut tanpa banyak meminjam dari orang lain tentunya.

Salah satu cara agar kita bisa hidup dengan tentang tentunya saat kita bisa mengolah keuangan kita dengan saat baik. itulah mengapa aku mau sharing dari hemat aku dan juga dari apa yang aku ketahui tentang ini.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 4 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 4 Juta

Manajemen Pengeluaran

Manajemen pengeluaran sangat kita butuh kan agar keuangan kita bisa teratur dan juga kita bisa menjadi orang yang lebih selektif lagi dalam hal pengeluaran. kita tentu tidak ingin keuangan kita berantakan yang menjadikan kehidupan rumah tangga pun berantakan.

Hindari gali lubang tutup lubang untuk memenuhi kebutuhan kita. karena kebutuhan kita sejatinya bisa kita takar dan kita pasti bisa memilih mana yang menjadi kebutuhan dan juga keinginan kita. 

Anggaran Bulanan 

Nah, kalau tadi aku membahas bagaimana kita harus bisa memanajemen keuangan dengan baik dengan cara memilih dan memilah mana yang jadi kebutuhan dan juga keinginan, sekarang aku akan membuat list apa saja pengeluaran bulanan yang harus kita anggarkan agar pengeluaran tetap stabil.

1. Cicilan Rumah

Untuk kalian yang sudah terlanjur mengambil rumah dan pastinya dengan metode KPR. kalian tentu memiliki kewajiban untuk membayar tiap bulannya. hal ini tentu besarannya ini telah di sepakati oleh kita saat akad.

Untuk itu, membayar cicilan menjadi kewajiban kita untuk yang tentu perlu di prioritaskan ya. untuk biaya cicilan ini perlu kita anggarkan dari gaji kita yang 4 Juta ini.

2. Biaya Makan 

Selanjutnya ada biaya makan ataupun kebutuhan pokok harian yang harus kita penuhi setiap harinya. tips hemat dalam pengeluaran makan adalah dengan sering masak sendiri, rajin berpuasa, ataupun belanja dengan grosiran. 

Akan lebih baik kita selalu memenuhi kebutuhan pokok kita ini untuk setiap bulannya. misalnya kebutuhan beras, bawang, telur dan lain sebagainya. kita bisa langsung beli dalam jumlah besar di agen sembako yang menjual dengan sistem grosir. sehingga kita bisa mendapatkan harga produk dengan harga lebih murah.

Biasakan untuk tidak sering-sering jajan di luar. ini sangat besar sekali pengaruhnya terhadap gaji. untuk sebulan sekali ataupun dua kali seminggu masih OK sih menurutku. asal jangan keterusan. ataupun kalau mau lebih hemat lagi kalian bisa berburu makanan ataupun minuman promo yang biasanya selalu ada di aplikasi.

3. Biaya Transportasi

Biaya transportasi untuk kerja, ke sekolah, ataupun jalan-jalan harus di perhitungkan juga ya. karena meskipun tanpa kita sadari, pengeluaran untuk transportasi ini lumayan besar loh. meskipun kita selalu pergi ke mana-mana dengan menggunakan transportasi pribadi baik motor ataupun mobil. coba di list butuh berapa banyak bensin yang kita keluarkan.

4. Listrik, Pulsa, Internet

Nah, selanjutnya ada biaya listrik, pulsa, dan juga internet yang kita perlu bayarkan setiap bulan. jangan lupa untuk di list juga ya. karena pengeluarannya juga pasti lumayan. dengan begitu kita bisa berhemat agar budget untuk listrik, pulsa, dan juga internet dapat di tekan.

5. Hiburan

Selanjutnya ada biaya hiburan yang perlu kita tulis juga kalau kita memang tipikal yang suka liburan. karena untuk liburan ini biayanya tidak murah. kalau bisa kita rutin menabung setiap bulannya ya. agar akhir tahun bisa liburan tanpa khawatir budget.

6. Asuransi

Buat kalian yang punya asuransi, pengeluaran ini perlu juga kita catat ya. besar kecilnya akan tetap menjadi pengeluaran rutin. jadi kita harus bisa tulis juga agar tau alur cas kita.

7. Dana lain-lain

Dana lain-lain ini misalnya kita ingin memberikan bantuan untuk orang lain, ataupun saat kita hendak mentraktir teman. ini harus ada budgetnya juga ya. ataupun untuk sedekah. bukan berarti kita sedekah ini hitung-hitungan ya. tapi memang harus ada dana yang kita sisihkan agar kita bisa bebas bersedekah semau kita.

8. Dana Darurat

Dana darurat ini sebenarnya sangat penting dan kalau bisa kita menabung setidaknya 6 kali gaji bulanan kita untuk dana darurat ini. dana darurat sangat dibutuhkan saat keadaan lagi mepet banget. misalnya saat tiba-tiba ban bocor di jalan atau hal darurat lainnya terjadi.

Metode Simpel

Kalau kalian bingung dengan post-post yang seperti di jabarkan di atas, kita bisa mulai dengan metode yang super simpel yaitu dengan cara membagi gaji ke dalam tiga post. yaitu:

  1. Living 50%
  2. Saving 30%
  3. Playing 20%

Living 

Living di sini meliput semua kebutuhan pokok kita mulai dari makan, listrik, bensin, KPR ataupun cicilan lainnya yang memang harus di keluarkan setiap bulannya. untuk jumlahnya setidaknya setengah dari gaji kita ya.

Simpel bukan? kalau kalian penasaran boleh kok dari jumlah 50% gaji ini di post-post lagi, apakah dapat memenuhi semuanya ? kalian akan tau.

Saving

Untuk saving dapat di pakai nanti saat ada kebutuhan mendesak, ataupun misalnya kita lagi menabung untuk membeli rumah ataupun kendaraan. bisa dari dana saving ini. dana saving juga bisa menjadi cadangan dan darurat ya.

Playing

Playing di sini di pakai untuk liburan, ataupun nongkrong-nongkrong cantik dan jajan saat di luar. biaya playing ini seandainya 20% kebesaran dan di living kalian belum terpenuhi, bisa kok di ubah jadi 60 di living dan 10 % di playing.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 4 Juta. sebenarnya berapa pemasukannya. untuk kebutuhan itu bisa saja terpenuhi ya. yang kadang menjadi sulit adalah gaya hidup kita.

Untuk bisa memenuhi semuanya kita harus bisa memilih mana yang menjadi kebutuhan dan apa yang menjadi gaya hidup. jangan sampai ke balik ya. pernah gak sih kita berpikir ada orang yang hanya punya gaji kurang dari 4 juta tapi mereka tetap bisa menghidupi dirinya. 

Notes:

Buat kalian yang masih bingung sebenarnya berapa sih pengeluaran yang kita keluarkan untuk tiap bulannya di tiap post yang sudah saya rinci di atas, kalian bisa mulai dengan rutin mencatat setiap pengeluaran dan juga pemasukan yang berjalan.

Jujur aku pun baru sekarang ini rutin mencatat pengeluaran dan juga pemasukan yang ada karena memang masih belum tau pasti sebenarnya pengeluaran tiap bulannya ini paling besar di keluarkan untuk apa.

Kalau dulu biasanya mencatat pengeluaran dan pemasukan secara konvensional. Yaitu dengan buku kas yang kita tulis dan juga kita jumlah di akhir. hal ini sebenarnya bagus namun juga ada kekurangannya ya. 

Kekurangannya ini di hasil yang takut saja kita salah menjumlahkannya. namun ,sekarang zaman sudah sangat canggih semua serba mudah. termasuk dalam pencatatan keuangan kita. kita bisa memakai satu aplikasi yang sangat membantu. yaitu aplikasi bukukas. 

Kalian bisa cek aplikasinya di playstore ya. bukan maksud promosi nih tapi emang ini aplikasi yang aku pakai dan sudah jutaan orang pakai juga. bagus simpel dan mudah. bisa di pakai untuk kalian yang punya bisnis ataupun untuk pribadi.

Semoga Bermanfaat.

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 4 Juta"