Manfaat Menulis Jurnal Harian Untuk Kesehatan

Manfaat Menulis Jurnal Harian Untuk Kesehatan Mental

Tema ODOP kali ini seru sekali, karena kita akan sharing tentang Journaling. ebelum membahas tentang journaling, mari kita pahami dulu tentang buku harian. Karena journaling ini sangat berkaitan dengan buku harian. 

Diansir dari wikipedia, Buku Harian berasal dari bahasa Latin yaitu diarium yang akar katanya diumus, artinya masukan sehari-hari tentang sesuatu yang terjadi atau peristiwa dalam sehari yaitu 24 jam. Yang dimaksud peristiwa di sini bersifat sangat pribadi.

Apa Itu journaling?

Journaling merupakan kegiatan menuangkan pikiran maupun perasaan yang di lakukan seseorang dalam sebuah buku ataupun media lain.

Karena perkembangan zaman sekarang, journaling bukan hanya di lakukan secara konvensional saja. Tapi juga bisa di lakukan dengan cara modern. Yaitu melalui komputer.

Journaling sama seperti saat kita melakukan sesi curhat ataupun menuangkan semua isi kepala kita dalam tulisan maupun gambar. Hal ini sangat baik untuk di lakukan. 


Karena apa?

Karena dari kegiatan journaling ini sejatinya kita sedang menjaga kesehatan jiwa raga kita. Dengan journaling kita menjaga diri kita untuk tetap waras. mengapa? karena Studi menunjukkan rutin journaling dapat meningkatkan kesehatan mental. Jadi jangan skip untuk melakukan journaling ya.

Untuk aku pribadi sebagai seorang blogger, aku biasa menuliskan isi pikiran aku dalam catatan blog. Aku bisa menyiratkan semua perasaan dan isi hati dengan kata-kata yang lebih sederhana dan mudah di mengerti. 

Menurut Merican Psychologist, journaling membuat seseorang lebih ramah, lebih terbuka, dan lebih cenderung terlibat dalam perilaku pro sosial, yang dapat meningkatkan dan memperluas jaringan dukungan sosial serta meningkatkan kepekaan terhadap semua yang harus disyukuri. (Sumber: orami.co.id)


Manfaat Melakukan Journaling 


1. Menjaga kesehatan mental
2. Menuangkan isi pikiran yang sulit untuk di bicarakan
3. Membuat kita merasa lebih bahagia 
4. Merasa hidup ini indah
5. Menenangkan pikiran

Journaling Untuk Blogger

Untuk seorang blogger, saya yakin kegiatan journaling ini merupakan kegiatan yang menyenangkan. karena perihal menuangkan ide, berbagi cerita, sharing, atau mengeluhkan sesuatu, blogger ada passionnya di situ. 

Kegiatan journaling yang di lakukan oleh Blogger, khususnya saya, tentu lebih sering melakukannya melalui laptop. karena menurutku saya lebih simpel aja. ada juga yang suka di buku.


Menemukan Kebahagiaan Saat Melakukan Journaling

Saat menulis, meski terkadang awalnya suka maju mundur, tapi, saat itu di lakukan, seolah isi pikiran mengalir begitu saya. aku tuangkan semua isi pikiran saat itu untuk menulis. saat proses tersebut, saya merasa lebih bahagia.

Saat menulis, pikiran berasa plong, hati tenang dan juga senang. apalagi saat ada yang di rasa tidak enak tentang sesuatu. menulis adalah cara terbaik untuk menuangkannya. dan ini manjur juga sebagai salah satu obat penenang hihihi
bagaimana menurut kalian?

Semoga Bermanfaat!


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

1 komentar untuk "Manfaat Menulis Jurnal Harian Untuk Kesehatan "

Comment Author Avatar
aku suka ngeliat foto foto atau video jurnaling, cuman waktu itu masih males mau bikin, kayaknya ga bakalan rutin juga nanti ngisinya
tapi beberapa bulan terakhir aku coba untuk jurnaling karena kebetulan punya notes tebel yang jarang keisi, jadi aku pake buat jurnaling dan memang menyenangkan. Cuman ya untuk mengisinya masih moodyan mba

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !