Lupis Si Manis Yang Ngangenin Cocok Jadi Takjil Bulan Puasa

Lupis Si Manis Yang Ngangenin Cocok Jadi Takjil Bulan Puasa
credit: food.detik.com

Lupis Si Manis Yang Ngangenin Cocok Jadi Takjil Bulan Puasa - Karena sebentar lagi bulan puasa nih, camilan apa sih yang biasa di santap saat berbuka puasa? selain kurma ya? apa teman-teman masih sering konsumsi gorengan?

Gorengan memang cukup menggoda sih di bulan puasa. tapi, masalahnya adalah saat kebanyakan konsumsi gorengan, di badan aku tuh bawaannya jadi malas dan lemes entah kenapa. dan kalau kebanyakan gampang banget kena radang.

Nah, jadi salah satu yang bisa di jadikan ide buat buka puasa nanti adalah si kue lupis ini, jajanan pasar yang memiliki cita rasa manis. gurih dan juga legit. cocok banget sih buat di jadikan takjil saat berbuka nanti. 

Lupis Si Manis Yang Ngagenin

Karena tema ODOP ISB kali ini adalah makanan tradisional yang bikin kangen, pilihan aku jatuh kepada kue lupis yang emang selalu aku kangenin. entah kenapa aku merasa sekarang ini susah untuk dapat kue lupis yang benar-benar enak.

Mungkin di pasaran kita bisa menemukan banyak kue lupis. tapi, yang benar-benar pas itu agak susah buat aku temui. aku selalu kangen sama si lupis ini. tak jarang saat sedang berburu makanan khas pasar, aku selalu mencari si lupis ini.

Apalagi nanti di pasar takjil bulan puasa, pasti akan ada banyak yang menjual kue lupis ini. kue lupis memiliki cita rasa manis sangat cocok untuk kita yang suka camilan manis. ada sedikit rasa asin dari taburan kelapa yang menjadikan camilan ini tidak eneg saat di makan.

Meskipun kadang rasanya biasa saja, cukup mengobati rasa kangen sama si lupis ini. mungkin aku harus mulai belajar buat sendiri nih kue lupis ini. hehehe. berbicara soal lupis, ternyata ada sejarahnya loh!


Sejarah Kue Lupis

Yang saya baca melalui situs inews.id kue lupis ini ternyata sudah ada dari zaman belanda loh! dan saat ini kue lupis di klaim menjadi makanan khas berbagai daerah, seperti Lumajang, Jakarta dan daerah lainnya.

Kue lupis ternyata memiliki eksistensi yang luar biasa ya. karena hingga kini, keberadaannya masih bisa kita jangkau. 


Cara membuat Kue Lupis

Bahan dasar pembuatan kue lupis adalah beras ketan, gula merah sebagai teman si kue lupis dan juga kelapa parut. sebelum membuat kue lupis ini. yang pertama perlu kita lakukan adalah merendam beras ketan selama semalaman.

Setelah di rendam, tiriskan beras yang sudah di rendam sehari itu kemudian campurkan dengan air kapur sirih dan juga garam. jika sudah di aduk sampai rata dan bungkus beras dengan daun pisang ataupun plastik hingga membentuk ukuran yang di inginkan.

Aku pribadi paling suka makan kue lupis yang di lapisi dengan daun pisang dari pada yang plastik. nah, setelah itu panaskan kukusan, dan masukan lupis ke dalam kukusan yang airnya ini sudah mendidih dan masak selama 1 jam.

Setelah selesai tiriskan dan tuangkan saus gula merah dan juga kelapa parut. Kue lupis yang cantik dan enak siap untuk di nikmati.... duh nulis ini kok aku jadi pengen ya hahaha yuk kita buat biar nanti ramadhan udah bisa bikin sendiri.

Semoga Bermanfaat!

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

2 komentar untuk "Lupis Si Manis Yang Ngangenin Cocok Jadi Takjil Bulan Puasa"

Comment Author Avatar
Samaan nih kita. Favorit aku Lupis buatan mak Wiyah. Belom ada lagi yang seenak ini
Comment Author Avatar
jajanan favorit dari zaman kecil dulu sampe sekarang, kalau sekarang pengen lupis kudu ke pasar pagi, karena jarang juga nemuin

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !