Kepastian Dari Innerchild Yang Perlu Kita Ketahui



Kepastian Dari Innerchild Yang Perlu Kita Ketahui
- kisah ini bermula ketika Sani yang hidup dalam sebuah keluarga besar. Ia memiliki banyak sekali sanak saudara. k
ehidupan yang awalnya normal ini tiba-tiba berubah menjadi sebuah kesedihan yang berkelanjutan hingga bertahun-tahun lamanya.

Sani yang saat itu adem ayem menjalani kehidupannya. terpaksa menjadi sering menangis sesering itu karena kehidupan yang memaksa ia untuk berubah dan juga menerima kenyataan hidup yang sulit.


Sani yang saat itu masih duduk di bangku Sekolah Dasar tumbuh menjadi sosok yang dewasa dan juga mandiri. hal ini karena balutan kisah pilu yang senantiasa menemani iringan langkahnya setiap waktu.


Mulai dari terpaksa bersekolah di tempat yang tidak dia inginkan. namun terpaksa tetap ia jalani karena tidak ada pilihan lain. keluarga yang ekonominya tidak dapat mendukung ke inginan dan cita-citanya hingga liku kehidupan lain yang meski ia terima. 

Semua itu, tanpa ia sadari ternyata membentuk sebuah karakter yang ia bawa dan terbentuk hingga dewasa. itulah yang di namakan Innerchild. Sadarkah kita kalau setiap orang ternyata pasti memiliki innerchild?

Karena, innerchild ini merupakan bentuk karakter yang tercipta akibat semua yang ia terima dan ia hadapi dimasa lalu. yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah: 

Apakah Innerchild itu Buruk?

Dari sebuah webinar yang aku simak dalam agenda ODOP ISB bersama pakar psikologi yaitu Teh Diah dan Pak Dandi Sabtu siang kemarin, ternyata innerchild itu tidak selamanya buruk loh!

Karena, innerchild itu terdiri dari 3 sisi. yang semuanya ini beda karakter satu sama lainnya. Jadi tidak semua innerchild itu sama dan buruk. Sisi tersebut Meliputi:

1. Adult State
2. Ego Child
3. Free Child

Apa bedanya ketiga sisi tersebut? Izinkan aku sedikit yang aku pahami dari webinar Sabtu kemarin ya 🥰 feel free untuk mengoreksi, menambahkan, ataupun sharing yang teman-teman ketahui juga ya lewat kolom komentar. 

3 Sisi Innerchild


1. Adult State

Merupakan sebuah innerchild yang terdapat atau terbentuk pada diri seseorang dari pengasuhan yang ia terima cukup serius. Sehingga membentuk karakter adult state ini.

Mereka yang innerchildnya ini tergolong dalam adult state, tidak bisa di ajak untuk bersenang-senang. Malah cenderung serius, bahkan bingung untuk menciptakan sebuah kesenangan.

2. Ego Child

Merupakan mereka yang egonya cukup tinggi, sehingga lebih mementingkan dirinya dari orang lain. ego child ini mereka yang berfokus hanya kepada dirinya dulu baru orang lain. karakter ini terbentuk pun karena berbagai kejadian yang ia alami di masa lalunya.


3. Free Child 

Mereka yang karakternya bebas, selalu fun dan cendrung untuk hidup berjiwa anak-anak. suka main, suka bergembira. orang dengan free child ini selalu tau bagaimana cara bersenang-senang. 


Itulah 3 sisi dari sebuah innerchild child. kalau kamu termasuk orang dengan innerchild seperti apa?

Kita balik lagi ke kisah sani yang cukup rumit di atas. kira-kira innerchild child seperti apa yang akan terbentuk pada dirinya? Teman-teman ada yang bisa jawab? atau malah penasaran juga juga pengen tau? 

Jawabannya bisa di dapat dalam sebuah buku Trilogi karyanya Teh Diah dan Kang Dandi yang berjudul: MEMBASUH LUKA PENGASUHAN.

Jujur aku pun pengen banget baca bukunya. Karena ada banyak worksheet yang ada dalam buku tersebut yang bisa kita coba untuk mengetahui luka innerchild seperti apa yang ada dalam diri kita.

Selain buku di atas. Sebelumnya Teh Diah dan Kang Dandi pun telah sukses membuat buku Anger Management. Buku karyanya ini membantu dan mendampingi banyak orang untuk belajar mengelola emosi dan juga memulihkan luka.


Kesimpulan 

Kepastian Dari Innerchild Yang Perlu Kita Ketahui adalah memang benar adanya bahwa setiap orang memiliki innerchild. dan memang benar adanya kalau innerchild itu tidak selamanya buruk.

Dan satu hal, innerchild yang kurang baik, bisa di treatment dengan baik sehingga kembali kepada kesehatan mental yang baik dan stabil. Jangan pernah melupakan atau sengaja mengubur sebuah innerchild ya. Karena hal ini lambat laun akan menimbulkan masalah yang serius di kemudian hari.

Ingatlah, bahwa innerchild akan sangat berpengaruh kepada hidup kita. Mulai dari tingkah laku, hingga pola pikir kita di saat ini dan masa mendatang. kuncinya ada pada ILMU. mengutip kalimat yang di nyatakan oleh teh Diah:

 "ILMU ADALAH NAFAS KEHIDUPAN."

Jadi, yuk upgrade terus ilmu kita di mulai dengan membenahi diri. bukan hanya dari luar saja. tapi juga dari dalam. rajin-rajin baca buku tentang innerchild, tentang pengasuhan, kesehatan mental dan yang sejenis.  

Dan aku sangat rekomendasikan ke kalian buku-buku karya Dandiah care yang InsyaaAllah bisa membantu. Sehingga kita akan menjadi pribadi yang cantik dan sehat luar dalam. 
Semoga bermanfaat !


Desclaimer: Cerita di atas merupakan sebuah kisah nyata yang penulis ceritakan dengan menyamarkan nama sebenarnya demi menjaga privasi.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Kepastian Dari Innerchild Yang Perlu Kita Ketahui"