Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar

Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar

Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar - Menjawab soal ujian memang menjadi tantangan tersendiri. bukan hanya untuk kalian yang masih bersekolah di tingkat dasar, menengah ataupun atas. tapi juga buat yang tingkatannya lebih tinggi seperti mahasiswa.

Sebenarnya menjawab soal dengan cepat dan benar itu, buat aku pribadi perlu ada tips dan tehnik khususnya. penasaran ? yuk terus baca sampai selesai. jangan di skip-skip ya. nanti info yang di dapat hanya setengah-setengah loh!.

Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar

1. Persiapan

Persiapan menjadi poin nomor satu saat hendak menghadapi ujian. agar kita mampu menjawab soal ujian dengan cepat dan benar. persiapan matang tentunya menjadi modal utama kita. 

yang menjadi pertanyaan adalah, apa saja yang harus di persiapkan ? 

  • Persiapkan Mental (tidak gugup dan banyak berdoa)
  • Persiapan Fisik (tidur cukup, dan sebelum ujian sudah sarapan)
  • Persiapkan alat tulis dan data diri. jangan sampai ketinggalan ya. bahaya!

2. Duduk di kursi yang di rasa nyaman

Buat aku ini berpengaruh. belajar dari pengalaman aku pribadi saat ujian. aku selalu memilih tempat duduk yang aku rasa nyaman. mau dudud di kursi depan. belakang, maupun tengah. pilihlah sesuai dengan keinginan kita. 

Oleh karena itu, kita memang di haruskan datang lebih awal. itu saat aku kuliah. beda halnya dengan saat sekolah. yang biasanya meja dan kursi sudah di beri nama masing-masing dan kita kita bisa memilih lagi. ya kan ?


3. Duduk tenang dan Baca petunjuk Ujian dengan seksama

Saat sudah duduk di bangku ujian. mulailah tenang, fokus, seolah-olah kita sedang sendiri. di ruang ternyaman kita. agar kia mengigat semua yang  sudah kita pelajar. hadapi soal ujian untuk solal-soal yang dirasa mudah terlebih dahulu. agar kita bisa menghemat waktu ujian.

Jangan langsung down saat menghadapi soal ujian yang susah. karena kalau kita sampai down, yang ada fokus malah jadi hilang, intinya, rileks saja saat menghadapi kertas ujian di hadapan kita. yakin kita bisa mengerjakan semuanya.


4. Atur gaya belajar

Agar kita bisa menjawab soal ujian dengan cepat dan benar. sebelum hari H kita sudah harus tahu dan belajar dengan cara kita. agar kita cepat menerima semua materi yang kira-kira bakal ada di ujian. 

Seperti yang kita tahu, cara belajar tiap individu itu berbeda-beda. ada orang yang punya gaya belajar SKS (Sistem Kebut Semalam), ada juga yang suka belajar santai. seperti aku. jadi butuh waktu lebih lama untuk belajar. 

Saat tahu akan ujian. biasanya seminggu sebelum ujian aku sudah sibuk mempersiapkan semua kebutuhan ujian. seperti merangkum semua pertanyaan yang kira-kira bakal ada di ujian. menghafal rumus dan lain-lain. sehingga saat ujian datang, aku fokus dan bisa menjawab ujian dengan cepat dan benar.


5. Cukup Istirahat

Jangan karena kita ingin menjawab soal ujian dengan cepat dan benar. kita hanya sibuk belajar dan tidak istirahat. bahkan waktu tidur malah berkurang. waktu malam datang, kita masih sibuk saja dengan belajar. 

Kelakuan seperti itu sangat tidak di anjurkan. aku pribadi pernah punya pengalaman. saat menghadapi ujian, dengan materi yang kurang aku kuasai. aku sibuk belajar hingga larut semalam. dan waktu ujian tiba. bukannya fokus, tapi  malah blank karena terlalu banyak yang di pelajari tapi kurang tidur.

Saat menit-menit terakhir, aku berusaha menenangkan diri dan baru aku sadari ternyata semua jawaban yang aku isi di lembar soal adalah salah semua. akhirnya aku hapus dan mulai mengisi jawaban dengan benar.

Miris loh sperti itu. aku berasa di kejar-kejar dengan waktu. dari pengalaman ini, aku berharap teman-teman bisa belajar untuk memprioritaskan mata pelajaran yang di rasa kurang di pahami, dengan memberinya waktu lebih untuk belajar. agar benar-benar bisa memahami materi tersebut.


6. Membuat rangkuman

Saat ujian datang. aku pribadi suka menulis rangkuman di lembar akhir kertas jawaban. karena saat ujian tiba, aku khawatir poin-poin yang sudah aku hafal itu lupa, jadi dengan cara ini aku mempersingkatnya. 

Inget banget saat itu ujian Hukum waris. di mana dalam hukum waris itu ada perbedaan pembagian waris di tiap anggota keluarga. Nah, aku membuat bagan degan menuliskan semua bagiannya disitu. jadi saat menjawab soal, aku bisa melihat semuanya dari tulisan itu.

Jujur itu sangat menghemat waktu, karena aku tidak perlu sibuk mengingat ataupun mengira-ngira pembagian untuk tiap anggota keluarga. ini menjadi kunci cara menjawab soal Ujian dengan cepat dan benar.


7. Ikhas dan Tawakal

Tips terakhir yang nggak boleh di lupakan. saat kita sudah berusaha dengan maksimal. serahkan lah semuanya kepada Allah subhanahu wataala. apapun hasil akhirnya. jangan sedih. karena kita akan sudah berusah.

Itulah mengapa aku tidak pernah luput untuk berusaha sekuat tenaga saat ingin mendapatkan hasil ujian yang maksimal. karena aku percaya, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. 

Bagaimana menurut teman-teman ?

Sekian ulasanku mengenai Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar. semoga bisa membantu teman-teman yang sedang sibuk mengikuti ujian. semoga semuanya di mudahkan ya. semangat terus!

Bagaimana cara menjawab soal ujian tanpa belajar?

Tidak ada yang bisa menjawab soal ujian tanpa belajar. Karena belajar adalah kunci jawabannya. Saat kita belajar dengan sungguh-sungguh, maka kita akan mudah menjawab soal ujian.


Bagaimana cara menjawab soal pilihan ganda?

Berikut beberapa tips yang bisa di coba :

  • ·       Pastikan baca soal berulang agar yakin
  • ·       Hindari jawaban yang tidak logis
  • ·       Cari jawaban yang mendekati benar
  • ·       Pilih jawaban yang kamu yakini besar

 

Apa saja Tips Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar?

  • ·       Persiapan
  • ·       Duduk di kursi yang kita rasa nyaman
  • ·       Duduk tenang dan Baca petunjuk Ujian dengan seksama
  • ·       Atur gaya belajar
  • ·       Cukup Istirahat
  • ·       Ikhlas dan Tawakkal

 

Persiapan apa yang di butuhkan saat menghadapi ujian?

  • Persiapkan Mental (tidak gugup dan banyak berdoa)
  • Persiapan Fisik (tidur cukup, dan sebelum ujian sudah sarapan)
  • Persiapkan alat tulis dan data diri. jangan terburu-buru yang bikin kita nanti blank

 

Apa saja yang perlu di hindari saat menghadapi ujian?

  • ·       Kurang istirahat atau tidur
  • ·       Banyak makan
  • ·       Makan makanan pedas
  • ·       Kelelahan
  • ·       Tidak fokus

 

 

 




chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

2 komentar untuk "Cara menjawab Soal Ujian Dengan Cepat dan Benar"

  1. Wah terima kasih tipsnya pas banget buat saat ini jelang ujian tengah semester yang berlangsung hari Senin esok

    BalasHapus
  2. 😅 s/d SMA dulu gasuka belajar. Baru beneran belajar setelah kul. Itupun kalau mau quiz

    BalasHapus