Cara Belajar Anak Usia 4 Tahun Di Rumah Pahami Yuk!

Cara Belajar Anak Usia 4 Tahun Di Rumah Pahami Yuk!

Cara Belajar Anak Usia 4 Tahun Di Rumah - Usia 4 tahun adalah usia emas, karena masa-masa balita ini, perkembangan otaknya sangat pesat sekali. maka, untuk mendukung proses belajarnya, tentu harus di berikan treatment yang terbaik juga, agar optimal.

Ada beberapa cara yang aku ajarkan kepada anak ku yang masih berusia 4 tahun di rumah. penasaran seperti apa ? simak selengkapnya di sini. 

Cara Belajar Anak Usia 4 Tahun Di Rumah Versi Aku

1. Mengenali Anak

Sebelum menentukan kosep belajar yang seperti apa untuk anak. ada baiknya kita sudah memahami karakter anak seperti apa. agar lebih untuk anak memahami pelajaran yang di berikan. 

2. Bermain Sambil Belajar

Mungkin hanya sebagian anak yang bisa duduk manis berjam-jam untuk mendengarkan atau menerima materi. ada juga yang sebaliknya. baru lima menit saja, rasanya sudah tidak tahan lagi. sehingga anak tersebut cendrung berjalan kesana kemari.

Seperti yang terjadi pada anak aku sendiri. saat bersekolah, dia adalah anak yang paling tidak bisa duduk manis. meski sambil bermain, ternyata dia pun mendengarkan apa yang guru ucapkan. itulah cara belajar yang bisa ia terima.

Itulah mengapa, salah satu cara yang aku lakukan adalah dengan mengajaknya bermain, apapun permainan yang ingin anak mainkan. sambil bermain, kita sisipkan pembelajaran, seperti pembelajaran tentang mengenal benda, berhitung, bahkan belajar kosa-kata baru.

3. Mengajarkan Pendidikan Informal

Pendidikan Informal yang tidak mereka dapatkan di sekolah. sangat penting sekali untuk di ajarkan kepada anak di rumah, karena pelajaran-pelajaran tersebut akan sangat berdampak dan penting untuk hubungan sosialnya kelak saat beranjak dewasa. 

Lalu,  Pendidikan Informal apa saja yang perlu di ajarkan anak di rumah ?

4. Mengajarkan Anak Berbahasa Yang Baik

Bahasa, menjadi cara anak berinteraksi dengan orang lain maupun teman-temannya kelak. mengajarkan anak bahasa yang baik, sopan santun, jelas, dan terarah tentu sangat penting. agar lawan bicaranya nanti bisa memahami apa yang di bicarakan sang anak.

5. Mengajarkan Agama

Agama menjadi pondasi dasar seorang anak, yang akan ia bawa sebagai indentitasnya hingga besar nanti, maka sangat penting untuk kita, sebagai orangtua mengajarkan anak belajar memahami dan mengenal agamanya.

Saat ini memang berbeda dengan masa kecil kita dahulu. saat pandemi datang, kita tidak lagi bisa mengajak anak-anak untuk mengaji di masjid ataupun Mushola, tapi bukan berarti ini menjadi alasan kita tidak mendidik Agama ke anak-anak. 

6. Mengajarkan Berbagi dan Berbelas Kasih

Mengajarkan berbagi ternyata bisa di ajarkan sejak anak kecil loh! ketika akan menjadi pribadi yang mudah berbagi, ia tidak akan menjadi anak yang serakah. selain itu, berbelas kasih pun sangat penting agar anak memiliki jiwa empati yang baik.

7. Mengajarkan Anak Berterima Kasih

Mengajarkan Anak berterima kasih membuatnya menjadi pribadi yang mudah bersyukur dengan apapun yang ia terima, baik hal kecil maupun hal besar. hal sederhana bisa di mulai dengan cara membiasakan anak mengucapkan terima kasih saat di beri sesuatu.

8. Mengajarkan Kata Minta Tolong dan Meminta Maaf

Tak jarang anak secara tidak sengaja meminta kita mengambilkan sesuatu. maka, tidak ada salahnya mengajarkan kepada mereka untuk meminta sesuatu dengan kata-kata minta tolong. agar lebih sopan.

Sama hal nya saat anak melakukan kesalahan atau melakukan perbuatan yang tidak seharusnya. mengajari anak mengucapkan kata maaf. agar ia paham tindakan seperti apa yang harus ia lakukan saat melakukan tindakan yang tidak seharusnya.


Kesimpulan

Semua Pelajaran Informal di atas, bisa kita mulai dengan cara mencontohkannya kepada anak. karena mereka adalah peniru yang ulung. maka, menjadi ibu memang harus penuh perhatian ya. karena semua tindakan dan ucapan yang kita lakukan akan di tiru oleh mereka.

Itulah 8 Cara Belajar Anak Usia 4 Tahun Di Rumah. semoga Tips ini bisa sama-sama kita laksanakan di rumah ya. agar bisa menjadikan anak-anak kita yang berpribadian baik dan dewasa. agar ia bisa menghadapi dunianya dengan.

Apakah Mama punya cara lain untuk mengajarkan anak-anak di rumah ? sharing yuk Moms di kolom komentar, agar aku dan pembaca lain bisa mendapatkan ilmu baru juga. 

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

6 komentar untuk "Cara Belajar Anak Usia 4 Tahun Di Rumah Pahami Yuk!"

Comment Author Avatar
Setuju si kak, di usia segini membangun karakter dan kebiasaan baik itu wajib banget, disamping pengetahuan umum.
Comment Author Avatar
Sip banget nih tipsnya mbak Rin. Ngajarin anak hal-hal positif seperti mengucap maaf, tolong , terima kasih tuh nggak mudah, lho..
Comment Author Avatar
Poin mengenali anak ini masih menjadi PR. Aku ribadi masih belum tahu gimana sih karakter anak aku. Soalnya masih berubah-ubah hehe
Comment Author Avatar
Bekal untuk anakku nanti nih. sekarang dia masih belum 3 tahun, menuju 3 tahun tepatnya memang semakin kehabisan ide akuu mba mau ajak dia belajar gimana lagi modelnya wkwkw
Comment Author Avatar
Aku sepakat juga yg mengajarkam thanks, sorry, help mbak. Ini terlihat gampang tp nyatanya susah. Dilihat dari para manusia dewasa skg yg ternyata pd susah mengucapkan itu :') makasih mba tips2nya. Reminder sekali
Comment Author Avatar
Setuju sekali mom, cuma iya PR gede buat kami adalah dengan memberi teladan yang baik hihihi.. Semoga kita semua dimampukan ya Mom..

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !