Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi yang Perlu Diperhatikan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi yang Perlu Diperhatikan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi yang Perlu Diperhatikan - Siapa sangka pandemi ini masih terus ada dan berlanjut hingga sekarang, apalagi dengan PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) yang terus di perbaharui setiap minggunya, 

Yang biasa berkegiatan di luar, tiba-tiba harus stay at home everytime kaget ya! campur aduk perasaan, yang tanpa disadari membuat kita jadi stres. sebenarnya dari stres ini dapat memicu berbagai komplikasi loh! diantaranya adalah badan yang ikutan stres dan berujung sakit. nggak mau kan ?

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi 

Menjaga kesehatan adalah prioritas yang paling utama yang harus dan wajib kita perhatikan. sakit di masa pandemi ini memang terasa sangat berat. rumah sakit di mana-mana penuh, belum lagi prosedur yang lebih rumit dari sebelumnya.

Menjaga kesehatan bukan lagi pilihan, tapi keharusan dan salah satu yang harus terus kita upayakan. bukan hanya kesehatan fisik saja, tapi pikiran pun harus di jaga. agar hidup kita seimbang.

Ada istilah Psikosomatis, ini adalah sebuah istilah yang mengaju pada keluhan gejala fisik yang berasal dari pikiran dan juga emosi yang di rasakan oleh seseorang. bahaya banget loh! sayangnya banyak orang yang belum sadar akan ini.

Tips Menjaga kesehatan Mental 

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi yang Perlu Diperhatikan

Menjaga kesehatan mental adalah poin pertama yang perlu kita jaga. kesehatan mental yang baik adalah ketika kita memiliki jiwa dan hati yang tentram. meskipun memang tidak mudah. tapi bisa kok di lakukan. dengan menjaga kesehatan mental. hari-hari kita yang terasa sulit ini pasti akan tetap enjoy untuk di jalani. dengan cara:

1. Memelihara pola pikir positif

Kalau kita ngomongin soal mental, baliknya pasti akan ke pikiran ya. betapa pentingnya menjaga pola pikir kita agar tetap baik-baik saja setiap harinya. dengan begitu kedamaian hati dan ketentraman jiwa akan kita raih.

Buang semua pikiran negatif yang ada dalam pikiran kita, atau apapun hal buruk yang akan merugikan kita. karena semua pikiran buruk akan percuma saja di simpan di kepala kita. semua hanya akan merusak pikiran dan hati kita.

2. Melakukan aktivitas fisik yang di sukai

Cobe deh lakukan kegiatan yang menyenangkan dan kita sukai, misalnya yang suka masak-masak, suka gardening, atau punya hobi decluttering karena dirumah terus ? semua hobi itu bisa kok kita lakukan setiap hari.

Itulah salah satu cara yang bisa membuat mental kita sehat loh! kalau aku selama pandemi ini lagi suka berkesperimen dengan blog dan reels serta algoritmanya hehe kalau kalian gimana ?

3. Istirahat yang cukup

Siapa bilang melakukan rutinitas harian tidak membosankan ? aku sendiri ngerasain kok kadang-kadang memang membosankan. bosan bukan berarti tidak menikmati juga ya. aku menikmati rutinitas harianku, tapi terkadang memang butuh rutinitas yang beda sesekali. 

Buatku itulah mengapa ada sabtu minggu yang bisa di bilang waktu istirahat untuk melakukan sesuatu yang berbeda. salah satunya adalah dengan berisitrahat total. karena buatku istirahat total adalah obat dari rasa jenuh dan bosan. 

4. Sabar dan syukur

Buatku tidak ada yang bisa mengalahkan rasa sabar dan syukur. bersabar ketika masalah hadir dalam kehidupan kita, dan bersyukur ketika kita berhasil mencari solusi untuk problem kita. 

5. Mengatur mindset hidup

Menurutku penting banget sih. siapa yang suka ngerasain stres karena cobaan ataupun masalah hidup yang rasanya datang bertubi-tubi ? ini nih yang suka bikin kita stres nggak ada habisnya. itulah mengapa mindset hidup menurutku perlu di ubah.

Kalau perempuan yang cendrung lebih mengandalkan perasaan daripada logika, sekarang udah nggak bisa lagi kaya gitu. kita perempuan harus bisa mengandalkan semua kemampuan kita baik perasaan maupun logika agar memiliki problem solving yang baik.

Yakinlah semua masalah yang datang, pasti kita akan mampu untuk menyelesaikannya. dan setelah kesusahkan pasti akan ada kemudahan. salah satu masalah yang paling banyak dialami saat ini ini adalah perekonomian ya.

Karena di rumah saja, banyak orang yang mulai kehilangan mata pencahariannya. akhirnya semua memutar otak menekuni kegiatan baru demi memenuhi kebutuhan dapur. salah satunya adalah dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah. 

Mulai dari berjualan makanan siap saji yang bisa di antar kerumah hingga menjual kebutuhan pokok. mereka yang punya modal biasanya membuka warung ataupun toko kelontong. di komplekku cukup banyak juga yang melakukan ini.

buat kalian yang yang sedang menjalankan usaha baru,  seperti warung dan toko kelontong,  jangan lupa untuk memanfaat aplikasi yang keren ini ya. namanya Superapp.id Ekslusif wilayah surabaya dan sekitarnya.


Superapp.id merupakan aplikasi super yang membantu para agen maupun toko kelontong untuk kulakan sembako maupun kebutuhan pokok lainnya dengan cara yang lebih mudah, simpel dan harga pun lebih murah.

Ada banyak sekali keunggulan-keunggulan dari superapp.id ini di antaranya adalah harga bersaing, gratis ongkir untuk pengiriman barangnya, transaksi bisa dilakukan secara COD, dan juga melakukan kulakan dengan mudah karena hanya dengan 1 aplikasi. 

Adanya superapp.id ini sangat membantu sekali dengan sistem yang sudah sesuai dengan keadaan sekarang ini. kita tidak lagi khawatir karena harus bertemu dengan banyak orang. selengkapnya tentang superapp.id ini aku bahas secara detail di sini ya. 

"Ketika kita bisa menjaga kesehatan Mental dan Fisik, sejatinya kita sedang membangun dan menjaga hormon kebahagiaan (Dopamin, Serotonin, Oksitosin, Endorfin) yang merupakan salah satu poin dari mengatur suasana hati kita".


Tips Menjaga Kesehatan Fisik

Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi yang Perlu Diperhatikan

Setelah kesehatan mental sudah dijalani, kesehatan fisik nggak boleh terlewat juga loh! karena keduanya memang harus berkesinambungan. ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan fisik. diantaranya adalah :

1. Menerapkan PHBS ( pola hidup bersih dan sehat )

Ini menjadi poin pertama tips menjaga kesehatan saat pandemi. seperti kita tahu virus ini mudah sekali menyebar. selain menerapkan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas) kebersihan lingkungan pun perlu di perhatikan ya.

2. Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Memperbanyak konsumi buah dan sayur yang beragam akan semakin baik, karena kita akan banyak mendapatkan berbagai vitamin yang ada pada buah dan sayur tersebut. dengan begitu tubuh akan senantiasa sehat. 

Namun, saat badan mulai terasa kurang vit, kepala terasa berat, dan pusing,  bisa dibantu dengan vitamin dan suplement tambahan bila diperlukan untuk membantu memulihkan kondisi fisik yang kurang baik.

3. Rutin melakukan olahraga

Olahraga baiknya di lakukan setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh kita, manfaatnya bukan hanya untuk fisik semata, tapi juga psikologis kita. aku pun ngerasain banget perbedaan saat rutin dan tidak melakuakan olahraga fisik secara teratur.

Saat melakukan olahraga secara teratur, badan jadi terasa lebih bugar, tidak mudah lelah, dan pikiran pun fresh. meskipun pandemi memang belum usai, kita masih bisa melakukan olahraga ringan di rumah ya. 

4. Menjaga cairan tubuh

Menjaga cairan tubuh juga merupakan salah satu tips menjaga kesehatan saat pandemi. kekurangan cairan tubuh selain mengurangi konstrasi,juga dapat menimbulkan dampak yang lebih serius lagi.

Salah satu cara yang aku lakukan untuk menghindari dehidrasi adalah dengan menyiapkan botol khusus 2 liter yang aku konsumsi, aku pribadi terkadang kalau minum tanpa botol, minum hanya sekedarnya (sangat minim).

5. Cukup tidur

Meskipun banyak pekerjaan yang kita lakukan setiap hari, tidur cukup itu tetap perlu menjadi prioritas ya.  efek dari kurang tidur itu sangat berbahaya dan langsung terasa. kesehatan fisik terganggu. aku ngerasain banget dampaknya. 

Saat aku kekurang tidur barang sehari, mood jadi berantakan, semangat beraktivitas menurun, malas melakukan kegiatan, terasa letih, dan mudah pusing. padahal hanya kurang tidur sehari.

Bagaimaan kalau setiap hari ? 

Itulah tips menjaga kesehatan saat pandemi yang perlu diperhatikan, agar kita bisa menjalani hari-hari di pandemi ini dengan lebih tenang dan happy, semoga kita kita bertahan dimasa pandemi ini dan pandemi pun segera musnah dari muka bumi.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

21 komentar untuk "Tips Menjaga Kesehatan Saat Pandemi yang Perlu Diperhatikan"

  1. menjaga pikirna tetap positif dan bersyukur deh kayanya poin penting ya, baru olahraga dan lain sebagainya

    BalasHapus
  2. Tipsnya bagus banget sayang belum tentu lancar saat dilaksanakan

    BalasHapus
  3. Huaaa...aku kurang tidur tiap hari nih mba..
    Emang jdi gampang oleng tpi bismillah, me time nulisnya cma tgh malem soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kurang tidur emang paling repot ya mba.

      Hapus
  4. Aamiin.. Mudah-mudahan kita ssmua sehat ya kak rinaa. Aku penasaran deh sama superapp ini kak rin. Kayaknya dlu pernah download apa yaa hihi lupa

    BalasHapus
  5. Selama PPKM memang ngaruh banget ke mental kak, bikin emosi buat orang yg gak bisa diam di rumah. Puncaknya ketika mulai nyalahin sana sini karena bosan. Tapi ya mau gimana lagi ya semoga lekas selesai PPKM dan kita diberikan rasa ikhlas menjalaninya

    BalasHapus
  6. aku sedang dalam upaya mengatur waktu istirahat malam, alhamdulillah perubahan positifnya ternyata banyak sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Kalau tidur cukup insyaallah fresh ya pikiran dan wajah hehe

      Hapus
  7. Allhamdulilah mba Rin makasih ya tipsnya sangat membantu banget, di tengah pandemi ini kita memang harus saling menguatkan didukung dengan superapp

    BalasHapus
  8. Aku selama pandemi gini melakukan aktifitas olahraga ringan juga sudah lumayan menghindari dr pikiran² buruk yg nggak seharusnya datang ke isi pikiran..
    Lumayan bikin fresh

    BalasHapus
  9. Menjaga kesehatan mental nih kadang yang sering diabaikan, padahal penting juga ya biar tetep waras, apoalagi kudu di rumah aja hehe

    BalasHapus
  10. POla pikir yang positif ini sepertinya yang emmang sangat berpengaruh dalam kesehatan ya, mbak. Klau stress terlebih pas terpapar covid, jadi imunitas drop banget.

    BalasHapus
  11. kesehatan itu tidak sekadar fisik ya mbak rina, batiniah pun harus sehat. men sana in corpore sano gitu ya hehe

    BalasHapus
  12. Hmm bener banget inii, mengatur mindset pikiran itu penting biar ngga kemana2 bawaannya negatif dan parnoan mulu

    BalasHapus
  13. Saya lebih senang belanja dari rumah selama pandemi ini. Bayar pakai uang digital atau saldo di bank. Jauh lebih irit kalau mau hitung benar bea bensin dkk-nya. Dan tentunya lebih menyehatkan diri dan mental selama pandemi.

    BalasHapus
  14. Wah tips-tipsnya sangat bermanfaat nih Bun. Sehat-sehat untuk kita semua semoga pandemi segera berlalu.

    BalasHapus
  15. selain menjaga kondisi tubuh tetap fit, saya juga pikir penting loh rasanya menjaga pikiran tetap sehat juga, krn pandemi ini jelas kena mental kita banget sih

    BalasHapus
  16. Pandemi belum berakhir apalagi ppkm diperpanjang, menaikkan imun tubuh sngt wajib. Thanks u tipsnya kak smga bisa kuterapkan semua

    BalasHapus