Biaya Cabut Gigi Geraham Bungsu di Puskesmas

Biaya Cabut Gigi Geraham Bungsu di Puskesmas

Biaya Cabut Gigi Geraham Bungsu di Puskesmas - Untuk biaya pencabutan gigi di  puskesmas tentu berbeda-beda. tergantung bagaiamana atau separah apa kondisi gigi yang di cabut. 

Kalian yang memiliki BPJS tentu bisa tidak perlu khawatir, karena di puskemas melakukan pencabutan gigi tidak perlu membayar. karena pihak BPJS lah yang akan menanggungnya. berbeda dengan yang tidak memiliki BPJS.

Biaya yang perlu di keluarkan untuk melakukan tindakan pencabutan gigi geraham bungsu di puskesmas adalah mulai dari Rp 100 ribu - 1 jt tergantung dengan tingkat kesulitannya. dan prosedur yang akan di lakukan.

Di artikel sebelumnya aku sudah membahas cukup detail tentang kapan Gigi geraham bungsu harus di cabut. dan berbagai  komplikasi yang akan terjadi bila kita mengabaikan gigi bungsu yang bermasalah. 

Saat Gigi geraham bungsu mengalami masalah yang cukup serius, kita membutuhkan tindakan yang lebih besar. yaitu operasi. lalu, apa yang perlu di persiapan saat hendak melakukan tindakan operasi gigi geraham bungsu dan bagaimana cara mengatasi keluhan pasca operasi gigi geraham bungsu ? 

Persiapan saat hendak melakukan tindakan operasi pencabutan gigi geraham bungsu

Kalau kasus yang ringan, seperti bolong pada gigi, kita bisa melakukannya dengan mudah di puskesmas mana saja. sedangkan pada kasus yang lebih rumit. tentu di perlukan ahli di bidangnya. 

Agar proses operasi gigi geraham bungsu dapat berjalan dengan lancar. berikut beberapa persiapan yang perlu kita lakukan :

  • Tidak makan dan minum sebelum tindakan

Seperti yang kita tahu, saat hendak melakukan bedah pada gigi ( operasi ) pasti akan di lakukan anastesi sebelum tindakan. untuk menghindari hal buruk yang terjadi. biasanya pasien memang di harusnya berpuasa dan memberi tahu dokter apabila mengkonsumsi obat-obatan tertentu.

  •  Ajak salah satu sanak saudara

Saat hendak melakukan operasi, pastikan untuk mengajak salah satu anggota keluarga ya. untuk menemani kalian, agar tidak ada rasa panik berlebih dan ada teman ngobrol juga kan jadinya. 

Selain itu saat seseorang melakukan anastesi ia tidak mungkin untuk membawa kendaraan sendiri. jadi adanya sanak saudara yang menemani dapat membantu kita mengatur trasportasi pulang. sehingga kita tidak kewalahan.

  • Datang lebih Awal

Saat hendak melakukan tindakan operasi gigi geraham bungsu, pastikan kamu datang lebih awal ya. agar semua prosedur dapat di jalani dengan baik. karena untuk mengurus administrasi dan sebagainya pasti membutuhkan waktu. belum lagi kalau macet di jalan.

  • Persiapan Mental dan fisik

Persiapan mental dan fisik sangat di butuhkan untuk orang yang hendak melakukan operasi gigi geraham bungsu. umunya semua operasi memang membutuhkan mental dan fisik yang siap ya. agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Pastikan untuk tidur dan makan dengan baik, dan pastikan untuk tetap rileks dan santai. agar semua proses berjalan dengan baik. karena dengan persiapan yang matang, mental dan fisik yang baik akan membantu meminimalisir komplikasi yang terjadi.

Cara mengatasi Keluhan Pasca operasi Gigi geraham Bungsu

Saat setelah melakukan tindakan pencabutan gigi, kasus ringan maupun besar, terkadang ada beberapa komplikasi yang terjadi seperti Perdarahan yang berlebihan. oleh karena itu, ada baiknya kita memperhatikan poin-poin berikut :
  1.  Hindari meludah berlebihan. kasa yang di letakan di gigi pun harus segera di ganti 10-20 menit setelah pencabutan gigi
  2. Pastikan menjaga kebersihan mulut
  3. Gunakan es bantu untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi
  4. Minum cukup banyak air
  5. Bila sakit sangat terasa, biasanya dokter gigi meresepkan obat pereda nyeri, yang bisa kita gunakan saat gigi terasa sakit dan tidak tertahan.
  6. Hindari memakan sesuatu setelah pencabutan gigi setidaknya selama setengah jam.
  7. Hindari memakan makanan yang keras, panas, dan pedas karena dapat memicu iritasi.
Itulah Biaya Cabut Gigi Geraham Bungsu di Puskesmas beserta persiapan dan cara mengatasi keluhan jika memang kita membutuhkan operasi gigi geraham bungsu. semoga infonya bermanfaat.

https://www.halodoc.com/artikel/apa-yang-harus-dilakukan-sebelum-operasi-gigi-bungsu
chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Biaya Cabut Gigi Geraham Bungsu di Puskesmas"