Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Potong Gusi Gigi Bungsu di Rumah Sakit

Biaya Potong Gusi Gigi Bungsu -  Gigi bungsu biasanya tumbuh ketika kita berusia 17-25 tahun. masalahnya adalah sering kali tidak adanya ruang yang cukup untuk tempat gigi bungsu tumbuh. karena berbagai alasan tertentu seperti rahang yang sudah dipenuhi oleh gigi-gigi lain yang berjumlah 28.

Gigi geraham bungsu tumbuh paling akhir, gigi geraham bungsu sering menyebabkan rasa sakit. Hal ini disebabkan karena tatanan gusi pada rahang sudah tetap, dan rahang tidak lagi mengalami pertumbuhan untuk memberikan tempat bagi gigi geraham bungsu.

Kapan Gigi bungsu harus di cabut ?

Ini yang kerap kali menjadi pertanyaan kan ya. Dilansir dari National Health Service, gigi bungsu harus segera dicabut apabila terjadi infeksi, bagaimana ciri-ciri gigi terinfeksi ? Gejala infeksi gigi yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

  1. Adanya Demam
  2. Sulit untuk membuka mulut
  3. Sulit menelan
  4. Rasa sakit yang timbul ketika menggigit atau ketika menyentuh daerah yang terkena. 
  5. insomnia
  6. Sensitivitas terhadap makanan dan cairan dingin atau panas

Berapa Biaya pencabutan gigi bungsu ?

Melakukan pencabutan gigi bungsu tidak bisa di lakukan seperti halnya pencabutan gigi pada umunya. karena letaknya yang berbada di ujung dan posisi gigi yang di bilang cukup sulit, membuat prosedur pencabutan gigi bungsu membutuhkan tehnik tersendiri.

Proses pencabutan gigi bungsu dikenal dengan istilah odontektomi. Pada kasus-kasus yang ringan, pencabutan gigi bungsu bisa dilakukan oleh dokter gigi umum. Namun, apabila posisi gigi bungsu cukup sulit dikeluarkan, maka peran dokter gigi spesialis bedah mulut dibutuhkan.

biaya cabut gigi bungsu terbilang cukup mahal. yaitu kisaran Rp 2 juta -5 juta per gigi, jika dilakukan di klinik gigi swasta atau rumah sakit. tapi bila di lakukan di puskesmas ataupun Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) tentu jauh lebih terjangkau. yaitu kisaran Rp. 500 ribu - 1 juta pergigi

Meski tergolong cukup merogoh kocek dalam-dalam. bukan berarti kalau sakit tidak di obati ya. kesehatan gigi tentu lebih penting bukan ? sebagai orang yang cukup sering mengalami nyeri pada gigi dari kecil, aku tahu betul betapa nggak enaknya kalau sakit gigi.

Bila Gigi geraham tidak segera di cabut, maka akan banyak menimbulkan komplikasi-komplikasi lainnya, yang malah membahayakan kita sendiri. seperti :

  1. Merusak tulang rahang
  2. Infeksi akan semakin parah
  3. Membahayan kesehatan gigi yang berada di sektiarnya
  4. Kesehatan gusi terganggu
  5. Gigi bungsu yang tidak di cabut membuat susunan gigi bagian depan tidak rapih.
Itulah kurang lebih Biaya Potong Gusi Gigi Bungsu di Rumah Sakit dan puskesmas, meski pandemi, tetaplah jaga kesehatan gigi dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi ya, agar kesehatan gigi tetepa tetrjaga.

Ref : https://www.sehatq.com/artikel/ini-kisaran-biaya-cabut-gigi-bungsu-di-dokter-gigi

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Biaya Potong Gusi Gigi Bungsu di Rumah Sakit"