Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melaksanakan Prokes dari Hal Kecil Guna Terhindari Covid-19

Prokes adalah protokol kesehatan yang harus selalu di jaga oleh kita. apalagi di masa pandemi ini. seetiap kita, aku yakin memiliki Prokes yang berbeda-beda dari hal kecil sekalipun. meskipun secara umum pasti sudah banyak sekali ya informasinya. akupun pernah nulis juga tentang starter kit di era new Normal ini. kalian bisa baca tulisannya disini.

Seperti yang kita ketahui, PPKM  ( Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ) yang sedang kita jalani ini bukti bahwa negara kita memang sedang tidak baik-baik saja. negara kita sedang gawat darurat. semoga dengan adanya PPKM di wilayah Jawa dan Bali ini membuat semuanya jauh lebih baik ya.

Dari Perkantoran yang tutup, sekolah pun 100% hanya di lakukan dari rumah, padahal udah happy banget adanya tatap muka di sekolah.  kecuali untuk sektor-sektor krusial seperti rumah sakit, apotek, toko-toko sembako.  yang masih tetap beroperasi dengan aturan dan protokol yang  lebih ketat juga. 

Aku pribadi sekeluarga sudah menerapkan anjuran pemerintah. karena aku nggak berkepentingan juga di luar, jadi aku di rumah aja. sesekali keluar hanya keliling komplek dan ketempat yang pasti aman dan sepi juga dari kerumunan. biar setidaknya anak-anak masih bisa menghirup udara segar di luar rumah. tentunya dengan menjaga prokes juga.

Untuk memakai masker saja sekarang sudah tidak bisa hanya satu apis, apalagi untuk pekerja yang memang berhubungan dengan banyak orang. di anjurkan memakai masker berlapis. untuk menjaga keamanan. 

Namanya manusia ( makhluk sosial ) ngga mungkin kan ngga berinteraksi. meski hanya di rumah saja kita pasti sesekali keluar komplek, meski hanya sekedar berjemur atau pun membeli sesuatu dari pedagang yang suka keliling. semisal bubur atau baso.

Jadi ada pribadi karena tingggal bersama anak-anak aku punya beberapa aturan juga sebagai antisipasi dan prokes yang kita jalani di rumah. semuanya dari hal-hal sederhana yang bisa di lakukan dan di biasakan ke anak-anak.

1. Selalu mencuci tangan setiap selesai keluar rumah.

Poin pertama yang aku terapkan ke anak-anak yaitu mencuci tangan. terlihat sederhana tapi sangat-sangat penting sekali. jadi setiap anak-anak main ke luar atau abis jalan, hukumnya wajib cuci tangan saat masuk rumah.

Begitupun saat tukang paket datang. anak-anak itu selalu berebut mau ngambil paketnya. meskipun sejujurnya aku kurang berkenan. jadi setelah mereka terima paket selalu aku biasakan untuk mecuci tangan mereka.

saat setelah main atau akan makan, wajib banget cuci tangan. jadi alhamdulillah sekarang sih anak-anak sudah mulai terbiasa. si kakak yang kadang sibuk sendiri langsung cuci tangan setelah dari luar rumah tanpa perlu aku perintah.

2. Tidak lagi makan di luar.

Ini juga yang kami terapkan di rumah, bukan berarti kami nggak pernah beli makanan diluar, ketika ingin membeli sesuatu entah makanan atau pun minuman. kami biasa mengkonsumsinya di rumah. jadi anti buka-buka masker saat di jalan. jauh lebih aman untuk kita semua kan.

3. Ganti baju saat setelah bermain di tempat umum.

Sebenarnya saat sudah mulai new normal sebelum PPKM ini di berlakukan. sesekali ( seminggu atau dua minggu sekali ) kita mulai jalan ke tempat-tempat umum seperti Mall dan restoran. dengan catatan setelah sampai di rumah wajib masuk kamar mandi dan ganti semua pakaian.

Itu yang biasa kami terapkan dan suami yang sampai sekarang harus tetap bekerja, selalu melakukan hal yang sama. jadi tidak ada salam ataupun peluk anak-anak ke bapaknya sebelum bersih. jadi kalau bapaknya anak-anak dateng wajib deh jauh-jauh gak boleh di sentuh kalau belum bersih.

4. Sedia Hand sanitizer dan tisu basah di tas.

sekarang kemanapun perginya udah wajib banget sedia hand sanitizer dan tisu basah di tas. soalnya pasti bakal kepake, apalagi kalau jalan bareng anak-anak. meskipun aku lebih suka anak-anak langsung mecuci tangan . apalgi sekarang kan sabun dan air untuk cuci tangan sudah mudah di temukan ya di fasilitas umum. tapi tidak ada salahnya untuk prepare kan.

5. Menjaga kebersihan anak dan makanan yang mereka konsumsi.

Ini yang terakhir sebagai upaya aku menerapkan protokol kesehatan. anak-anak kan tau sendiri, masih yang suka ekslpor kan semuanya. jadi sebisa mungkin aku menjaga kebersihan mereka. bukan berarti mereka ngga boleh kotor ya.

Jadi biasakan mereka ganti baju, mandi rutin, dan selalu memantau keseharian mereka sih intinya. dan aku sangat menjaga apa yang mereka konsumsi. sebisa mungkin anak-anak selalu sehat deh. salah satunya dengan kkonumsi vitamin dan sebagainya.

Itulah 5 Poin Prokes yang aku terapkan di rumah bersama suami dan anak-anak. sejujurnya nggak ada yang istimewa juga dan aku tidak juga terlalu yang heboh gimana-gimana. standar saja. itu semua yang bisa di laksanakan dengan baik sebagai bentuk ikhtiar kita terhindar dari virus Covid-19 ini.

Semoga kita semua sudah bisa menjadikan Prokes ini sebagai kebutuhan kita, yang akan selalu kita laksanakan setiap hari ya. biasakan diri untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat. semoga kita semua bisa di jauhkan dari berbagai macam penyakit. stay safe everyone!


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

11 komentar untuk "Melaksanakan Prokes dari Hal Kecil Guna Terhindari Covid-19"

  1. semenjak "lulu" isoman aku dna keluarga superketat banget soal prokes apalagi terpaksa keluar rumah, double masker, sarung tangan dan tentu Hand sanitizer . semoga pandemi ini segera berlalu yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya lulus duh kurang s, hihihihi

      Hapus
  2. Sedih banget tiap kali denger berita ini.. Kapan ya pandemi ini berakhir.. Semoga segera berakhir dan kita semua diberi kesehatan yang sempurna.. Aamiin..

    BalasHapus
  3. iya nih mbaa akujg jarang banget makan di luar sejak pandemi. eh malah skrg udah ga pernah lagi hiks, kadang kangenn makan di luar gituu. sekalian beli suasana gitu kann

    BalasHapus
  4. Duh Mbak Rina, penginggat-penginggat seperti ini ya membuat kita ingat untuk berhati2 banget. karena makin banyak peningkatan kasus baik yang menderita hingga yang meninggal. yuk semangat yuk taati prokes ya kurangi keluar2

    BalasHapus
  5. Makin gencar-gencarnya nih orang-orang pada ngingetin. Karena memang covid nggak boleh disepelein, ya mbak.

    BalasHapus
  6. semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT ya mba ... amiin ..

    jujur aku juga semakin mawas diri dengan keadaan saat ini

    BalasHapus
  7. Setuju banget sama tulisan ini. Anak2 saya sampai sering tantrum gegara di rumah aja tapi memang harus daripada bahaya. Dan kalau keluar rumah pasti mereka gak dibawa.

    BalasHapus
  8. Iya nih sedih banget karena kasus pandemi melonjak lagi kalau kayak gini entah kapan berakhirnya tapi yah harus tetap berdoa dan minta sama Allaah agar musibah ini segera berlalu.

    Selain itu ikhtiar dalam hal ini menjalankan prokes juga penting dilakukan seperti yang udah dijelaskan di atas.

    BalasHapus
  9. Aku masih longgar nih.. walau masker alhamdulillah masih selalu dipakai..

    BalasHapus
  10. Iya benar, kita harus mulai bangun kesadaran agar covid cepat berlalu dengan mengikuti prokes.

    BalasHapus