Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pindah Rumah Apa yang perlu di persiapkan ?

 

Pindah rumah untuk sebagian orang, pindah rumah adalah hal yang biasa. tapi tidak dengan orang yang memang sudah mendapatkan rumah impian mereka. sebenarnya, ada banyak penyebab yang membuat orang lain itu harus berpindah dari tempat tinggalnya. baik sengaja atau tidak, terpaksa atau tidak, semua orang aku rasa pernah mengalami yang namanya pindah rumah.

Penyebab seseorang harus berpindah 

  1. Anak kosan ini jelas ya, namanya juga ngekos atau ngontrak, pasti tidak akan selamanya kita akan menetap. kecuali kita sudah membelinya. untuk anak kos biasanya nih mereka tidak akan membawa banyak barang, karena kebanyakan mereka yang ngekos itu pegawai muda atau anak kuliahan. jadi hanya barang yang di perlu saja yang di bawa. mengingat kosan itu biasanya hanya sepetak kamar dengan WC di dalam ya. 
  2. Kontrak rumah. ini yang kedua. biasanya orang yang ngontrak rumah itu bertahan hanya sekitar 1-2 tahun. ada juga yang memang bertahan lama dan bahkan karena sudah nyaman, biasanya mereka berusaha untuk membeli rumah yang mereka kontrak itu. seperti rumah ibuku. meski tidak secara cash mereka memberikan bayaran untuk membeli rumah, tapi itikad itu sudah diungkapkan dengan Dp Uang Muka di awal. 
  3. Tuntutan pekerjaan. nah untuk sebagian orang pasti mengalami juga yang seperti ini.dan inilah penyebab yang membuat aku pun harus selalu siap sedia ketika harus pindah. bersyukurnya adalah aku dan anak-anak adalah tipe yang bosenan, jadi ketika harus pindah dan tinggal di tempat baru kita enjoy aja dan happy aja. sebenarnya ada beberapa Opsi untuk tuntutan pekerjaan ini. 
    1. Hanya suami yang pindah, anak istri tetap di kampung halaman. karena saat memutuskan untuk pindah banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan. mulai dari tiket pesawat, memindahkan barang-barang rumah yang tidak mungkin sedikit, belum lagi kalau anak sudah bersekolah. pindah sekolah dan lingkungan baru untuk anak terkadang sebagian merasa tak nyaman bahkan tidak mau.
    2. Ikut Suami pindah. dan inilah yang aku pilih. karena anak-anak adalah tipe yang nempel banget sama papahnya. kalau ada papah nya di rumah segala sesuatu yang mereka lakukan dan minta selalu sama papahnya. anak-anak super protektif sma papahnya. gak keliatan bentar aja selalu di tanya. 

Yang perlu dipersiapkan saat pindah rumah


Ada beberapa persiapan yang tentunya harus kita lakukan saat akan pindah rumah. dan ini sesuai dengan pengalaman yang aku lakukan ya.
  1. Persiapkan Fisik yang Vit. karena mau pindahan dengan sedikit barang atau banyak barang, semua akan terasa melelahkan. jadi usahakan untuk selalu menjaga kesehatan. setidaknya dengan rutin konsumsi vitamin C, tidur yang cukup, dan olahraga.
  2. Persiapkan Budget. ini hal kedua yang penting juga. karena kita perlu membayar upah yang membantu kita pindahan. mulai dari yang angkat-angkat barang misalnya, kurir, belum lagi untuk membeli dus dan perlengkapan pindahan lainnya.
  3. Pastikan mencari Ekspedisi yang tepat, sesuai budget dan terpercaya. ini juga tak kalah penting, agar semua barang-barang pindahan kita datang dengan aman dan selamat. kita pasti gak mau kan barang-barang kita ini dibawa oleh ekspedisi yang tidak bertanggungjawab. jadi jangan jadikan bayaran sebagai penilaian kita. mahal dikit gak masalah kan yang penting aman selamat.

        Tips dan Trik hemat saat Pindah Rumah 



Ketika kita akan pindah rumah, pasti kita muter otak gimana caranya barang-barang kita ini cepat selesai dipindahkan kan. rasanya pengen cepet selesai aja. jadi balik lagi ini sesuai pengalaman dan inspirasi aku ambil dari beberapa teman juga. 
  • Pisahkan terlebih dahulu barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan tapi sayang juga untuk di buang. sedekah in deh biar bernilai pahala gak bikin penuh rumah kan.
  • Packing barang-barang yang penting dan bisa segera kita packing. misalnya baju-baju hangout kita yang seabrek itu #eh ngerti lah ya perempuan. sebanyak itu baju untuk apa ? apa tiap hari kita pake berganti-ganti ? coba deh di pilah dan di pilih yang kita-kira sudah tidak muat. bisa kita berikan ke saudara yang butuh.
  • Untuk barang-barang besar seperti bed cover handuk dan kawan-kawannya itu sebisa mungkin kita taruh di plastik laundry itu yang bening laku kita vacuum. biar bisa menghemat tempat.
  • Jual dan beli kembali barang-barang yang bisa perlukan. 
Jadi gini ceritanya, saat suami ditugaskan untuk bekerja di Bali. aku dan suami akhirnya pindah dan menetap di Bali selama kurang lebih 2 tahun. disana aku tinggal di rumah dinas dan tentunya aku membeli beberapa perabotan kaya meja makan set, kasur, Ac, Mesin cuci, TV, karpet, baby walker dan printilan lainnya yang besar dan kalau di bawa balik ke tangerang bakal repot kan. berangkat berdua pulang udah bawa dua buntut hahaha. maklum waktu pindah masih pengantin baru wkwk

Saat waktunya pindah, gimana coba kita memindahkan semua barang itu ? Apa kami angkut dan bawa balik ke Tangerang ? BIG NO. bisa dibayangkan betapa repot dan tidak efisien nya itu. akhirnya yang aku lakukan adalah....... aku menjual semua itu kepada tetangga dan juga grup-grup Jual-beli khusus Bali di Facebook. 

Awalnya ihtiar dan pasrah aja deh. beneran ada yang mau syukur alhamdulillah. kalau gak laku ya udah mikir cara lain. tapi emang beneran aku jual harga murah juga. dan ternyata banyak yang minat mulai dari tetangga dan orang sekitar rumah di bali. Alhamdulillah bisa balik modal untuk membeli perabot baru kan. 

Mungkin sekilas tentang pindah rumah ini aku sharing. semoga ada manfaatnya ya. aku jadi mikir nanti kalau harus pindah lagi dengan 2 anak Balita udah ada 5 Box besar mainannya belum mobilan motor stoller tendem dkk itu gimana lah. harus siap-siap jualan lagi nih. mau adopsi gak ?  hahahaha
bye...see you on the next story. 

#Pic from freepik


chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

13 komentar untuk "Pindah Rumah Apa yang perlu di persiapkan ?"

  1. Pengalaman saya pas pindahan dulu juga, jual dulu barang2 yang sekiranya bisa dijual dan nggak terlalu diperlukan lagi, biar lebih efektif pas pindahan.

    BalasHapus
  2. Iya benar nih, pindahan rumah memangbutuh stamina yang fit juga. Pernah merasakan, waktu belum punya anak. gak kebayang kalau sudah punya buntut harus pindah2 tempat.

    BalasHapus
  3. Ide yang sangat bagus Mba ^_^ haha kebetulan sebentar lagi kami akan pindahan kembali ke rumah kami.. Terima kasih sharingnya ya

    BalasHapus
  4. kalau misalnya barang sudah banyak dan melibatkan keluarga besar tentu PR banget ya kak, kudu banget dipersiapkan sebaik mungkin

    BalasHapus
  5. nah aku pengalaman banget nih berkali-kali pindah tempat tinggal di Jakara Karena perpindahan tempat kerja, berasa banget waktu itu dalam 2 tahun pindah-pindah sample 4 kali, repot banget hahhaa

    BalasHapus
  6. Oh berarti lebih enak klo sebagian d jual y mba? Klo Ada ibukota baru kykny ku bakal pindah juga ni.. thx ya sharingny

    BalasHapus
  7. Aku paling males kalau uda pindahan karena capeknya nata barang itu kayanya gak kelar-kelar. Dan setuju banget kak buat ngejual beberapa barang dulu biar gak terlalu repot.

    BalasHapus
  8. Saya beberapa kali pindah rumah. Biasanya packing mulai sebulan sebelumnya. Benda yang jarang dipakai, dipacking dulu. Yang lama tidak terpakai, saya berikan ke tetangga. Menjelang hari berangkat, baru semua dipacking.

    BalasHapus
  9. Pengalaman saya banget, beberapa kali pindah rumah, lelahnya bukan terkira...
    Padahal udah coba sebagian tipsnya. Hehehe...

    BalasHapus
  10. Wah bagus niy tips pindahan rumahnya, klo dipersiapkan dengan baik,barang2 juga lebih rapih dan mudah dicari juga saat unpacking

    BalasHapus
  11. Awal Agustus 2020 kemarin kakinbaru saja pindahan ke kampung.
    Andaikan kami baca artikel ini sebelum nya, pasti lebih oke persiapan nya ^^

    BalasHapus
  12. aku ngerasain banget pindah rumah, capeknya kaya apa. Jarak dari rumah lama ke rumah baru ini padahal cuma 700 m aja. tapi emang nguras tenaga banget. yang namanya fisik emang harus fit banget pas pindahan

    BalasHapus
  13. Persiapan untuk pindahan rumah memang perlu dilakukan jauh hari. Duh, rasanya lumayan kalau mau pindahan, ada yang dibagi ke saudara, ada yang di angkut duluan, jadi biar nggak capek banget di hari H nya.

    BalasHapus

Berlangganan via Email