Pindah Rumah Apa yang perlu di persiapkan ?

 

Pindah rumah untuk sebagian orang, pindah rumah adalah hal yang biasa. tapi tidak dengan orang yang memang sudah mendapatkan rumah impian mereka. sebenarnya, ada banyak penyebab yang membuat orang lain itu harus berpindah dari tempat tinggalnya. baik sengaja atau tidak, terpaksa atau tidak, semua orang aku rasa pernah mengalami yang namanya pindah rumah.

Penyebab seseorang harus berpindah 

  1. Anak kosan ini jelas ya, namanya juga ngekos atau ngontrak, pasti tidak akan selamanya kita akan menetap. kecuali kita sudah membelinya. untuk anak kos biasanya nih mereka tidak akan membawa banyak barang, karena kebanyakan mereka yang ngekos itu pegawai muda atau anak kuliahan. jadi hanya barang yang di perlu saja yang di bawa. mengingat kosan itu biasanya hanya sepetak kamar dengan WC di dalam ya. 
  2. Kontrak rumah. ini yang kedua. biasanya orang yang ngontrak rumah itu bertahan hanya sekitar 1-2 tahun. ada juga yang memang bertahan lama dan bahkan karena sudah nyaman, biasanya mereka berusaha untuk membeli rumah yang mereka kontrak itu. seperti rumah ibuku. meski tidak secara cash mereka memberikan bayaran untuk membeli rumah, tapi itikad itu sudah diungkapkan dengan Dp Uang Muka di awal. 
  3. Tuntutan pekerjaan. nah untuk sebagian orang pasti mengalami juga yang seperti ini.dan inilah penyebab yang membuat aku pun harus selalu siap sedia ketika harus pindah. bersyukurnya adalah aku dan anak-anak adalah tipe yang bosenan, jadi ketika harus pindah dan tinggal di tempat baru kita enjoy aja dan happy aja. sebenarnya ada beberapa Opsi untuk tuntutan pekerjaan ini. 
    1. Hanya suami yang pindah, anak istri tetap di kampung halaman. karena saat memutuskan untuk pindah banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan. mulai dari tiket pesawat, memindahkan barang-barang rumah yang tidak mungkin sedikit, belum lagi kalau anak sudah bersekolah. pindah sekolah dan lingkungan baru untuk anak terkadang sebagian merasa tak nyaman bahkan tidak mau.
    2. Ikut Suami pindah. dan inilah yang aku pilih. karena anak-anak adalah tipe yang nempel banget sama papahnya. kalau ada papah nya di rumah segala sesuatu yang mereka lakukan dan minta selalu sama papahnya. anak-anak super protektif sma papahnya. gak keliatan bentar aja selalu di tanya. 

Yang perlu dipersiapkan saat pindah rumah


Ada beberapa persiapan yang tentunya harus kita lakukan saat akan pindah rumah. dan ini sesuai dengan pengalaman yang aku lakukan ya.
  1. Persiapkan Fisik yang Vit. karena mau pindahan dengan sedikit barang atau banyak barang, semua akan terasa melelahkan. jadi usahakan untuk selalu menjaga kesehatan. setidaknya dengan rutin konsumsi vitamin C, tidur yang cukup, dan olahraga.
  2. Persiapkan Budget. ini hal kedua yang penting juga. karena kita perlu membayar upah yang membantu kita pindahan. mulai dari yang angkat-angkat barang misalnya, kurir, belum lagi untuk membeli dus dan perlengkapan pindahan lainnya.
  3. Pastikan mencari Ekspedisi yang tepat, sesuai budget dan terpercaya. ini juga tak kalah penting, agar semua barang-barang pindahan kita datang dengan aman dan selamat. kita pasti gak mau kan barang-barang kita ini dibawa oleh ekspedisi yang tidak bertanggungjawab. jadi jangan jadikan bayaran sebagai penilaian kita. mahal dikit gak masalah kan yang penting aman selamat.

        Tips dan Trik hemat saat Pindah Rumah 



Ketika kita akan pindah rumah, pasti kita muter otak gimana caranya barang-barang kita ini cepat selesai dipindahkan kan. rasanya pengen cepet selesai aja. jadi balik lagi ini sesuai pengalaman dan inspirasi aku ambil dari beberapa teman juga. 
  • Pisahkan terlebih dahulu barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan tapi sayang juga untuk di buang. sedekah in deh biar bernilai pahala gak bikin penuh rumah kan.
  • Packing barang-barang yang penting dan bisa segera kita packing. misalnya baju-baju hangout kita yang seabrek itu #eh ngerti lah ya perempuan. sebanyak itu baju untuk apa ? apa tiap hari kita pake berganti-ganti ? coba deh di pilah dan di pilih yang kita-kira sudah tidak muat. bisa kita berikan ke saudara yang butuh.
  • Untuk barang-barang besar seperti bed cover handuk dan kawan-kawannya itu sebisa mungkin kita taruh di plastik laundry itu yang bening laku kita vacuum. biar bisa menghemat tempat.
  • Jual dan beli kembali barang-barang yang bisa perlukan. 
Jadi gini ceritanya, saat suami ditugaskan untuk bekerja di Bali. aku dan suami akhirnya pindah dan menetap di Bali selama kurang lebih 2 tahun. disana aku tinggal di rumah dinas dan tentunya aku membeli beberapa perabotan kaya meja makan set, kasur, Ac, Mesin cuci, TV, karpet, baby walker dan printilan lainnya yang besar dan kalau di bawa balik ke tangerang bakal repot kan. berangkat berdua pulang udah bawa dua buntut hahaha. maklum waktu pindah masih pengantin baru wkwk

Saat waktunya pindah, gimana coba kita memindahkan semua barang itu ? Apa kami angkut dan bawa balik ke Tangerang ? BIG NO. bisa dibayangkan betapa repot dan tidak efisien nya itu. akhirnya yang aku lakukan adalah....... aku menjual semua itu kepada tetangga dan juga grup-grup Jual-beli khusus Bali di Facebook. 

Awalnya ihtiar dan pasrah aja deh. beneran ada yang mau syukur alhamdulillah. kalau gak laku ya udah mikir cara lain. tapi emang beneran aku jual harga murah juga. dan ternyata banyak yang minat mulai dari tetangga dan orang sekitar rumah di bali. Alhamdulillah bisa balik modal untuk membeli perabot baru kan. 

Mungkin sekilas tentang pindah rumah ini aku sharing. semoga ada manfaatnya ya. aku jadi mikir nanti kalau harus pindah lagi dengan 2 anak Balita udah ada 5 Box besar mainannya belum mobilan motor stoller tendem dkk itu gimana lah. harus siap-siap jualan lagi nih. mau adopsi gak ?  hahahaha
bye...see you on the next story. 

#Pic from freepik


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

36 komentar untuk "Pindah Rumah Apa yang perlu di persiapkan ?"

Comment Author Avatar
Pengalaman saya pas pindahan dulu juga, jual dulu barang2 yang sekiranya bisa dijual dan nggak terlalu diperlukan lagi, biar lebih efektif pas pindahan.
Comment Author Avatar
Iya benar nih, pindahan rumah memangbutuh stamina yang fit juga. Pernah merasakan, waktu belum punya anak. gak kebayang kalau sudah punya buntut harus pindah2 tempat.
Comment Author Avatar
Ide yang sangat bagus Mba ^_^ haha kebetulan sebentar lagi kami akan pindahan kembali ke rumah kami.. Terima kasih sharingnya ya
Comment Author Avatar
kalau misalnya barang sudah banyak dan melibatkan keluarga besar tentu PR banget ya kak, kudu banget dipersiapkan sebaik mungkin
Comment Author Avatar
nah aku pengalaman banget nih berkali-kali pindah tempat tinggal di Jakara Karena perpindahan tempat kerja, berasa banget waktu itu dalam 2 tahun pindah-pindah sample 4 kali, repot banget hahhaa
Comment Author Avatar
Oh berarti lebih enak klo sebagian d jual y mba? Klo Ada ibukota baru kykny ku bakal pindah juga ni.. thx ya sharingny
Comment Author Avatar
Aku paling males kalau uda pindahan karena capeknya nata barang itu kayanya gak kelar-kelar. Dan setuju banget kak buat ngejual beberapa barang dulu biar gak terlalu repot.
Comment Author Avatar
Saya beberapa kali pindah rumah. Biasanya packing mulai sebulan sebelumnya. Benda yang jarang dipakai, dipacking dulu. Yang lama tidak terpakai, saya berikan ke tetangga. Menjelang hari berangkat, baru semua dipacking.
Comment Author Avatar
Pengalaman saya banget, beberapa kali pindah rumah, lelahnya bukan terkira...
Padahal udah coba sebagian tipsnya. Hehehe...
Comment Author Avatar
Wah bagus niy tips pindahan rumahnya, klo dipersiapkan dengan baik,barang2 juga lebih rapih dan mudah dicari juga saat unpacking
Comment Author Avatar
Awal Agustus 2020 kemarin kakinbaru saja pindahan ke kampung.
Andaikan kami baca artikel ini sebelum nya, pasti lebih oke persiapan nya ^^
Comment Author Avatar
aku ngerasain banget pindah rumah, capeknya kaya apa. Jarak dari rumah lama ke rumah baru ini padahal cuma 700 m aja. tapi emang nguras tenaga banget. yang namanya fisik emang harus fit banget pas pindahan
Comment Author Avatar
Persiapan untuk pindahan rumah memang perlu dilakukan jauh hari. Duh, rasanya lumayan kalau mau pindahan, ada yang dibagi ke saudara, ada yang di angkut duluan, jadi biar nggak capek banget di hari H nya.
Comment Author Avatar
Temenku ada yg kudu pindah dari Surabaya ke Aceh, ikut suaminya yg mutasi dinas di sana.
Kulkas, sofa, TV, perabot2 yg mahal2 pada dijualin.
Trus beberapa baju disumbangin :D
Memang PERJUANGAN sih ya, pindahan rumah itu :D
Comment Author Avatar
Aku kontraktor.. smha segera bisa pindah ke rumah sendiri. Iya ya.. bagus mbak. Bisa jadi tips bagi yang suka pindah2 dan bingung. Akhirnya males deh pindahan hehehe
Comment Author Avatar
Saya belum pernah pindah rumah sih, mbak. Untuk persiapan pindah rumah ternyata sudah direncanakan berhari-hari ya, untuk pindah rumah nya terlalu ribet sih karena harus bawa semua barang-barang dan perabotan dari rumah lama.
Comment Author Avatar
Pindah rumah memang melelahkan harus siap tubuh vit sebelum dan sesudah, apalagi kalau banyak barang ya mbak
Comment Author Avatar
pindahan rumah memang capek pek pek, butuh berhari-hari persiapan pindahannya bahkan ketika udah pindah, rapi-rapinya a.k.a bebenah juga butuh waktu berminggu-minggu hahaha
Comment Author Avatar
biasanya sih kalau mau pindah rumah barang barang kudu dikelompokkan biar ngga rumit waktu ngebawanya. yang printilan bisa nyicil dibawa
Comment Author Avatar
Baru banget 8 bulan lalu aku pindah rumah mbak. Yang paling harus dipersiapkan itu tenaga WKWKWK packing-unboxing. Kaya 2x kerja dan memakan waktu banget :''''') solusinya sekarang aku hidup minimalis mbak. Beli yang emg perlu dan hibahkan yang udah ga dipakai, jadi oneday pindah lagi ga begitu riweuh
Comment Author Avatar
Toss mba rin, aku 4thn nikah dah pindah 3 kota 1 luar pulau 😆😆 tpi blum prmah preloved sih, next bsa dicoba
Comment Author Avatar
Tapi kalau sering pindah-pindah tempat tinggal jadi makin terbiasa dan makin berpengalaman dalam persiapannya juga ya lama-lama. Aku sih baru sekali pindah rumah, emang luar biasa menguras tenaga untuk beres-beres.
Comment Author Avatar
Ngga ngebayangin gimana kalau pindah rumah untuk saat ini. Aku kalau udah nyaman bangett jadi susah bangett adaptasinya di tempat baru tuhh huhu
Comment Author Avatar
Menurutku pindah rumah itu sangat melelahkan. Aku mengalami 2x pindah rumah, pindah dari rumah orangtua ke rumah keluarga suami setelah akad nikah. Ini sih nyantai, karena nggak perlu banyak2 bawa barang. Cuma bawa diri sama pakaian aja, wkwk.

Lalu pindah yang pertama, pindah ke rumah keluarga suami dan kembali ikut ke rumah ortu, gara-gara ortu jadi sekota sama kami. Karena lebih nyaman di rumah ortu, jadi akhirnya balik serumah sama ortu. Kebetulan juga harus merawat ibu yang stroke waktu itu. Ini pun sebenarnya juga nggak ribet bawa2 barang.

Cuma karena orangtua nggak mungkin ngurus barang-barang dari kota asal ke kota tujuan. Akhirnya aku dan suami yang beberes semuanya. Hmm ternyata lumayan menguras tenaga beberes rumah setelah pindahan. Sejak saat itu aku berniat untuk ga mau pindah-pindah, capeek, hihi.
Comment Author Avatar
Oh ya berdasarkan pengalaman ini.. setuju banget kalau pas mau pimdahan mending barang2 yang bisa dijual.. dijual dulu aja. Jadi nggak perlu ribet terlalu banyak barang. Ongkos kirim barang bisa ditekan. Nanti baru beli barang sejenis di kota tujuan.
Comment Author Avatar
pindah rumah emang repotin ya mba, aku inget tetangga ku dulu mau pindah ke kampung halamannya di palembang. karena terlalu jauh jadi dia jual murah tua barang-barang elektronik. tentu aku gercep dong beli, hahahaha. lumayan dapet mesin cuci+kulkas harga miring banget. mungkin karena si tetanggaku itu gak mau ribet harus segala dibawa kali ya, katanya sih buat ngangkut barangnya aja udah harus nyiapin satu truk. wadaw
Comment Author Avatar
Ekspedisi sama bujet memang sesuatu ya yang penting disiapkan. Melihat temen tanteku dulu waktu pindahan rempongnya, tapi karena udah ada persiapan Alhamdulillah berjalan lancar
Comment Author Avatar
semangat mom rina, aku juga nih pindah dari magelang ke jakarta beberapa jual barang seperti kulkas dan menghibahkan cukup banyak baju dan beberapa masih aku simpan dengan rapi karena bukan ga mungkin untuk di jual, tapi masih berharap bisa punya rumah di jogja :D
Comment Author Avatar
Pas banget adeku mo pindahan yekan aku suru dia jual aja di grup jubel kota nya ya ide bagus mba
Comment Author Avatar
Pindah rumah tuh yang kebayang repotnya. Aduh... apalagi barang-barang di sini besar-besar.
Comment Author Avatar
pindah rumah tuh hal yang paling melelahkan banget.. bener ya kudu pas lagi fit tubuhnya kalo pindahan tuh.. dan ide bagus juga tuh mba dijual-jual biar gak kebanyakan bawa barang ya
Comment Author Avatar
persiapan fisik klo aku mah,,,keknya klo mo pindah2an aku bakal sewa jasa pindah atau sewa org buat bntu2
Comment Author Avatar
Aq dah ngalamin pindah rumah 2 kali, cape ya minta ampun smpe berbulan2 ga selesai2, apa lagi pindah dr rmh yg besar ke rmh yg lebih kecil, smpe ga tau brg2 mau taro dimana pdhl sebagian dah di kasih ke orang yg tidak terpakai
Comment Author Avatar
Ide bagus, menjual banyak benda rumah tangga saat akan pindahan. Saya sudah pusing duluan bayangin kalau pindah rumah. Hihihi.
Biasanya saya sedekahkan sebagian, memang. Apalagi yang lama ga dipakai.
Comment Author Avatar
thats why makanya perlu pertimbangan matang banget yaa memilih rumah, karena rempong bgt kalo pindah-pindah kebayang packing unpackingnya
Comment Author Avatar
Samaan kita mba. Aku sekarang mau pindahan ke kota kedua yang kondisinya persis seperi mba 2 balita dengan 5 box besar mainannya wkwkwk. Seru mba ya pindah2 spt ini dan juga memberikan kesempatan utk kita decluterring secara rutin bbrp thn sekali. Btw barang anak2 balita itu bisa lebih banyak dari barang kedua ortunya. Hrs pinter2 mengajarkan decluttering juga ke balita ya, spy mereka pun belajar untuk bisa melepaskan dan memberikan barang2nya yg msh bermanfaat utk org2 yg membutuhkan dengan cara disedekahkan.

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !