Berikan Analisa Anda mengenai Hubungan antara Kompleksitas Organisasi dengan Diferensiasi

 

Berikan Analisa Anda mengenai hubungan antara kompleksitas organisasi dengan diferensiasi.

 

Jawaban:

Sebelum menganalisis hubungan antar keduanya. Ada baiknya kita mengetahui arti dari kompleksitas organisasi dan juga Diferensiasi.

 

Kompleksitas organisasi merupakan salah satu dari berbagai komponen, spesialisasi, pembagian kerja, jenjang organisasi, atau rentang kendali, yang bertujuan untuk membangun struktur organisasi. Kompleksitas merupakan cermin dari aspek keberagaman dalam sebuah organisasi (division of labor). Sehingga kompleksitas merujuk pada tingkat diferensiasi ( perbedaan) yang ada di dalam sebuah organisasi.

 

Sedangkan Diferensiasi dalam KBBI di artikan sebagai proses, cara, perbuatan membedakan, atau pembedaan. Diferensiasi dalam organisasi terdiri dari 3 jenis, yaitu:

1.           Diferensiasi Horizontal: menggambarkan derajat perbedaan antara unit-unit organisasi.

2.           Diferensiasi Vertikal: menunjukkan banyaknya hierarki dalam struktur organisasi.

3.           Diferensiasi spasial: menunjukkan luas cakupan organisasi secara geografis.

 

Jadi menurut analisa saya hubungan antara kompleksitas organisasi dan diferensiasi adalah saling keterikatan antar keduanya dalam menyukseskan sebuah struktur organisasi. karena semakin banyak jumlah kelompok tenaga yang berbeda perilakunya, maka semakin tinggilah kompleksitas dalam organisasi tersebut. 

 

Sumber EKMA4157/ Modul 5 halaman 5.3

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Berikan Analisa Anda mengenai Hubungan antara Kompleksitas Organisasi dengan Diferensiasi"