Berikan opini Anda mengenai istilah birokrasi selalu berkonotasi negatif

 

Berikan opini Anda mengenai istilah birokrasi selalu berkonotasi negatif dan kaitkan opini Anda dengan organisasi.

Jawaban :

Sebelum memberikan opini mengenai istilah “birokrasi selalu berkonotasi negatif” ada baiknya kita mengetahui apa itu birokrasi. Secara sederhana birokrasi dapat di artikan sebagai sebuah keterikatan antara tugas dan jabatan. dalam sebuah organisasi, birokrasi ini dapat kita lihat dari struktur organisasi berikut jabatannya.

Sebenarnya adanya birokrasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan ini sangat baik. Karena akan memberikan dampak yang besar untuk kesuksesan sebuah organisasi. Dengan catatan bila birokrasi ini di gunakan pada situasi yang sesuai. Apabila tidak, maka birokrasi ini juga tentu akan menyulitkan baik untuk para anggota organisasi maupun pada publik apabila birokrasi ini ada pada perusahaan yang memberikan jasa pelayanan publik.

Saya punya contoh sederhana untuk memberikan opini saya mengenai istilah “Birokrasi selalu berkonotasi negatif” jadi, baru-baru ini saya sedang mengurus perizinan untuk mendirikan bangunan guna menjadi lahan bisnis. Sudah berbulan-bulan mengajukan permohonan surat izin ternyata belum usai juga dengan alasan kelengkapan berkas dan sebagainya yang sebenarnya bisa saja di permudah, bahkan pihak terkait memberikan informasi/statement yang sebenarnya tidak ada landasan hukumnya. Bahkan hingga kini sudah masuk ke bulan ke tiga, dan izin belum juga keluar.

Apakah sesulit itu untuk meninjau dan memberikan surat izin mendirikan bangunan usaha? Menurut opini saya inilah salah satu contoh nyata jeleknya sebuah birokrasi. Birokrasi yang berkonotasi negatif adalah birokrasi yang menjadikan sesuatu yang seharusnya mudah jadi sulit. Sesuatu yang harusnya bisa di  buat cepat menjadi lambat. Birokrasi yang menjadikan sesuatu menjadi rumit dan sulit dipahami karena adanya formalisasi, aturan dan hierarki dalam sebuah organisasi pelayanan publik.

Inilah yang kadang menjadikan birokrasi di pandang sebelah mata oleh orang awam, bahkan muncul istilah tersebut tentu bukan tanpa sebab. Contoh nyatanya yang saya alami sendiri. Dan saya yakin pasti banyak orang di luar sana yang merasakan dampak negatif dari sebuah birokrasi yang tidak tepat dalam pelayanan publik.

Padalah, entah karena birokrasinya yang salah, atau memang orang-orang dalam organisasi tersebutlah yang salah. Sebenarnya Itulah yang harus menjadi poin penilaian oleh semua organisasi dalam menciptakan sebuah birokrasi organisasi yang berdampak positif untuk semua.

Referensi: EKMA4157/ MODUL 4  

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Berikan opini Anda mengenai istilah birokrasi selalu berkonotasi negatif"