Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Self-Love untuk menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

 

Self Love bisa di artikan dengan mencintai Diri sendiri secara umum. lebih tepatnya adalah menerima dan memperlakukan diri kita dengan baik. memperlakukan diri sendiri dengan baik bukan berarti harus memenuhi semua keinginan diri kita. 

Penting sekali memperlakukan diri sendiri dengan baik, dengan harapan dapat menciptakan kehidupan yang positif. tidak mudah emosi, dapat bertindak bijak, dan dapat bersosialisasi dengan baik. apalagi di masa pandemi yang angkanya lagi tinggi-tingginya.

Menciptakan lingkungan, pikiran, dan kehidupan yang positif sangat di butuhkan saat ini. salah satu caranya adalah dengan self love. ketika kita bisa mencintai diri kita sendiri. tujuan lainnya adalah kita bisa hidup dengan memperlakukan orang lain dengan baik juga.

Kalau kita berfikir dan bertanya-tanya apakah kita sudah hidup dengan menerapkan self love, coba renungkan beberapa poin ini. sebagai acuan dari hidup dengan menerapkan self Love dalam kehidupan kita sehari-hari. di antaranya adalah :

  1. Menjalani kepuasan hidup : Ketika seseorang bisa menjalani hidup dengan penuh suka cita, maka sudah berarti ia menererapkan self love.
  2. Membiaskaan hidup sehat : ketika seseorang menerapkan self love, sudah pasti ia akan memperlakukan dirinya dengan baik. salah satunya adalah dengan tidak membiarkan dirinya terserang penyakit. yaitu dengan menjalani pola hidup bersih dan sehat. 
  3. Menerima dan memandang Diri sendiri dengan baik. seperti percaya diri, dan tidak mudah terpuruk ketika sesuatu yang buruk menimpanya.
Bagaimana, sudahkah ada 3 poin tersebut dalam diri kalian ? kalau memang belum ada, jangan khawatir! karena ada beberapa Tips yang bisa di lakukan untuk menerapkan Self-Love dalam diri kita. simak baik-baik ya, biar kita bisa benar-benar menerapkannya. 

1. Kenali Diri sendiri

Mengenali Diri sendiri adalah poin pertama yang harus di perhatikan ketika kita ingin mengaplikasikan self-love, bagaimana kita bisa self-love kalau kita sendiri tidak mengenali  siapa diri kita. 

2. Berhenti membandingkan diri sendiri

Untuk bisa mencintai diri kita sendir, kita harus bisa hidup tanpa membandingkan hidup kita dengan orang lain. yang harus kita ingat setiap orang itu berbeda. begitupun dengan periahan dalam hidup. 

So, stop compare yourself 
Jadilah diri terbaik versi kita sendiri, perjalanan hidup kita kan berbeda dengan orang lain. ketika kita bisa melihat orang yang lebih sukses, cukup jadikan itu sebagai pemacu semangat kita untuk menjadi lebih baik. tapi, bukan menjadi seperti orang lain.

3. lakukan yang kita bisa

Untuk mencintai diri sendiri, kita cukup melakukan apa yang bisa kita lakukan sekarang. tidak usah pedulikan apa yang orang lain katakan. selama, apa yang kita lakukan baik dan tidak pula merugikan orang lain.

Hidup kita toh kita yang menjalaninya. jadi kita yang lebih tau apa yang terbaik yang kita lakukan. ingat! tidak ada manusia yang hidup sempurna layaknya ke bahagiaan yang tergambar di sosial media seseorang.

Semua pasti pernah mengalami suka duka, kesusahan kesenangan. begitupun hidup. So, mulailah hidup secara real, apa yang kita bisa, apa yang kita mampu, apa yang dapat di raih, cobalah lakukan semua itu sekarang. 

5. Banyak bersyukur

Menurutku dengan banyak bersyukur, kita bisa mencintai diri kita sendiri. karena ketika kita mendapatkan sebuah nikmat meskipun kita anggap itu kecil, tapi ketika kita bersyukur. kita bisa merasa lebih bahagia dalam hidup.

Poin dari Self-Love ada di dalam diri kita. kita yang bisa mengatur kebahagiaan hidup kita. Yuk! Mari kendalikan hati, pikiran, dan hidup kita untuk terus dalam hal-hal positif agar apa yang kita jalani pun adalah apa yang baik-baik juga.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

9 komentar untuk "Pentingnya Self-Love untuk menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi"

  1. self love ini penting banget ya kak demi menjaga kewarasan selama masa pandemi yang udah pasti bikin stress, banyak bersyukur sih yang aku lakukan dan melakukan yang aku suka

    BalasHapus
  2. Dulu banget aku sering membandingkan diri dengan orang lain entah teman atau perempuan yg hanya lihat sepintas. Namun jika skrng masih aku lakukan yang ada hati ini capek sih. Sudah saatnya aku mencintai diri sendiri

    BalasHapus
  3. Iya sih inti dari self love memang kita harus mengenali diri sendiri dulu. Kemudian jangan sampai membandingkan diri dengan orang lain. Ini toxic banget. Karena kita pasti punya kelebihan dan kelemahan masing2.

    BalasHapus
  4. Comparison is anemy of joy bener adanya, self love bsa banget buat imun booster pas pandemi gini ya

    BalasHapus
  5. Sukkaaa bangett kak sama pemaparan soal self love ini. Emang bener kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mencintai diri sendiri dengan sungguh2?

    BalasHapus
  6. Nah benar nih, salah satu hal yang bisa bikin kita cinta sama diri sendiri adalah harus banyak bersyukur karena ya saya ngerasain sendiri nih kalau sering mengeluh saya merasa jauh dan sulit memahami diri sendiri.

    BalasHapus
  7. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain itu kadang suka terlintas begitu saja. Merasa diri belum menjadi apa apa, padahal belum tentu orang lain akan melihat diri serupa demikian juga. Self love ini penting, agar bisa jadi individu yang merasa bahagia dengan dirinya, keadaannya.

    BalasHapus
  8. Masya Allah stop compaire yourself . Betul banget gak puas dan capek ya.

    Self love makin booming ya. Berharap makin care dg diri sendiri tapi juga g kebablasan.

    BalasHapus
  9. Sekarang ini makin banyak yang membahas tentang self love ya. Alhamdulillah jadi makin banyak yang aware tentang pentingnya mencintai diri sendiri. Kiat di atas juga jadi hal yang udah kulakukan. PR di aku adalah mengelola sisi perfeksionisyang kadang jadi senjata makan tuan buat diriku sendiri, hihi.

    BalasHapus