9 Tips Ampuh Ini Bisa Membantu Menemukan Bakat Terpendam Dan Menggali Bakat Yang Sudah Ada

 

9 Tips Ampuh Ini Bisa Membantu Menemukan Bakat Terpendam Dan Menggali Bakat Yang Sudah Ada - setiap pribadi masing-masing pasti punya bakat. hanya saja kita terkadang tidak dapat memahami bakat yang terpendam atau sebenarnya sudah terlihat tapi tidak kita kembangkan.

Aku pribadi bahkan hingga dewasa sekitar usai 20 tahunan masih belum tahu apa yang sebenarnya menjadi bakat aku. setelah mencari tahu, mejalani cukup lama, akhirnya aku mengerti apalagi di perkuat dengan menlakukan tes sidik jari ( tes genetik ) 

Ada 9 tips ampuh yang bisa kita coba untuk membantu menemukan bakat terpendam kita, maupun menggali bakat yang memang sebenarnya sudah ada sejak kecil. gimana caranya ? tetap baca sampai selesai ya!

1. Eksplor diri lebih dalam

Untuk menemukan bakat terpendam, tentu kita harus mencari tahu dari dalam diri kita ya. bagaimana caranya ? ambil sebuah kertas dan tulis list apa saja kegiatan yang belum pernah di lakukan dan ingin sekali kalian coba. tulis semua tanpa terkecuali.

Setelah selesai, lakukanlah semua kegiatan tersebut dan lihatlah apa dampak yang terasa pada diri kita.  carilah yang paling membuat kita bahagia, eksplor terus kemampuan pada kegiatan yang paling kita sukai itu. 

Tapi, jangan di jadikan kegiatan tersebut sebagai patokan. karena kegiatan baru yang pertama kali kita nyoba, tidak mesti harus langsung berhasil ya. gagal merupakan hal wajar ya. jadi tetap semangat.

2. Temukan kegiatan yang membuat kita senang dan ingin terus maksimal melakukannya

Saat kita sudah melakukan langkah di step 1 tersebut. sekarang saatnya kita memaksimalkan kegiatan yang paling kita sukai. kegiatan yang kita senang melakukannya. kegiatan yang kita ingin terus berusaha melakukannya dengan baik.

Menemukan bakat memang tidah mudah dan butuh waktu juga ya jadi tidak bisa di lakukan secara instan. maksimalkanlah kegiatan yang memang kita sukai tersebut sebaik-baiknya dan lihat perkembangan apa yang terjadi pada diri kita.

3. Memulai dari sesuatu yang mudah

Kalau kalian bingung mau mulai dari mana, misalkan list yang kalian buat itu terasa sulit dan belum mampu untuk di lakukan, lakukanlah dari list yang paling mudah yang tidak perlu keluar modal untuk melakukannya.

Kita harus benar-benar jeli melihat potensi bakat yang ada di dalam diri kita. bisa jadi bakat kita bukan di kegiatan informal seperti melukis, menggambar, bersepeda, dll. bisa jadi untuk sebagian orang kegiatan formal seperti belajar adalah kegiatan yang menyenangkan. dan kegiatan formal tersebut pun bisa menjadi sebuat bakat.

4. Sabar dengan proses

Saat setelah menemukan bakat yang kira-kira cocok untuk kita. bersabarlah untuk terus melakukannya. jangan langsung berpindah haluan saat baru beberapa hari karena kita merasa tidak mampu melakukannya.

Bisa ya ? 

Coba tekuni dan buat jadwal setiap minggunya sekali atau dua kali. lakukan kira-kira beberapa bulan gitu. sekitar tiga sampai empat bulan. sampai akhirnya kita memutuskan untuk berpindah haluan karena mungkin memang  bukat bakat kita di sana.

5. Bertanya pada yang benar-benar tahu kegiatan kita

Cobalah membuat evalusi dengan bertanya kepada orang-orang di sekitar kita. minta mereka memberikan penilaian yang objektif terhadap kegiatan yang kita lakukan, apakah sudah maksimal atau malah tidak berdampak apa-apa.

Ketika orang memberikan penilaian yang memang kurang ( tidak maksimal ) padahal sudah kita coba melakukannya selama berbulan-bulan. bisa jadi memang bakat kita bukan di kegiatan tersebut. coba deh gali lagi kegiatan seru lainnya.

6. Tekuni kegiatan yang kita pilih

Saat sudah benar-benar menemukan bakat kita. bukan berarti kita hanya diam saja ya. bakat tetap harus di latih dengan maksimal. kita semua pasti tidak asing dengan cerita Ronaldo yang selalu berlatih lebih gigih dan terbukti kan. tidah akan ada usaha yang mengkhianati hasil.

Saat kita mendapatkan hasil yang biasa saja akan bakat yang sudah ada. bisa jadi kita memang kurang menekuninya. latihlah bakat yang sudah ada agar bisa memberikan hasil yang maksimal untuk kita.

7. Ikuti tes minat dan bakat

Mengikuti tes minat dan bakat bisa menjadi solusi juga agar kita bisa lebih mengenal diri kita secara lebih dalam. meski tes minat dan bakat tidak 100% akurat. tapi paling tidak lebih dari 50% kita memiliki gambaran diri kita.

Kebetulan banget minggu kemarin akupun baru mencoba tes minat dan bakat secara online. hasilnya kurang lebih 70% akurat. buat kalian yang mau nyoba juga kalian bisa lihati di playstore nama Appsnya Mslearning&grow.

Apps mslearning&grow ini merupakan tes sidik jari yang bisa di lakukan secara online dengan cara memotret foto jari-jari kita. setelah itu kita pun bisa melakukan konsultasi langsung dengan ahlinya melalui zoom meeting. untuk biayanya sendiri Rp 300.000 lebih terjangkau dari tes-tes sejenis.

8. Mengikuti kata hati

Mencari sebuah minat maupun bakat yang ada dalam diri kita. tentu saja hanya kita yang lebih memahaminya. jadi, cobalah dengarkan kata hati dan lakukan yang memang kita yakini kita bisa dan mampu untuk melakukannya.

Jangan sekedar mendengar pendapat orang lain tapi kita pun tidak yakin. karena kita yang menjalani, kita yang paling paham betul apa yang kita kerjakan. ketika kita yakin, kita pasti akan mampu melakukannya secara maksimal.

9. Tidak menyerah

Kalau semua tips di atas sudah di coba. dan kalian masih merasa belum bisa menemukan atau pun menggali minat dan bakat yang ada dalam diri. bersabarlah dan jangan menyerah. karena tiap individu berbeda.

Waktu yang di butuhkan setiap orang untuk menemukan bakat memang berbeda. ada yang dari kecil memang sudah terlihat jelas bakat yang menonjol. ada yang memang tidak terlihat sama sekali. kuncinya hanya berusah terus dan tidak menyerah. 

Semoga dengan 9 tips ampuh ini kita semua bisa menemukan dan menggali potensi kita dengan sangat baik. sehingga kehidupan kita terasa lebih jelas dan terarah. hidup sangat bahagia ketika kita bisa menentukan goal dalam hidup ini.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "9 Tips Ampuh Ini Bisa Membantu Menemukan Bakat Terpendam Dan Menggali Bakat Yang Sudah Ada"