3 Tips Mengelola Blog Agar Menjadi Amal Jariyah Bekal Tabungan Akhirat


 Tips Mengelola Blog Agar Menjadi Amal Jariyah Bekal Tabungan Akhirat - Sebagai seorang Muslim, tabungan akhirat tentu akan menjadi sesuatu yang terus kita upayakan di dunia ini. demi mengumpulkan bekal untuk kehidupan kita selanjutnya.

Disclaimer dulu ya sebelum aku lanjut. semua yang aku tulis di sisi murni buah pikir aku sendiri, dan tips yang aku berikan pun sesuai dengan apa yang aku terapkan. aku memahami betapa tujuan dan pola pikir orang itu berbeda-beda.

Jadi, apa yang baik yang bisa di ambil oleh pembaca silahkan di ambil, kalau memang ada yang tidak sepedapat ya gak usah di omong-omongin ya hehe ( baper ya )

Aku mau cerita sedikit nih, sejujurnya ya, aku tuh kalau sudah inget kematian terkadang happy tapi di sis lain aku juga khawatir karena belum ada bekal yang aku persiapkan untuk bertemu dengan Allah. 

Aku sangat iri pada orang-orang yang ilmu dan imannya itu tinggi-tinggi bahkan harta dan ketenaran pun mereka sangat berkecukupan. karena harta dan ketenarannya itu mereka bisa membangun Masjid, membangun Pesantren, dll 

Secara bayangan manusia, betapa banyak pahala dan amal jariyah yang mereka punya. aku tuh kadang sampe nangis kalau mikirin kaya gitu. aku benar-benar iri pada mereka yang luarbiasa. dari harta dan ketenarannya bisa menjadikan itu sebagai ladang pahala.

Dalam keadaan itu aku merenung, mereka yang terkenal bisa menciptakan ladang pahala, melakukan amal jariyah untuk bekalnya di akhirat, meninggal pun mungkin akan baik-baik saja karena banyak yang mendoakan mereka.

Lah aku ? Saipa aku ? 

Istilah kata aku hanya sendiri. saat meninggal mungkin hanya sebatas keluarga kecil dan kerabat dekat yang ingat dan mendoakan aku. dari situ aku pikir aku harus nih bisa  menciptakan kegiatan yang bisa jadi tabungan amal jariyah lewat tulisan.

Agar setidaknya saat aku sudah tidak ada, tulisan aku masih tetap ada dan memberikan kebaikan untuk orang lain, yang semoga insyallah dengan niat baik itu Allah berikan pahala. tulisan itu bagaikan sejarah bukan ? ia akan terus terkenang dan bisa di baca sekalipun penulisnya sudah tidak ada lagi.

Karena menulis di blog sebagai tujuan aku mencari ladang pahala, tentu aku harus bisa memberikan yang terbaik, agar semua yang aku tulis ini memiliki nilai di mata Allah. sekalipun tulisan yang isinya curhat misalnya. setidaknya harus selalu ada nilai kebaikan yang bisa di berikan pada pembaca.

Tips Mengelola Blog Agar Menjadi Amal Jariyah

1. Tidak ada Kebohongan


Poin pertama yang harus jadi pegangan kita sebagai seorang blogger adalah kejujuran, jangan sampai ada kebohongan dalam artikel apapun yang ingin kita tulis. sekalipun saat kita menulis artikel sposor maupun pekerjaan kita yang kadang menekankan untuk menulis dengan ketentuan dari brand.

Misalnya saat kita di minta mengulas sebuah skincare, buatlah tulisan apa adanya ( bukan seadanya ya ) jika memang yang kita rasakan berbeda dengan apa yang seharusnya di tulis. paham nggak ?

Contohnya nih, aku sendiri pernah dapat tawaran menulis sebuah ulasan tentang produk skincare yang mengharuskan aku memberikan foto before-after yang seharusnya berbeda dari hasil pemakain produk tersebut. 

Tapi, aku tidak melakukan itu. karena memang itulah yang aku rasakan. saat di tanya, aku bilang maaf memang hanya ini yang aku rasaian jadi aku tidak bisa memberikan foto before-after sesuai dengan yang mereka minta karena memang aku tidak merasa seperti itu. dan  mereka menerima. 

Hikmahnya, brand malah mengajak aku kembali untuk bekerjasama beberapa kali. jadi, apapun keadaannya poin  satu ini harus kita pegang dan jangan sampai tergoyang deh pokoknya. insyallah semua akan baik.


2. Menulis hanya yang bisa memberikan manfaat


Ini poin kedua yang aku selalu usahakan juga. menulis apapun di blog kita boleh kok! semua terserah kita. karena kita empunya. tapi, kalau aku pribadi berusaha untuk selalu menulis yang memang benar-benar bisa memberikan nilai.

Curhat boleh, tapi setelah panjang lebar curhat coba berikan poin penting yang bisa pembaca ambil, atau memberikan semangat karena barangkali ada pembaca yang merasakan kejadian yang pernah kamu alami dari curhatan itu.

Contoh kasus : misalnya kita ingin menulis review sebuah film, coba pikir apa manfaat yang bisa di ambil dari pembaca kita ? jujur aku pribadi udah menonton lebih dari 30 judul drama korea, tapi sekarang tidak lebih dari 10 tulisan saja yang baru ada di blog aku. 

why ? 

Salah satu alasannya karena aku belum bisa memberikan sudut pandang aku, tentang nilai yang bisa di dapatkan untuk pembaca, kecuali sekedar keseruan semata. bukan berarti drama yang aku tonton gak ada bagus ya.

jJjur aku takut menulis yang malah menimbulkan kebohongan atau keburukan. yang nantinya bukan bernilai pahala justru malah sebaliknya. kalau pandangan kalian gimana ? sharing juga dong di kolom komentar. 


3. Membantu menulis 


Kalau ada seseorang yang meminta kalian untuk menuliskan sebuah atikel misalnya tentang bantuan untuk palestina atau semacamnya, atau menulis tentang sebuah pesantren yatim, maupun yang semisalnya. dengan tujuan kebaikan. maka,  lakukanlah secara sukarela.

Jadikan tulisan itu sebagai niat baik kita untuk beramal. semoga dengan tulisan yang kita buat dengan ikhlas menjadi amal jariyah untuk kita. aku yakin kita pun tidak akan merasa berat hanya untuk menulis 1 artikel secara gratis.  ia kan ?

Itulah 3 tips dari aku dalam mengelola blog agar menjadi amal jariyah kita. semoga ada nilai kebaikan untuk kita semua dari tulisan ini. yuk semangat yuk kita menabung untuk kehidupan yang abadi nanti dengan melakukan kebaikan sesuai kemampuan kita masing-masing.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "3 Tips Mengelola Blog Agar Menjadi Amal Jariyah Bekal Tabungan Akhirat"