Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menyimpan Kue Kering Agar Terjaga Kerenyahannya


                                        

Kue kering memang termasuk hidangan yang identik disajikan ketika lebaran, dengan begitu banyaknya varian yang hadir saat ini, tak jarang diantara Anda yang kalap ingin membeli semuanya, apalagi dari segi rasanya sendiri juga beda-beda. 

Hanya saja patut untuk diketahui bahwa jenis kue semacam ini juga tidak bisa bertahan lama. Tak jarang bahkan penyimpanan yang salah membuatnya jadi lebih cepat melempem atau tidak renyah lagi. Tentunya hal tersebut akan mengurangi kenikmatan saat mencobanya bukan.
 
Untuk itulah ikuti beberapa tips berikut ini dalam menyimpan kue kering jika seandainya ingin tetap renyah, yaitu:
 
1. Mendinginkan kue sebelum menyimpannya, untuk Anda yang membuat sendiri kue tersebut, jangan terburu-buru untuk langsung menyimpan dalam toples, pastikan kondisinya sudah dingin sehingga tidak ada uap air yang keluar dan justru membuatnya jadi melempem.

2. Pakailah toples yang kering, bersih dan kedap udara, bagian yang tak kalah penting adalah pemilihan tempat penyimpanan. Pastikan bahwa toples yang memang Anda gunakan sebagai tempat menyimpan kue tersebut kondisinya benar-benar bersih, kering dan tidak berlubang alias kedap udara.

3. Tambahkan silica gel kedalam toples, kue dengan isian coklat lumer rentan sekali melempem ketika disimpan terlalu lama, karena hal ini memang berpengaruh terhadap kelembapan udara, untuk itu tambahkan silica gel ke dalamnya yang bagus untuk menjaga kelembapan udara dalam toples tersebut.

4. Simpan di tempat yang tepat, diantaranya adalah tempat yang sejuk dan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung, untuk jenis kue kering memang tidak dianjurkan untuk menyimpannya dalam kulkas. Karena hal ini akan membuat kue tersebut justru mudah melempem. Cukup di tempat yang sejuk, kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.
 
Mudah sekali bukan, dengan demikian kerenyahan kue juga akan tetap terjaga. Dapatkan bahan baku berkualitas untuk membuat kue Anda, apalagi ini juga mempengaruhi rasanya hanya beli di Tokowahab tersedia aneka macam tepung, mentega dan berbagai bahan kue yang lainnya dijual disini. Pembelian juga lebih praktis karena secara online.

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

13 komentar untuk "Tips Menyimpan Kue Kering Agar Terjaga Kerenyahannya"

  1. nggak pernah kepikiran menambahkan silica gel, seringnya malah dibuat untuk tambahan di dus sepatu.
    next bisa dicoba nih

    BalasHapus
  2. Naaahh, ini tips yg aku tunggu2 mbaaa
    soale kuker-ku tuh seriingg bgt melempem, dan cepet bgt terasa letoy wkwkw
    kapan2 aku terapkan tipsnya

    BalasHapus
  3. Tips mendinginkan itu bagus sekali, jadi nggak gampang lembek/kondisi masih relatif terjaga ya

    BalasHapus
  4. Nah, PR banget nih kalau punya anak kecil. Suka buka toples untuk ambil kue, eh terus ditinggal main.. jadi mlempem deh kuenya, hehe.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Belum pernah pake silica gel, hehe. Iyaa betul banget kalau toples penyimpanan harus rapat. Aku sering kecolongan nih mbak, kadang adik buka toples terus lama gak ditutup. Huhuu

    BalasHapus
  7. Nggak susah untuk menerapkannya agar kue kering tetap terjaga. Karena memang kalau dijaga, bisa cepet melempem ya dan gak renyah

    BalasHapus
  8. Jadi ingat waktu lebaran Idul Fitri 2020 kemarin, kue yang di toples banyak jamuran.
    Soalnya bukan apa apa sih, kita nya udah ngejaga banget biar gak jamuran atau dimasukin sama semut, kadang suami ambil kue gak ditutup lagi. Belum lagi ayah mertua baru pulang dari sawah langsung nyomot kue padahal tangan lagi kotor

    BalasHapus
  9. wadah yang benar dan baik untuk menyimpan kue kering biar tetap renyah dan rasanya terjaga ya. jadi harus pilih wadah yang rapat dan bagus kualitasnya

    BalasHapus
  10. Wah tipsnya sangat bermanfaat ini Bun, kebetulan kue kering ku kalau disimpan lama dikit aja suka melempem.

    BalasHapus
  11. Makan kue kering itu suka bikin lupa, sampai-sampai lupa untuk menutup rapat stoplesnya. Jadinya kerenyahan kue berkurang. Tipsnya jadi mengingatkan untuk lebih perhatian lagi sama kue kering yang masih ada, nih.

    BalasHapus
  12. nah ini nih permasalahan hakiki kalo kukis-kukis udah anyep tuh kesel deh, boleh juga nih tipsnya dipraktekkin, thanks yaa mba, auto praktekkin nih sekarang

    BalasHapus
  13. Tipsnya manfaat deh, apalagi Saya juga suka bikin kuker penyimpanan jadi Aman ya

    BalasHapus