Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah Pandemi Corona

 

Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah Pandemi Corona

Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar
Laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd..... 
Lantunan takbir hari raya yang sebentar lagi akan datang. Membuat hati setiap muslim bahagia termasuk aku.

Namun, Kini tentu tidak lagi sama dengan tahun-tahun sebelumnya
Dimana kaum muslim berkumpul bersuka cita merayakan takbiran di Masjid, berkeliling kampung, bahkan tak jarang kita melihat banyak orang berkeliling dengan beduk besarnya mengumandangkan Takbir. tanda hari kebesaran Umat islam telah tiba.

Dipagi harinya. kita memakain pakaian terbaik untuk berkumpul di masjid maupun lapangan guna menunaikan Sholat Idul Fitri secara bersama. setelah sholat ied kita kembali saling bermaaf-maafan antar keluarga dan tetangga. 

Namun, kini tidak lagi sama. pandemi merubah segalanya. termasuk pola dan kebiasaan kita. sedih memang. tapi kita tahu semua demi kebaikan bersama. yang harus tetap kita ingat. satu hal yang tidak pernah berubah adalah. Hari Raya tetaplah Hari Raya.

Jangan bersedih hanya karena tidak bisa lagi saling bersalaman dan berpelukan. jangan lagi bersedih karena tidak bisa berkumpul dengan sanak saudara dan teman-teman jauh. toh semua masih bisa kita lakukan meski hanya lewat Gawai. 

Meski hanya dengan Video Call ataupun bertelepon. sambutlah hari raya dengan penuh suka cita. bersyukurlah karena bisa merasakan indahnya Hari raya. setelah sebulan penuh kita berjuang bersama melawan hawa Nafsu kita. bersyukur karena kita masih bisa menjalani itu semua.

Apa yang Perlu di Perhatikan Saat merayakan IDul Fitri di tengah pandemi ?


Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang Jatuh pada tanggal 12-13 Mei 2021 ini membuat kita menjalani kebiasaan yang berbeda. meski sebagian orang sudah melakukan Vaksinasi. tetap saja tidak menjamin kita terbebas dari paparan virus ini.

Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah Pandemi Corona

Mematuhi protokol kesehatan tentu tetap menjadi kewajiban kita. karena semua demi kebaikan bersama. bersyukurnya masjid maupun lapangan hijau tempat kita menunaikan ibadah sholat idul fitri bisa tetap di gunakan. meskipun hanya di kota dengan zona hijau dan kuning dan dengan pembatasan 50 persen saja.

Berikut beberapa poin yang perlu di highlight oleh kita bersama saat melaksanakan Idul Fitri, Agar tetap aman Nyaman. seperti  :

Lakukan Gerakan 5M :

  1. Memakai Masker 
  2. Mencuci tangan dengan memakai air mengalir/hand sanitizer bila tidak memungkinkan
  3. Menjaga jarak
  4. Menjauhi kerumunan
  5. Membatasi interaksi

Lakukan Silaturahmi secara Online


Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah Pandemi Corona

Meski Perayaan hari raya idul fitri hanya sekali dalam setahun. tapi, sabarlah ketika tidak memungkinkan untuk mengunjugi sanak saudara maupun kerabat terdekat. mari saling menjaga satu sama lain dengan tidak memaksakan kehendak kita.

Zaman sudah berubah. sekarang semua bisa kita lakukan secara daring. kita masih bisa melakukan silaturahmi secara online. meski tidak bisa bertemu langsung saling mendoakan tentu lebih penting. semoga kita sehat selalu dan bisa berjumpa kembali di hari raya berikutnya dalam keadaan sehat wal afiat. 

Tidak Melakukan Mudik


Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah Pandemi Corona

Seperti telah di atur oleh pemerintah, Satgas Penangana Covid-19 beserta jajarannyasecara tegas dan jelas melarang melakukan mudik guna menghindari penyebaran virus Covid-19 ini. larangan mudik ini berlaku bukan hanya untuk jalur darat saja, tapi udara dan laut.

Berikut beberapa poin yang memang harus kita perhatikan. semoga Hari raya Idul Fitri tahun ini menjadi hari raya yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. semoga keberkahan senantiasa mengalir di antara kita.

Seluruh yang terjadi di bumi ini semua sudah di atur oleh-NYA. yakinlah pasti banyak hikmah yang bisa di dapatkan bila kita renungi. husnudzon akan ketetapan Allah. dan mari mengoptimalkan amalan ramadhan yang hanya menghitung hari ini agar kita termasuk orang-orang yang beruntung.




chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

5 komentar untuk "Merayakan Hari Raya Idul Fitri di tengah Pandemi Corona "

  1. Aku jadi inget tahun lalu ramai videocall sama teman-teman karena banyak yang nggak bisa mudik. Biasanya nggak sempat video call karena udah cape keliling

    BalasHapus

  2. Karena efek virtual, tahun lalu (juga) buat zoom sama teman2 komunitas. Padahal biasanya nohp saat idul fitri. Dan ga sempat sekedar balas chat, sempatnya cekrek sana cekrek sini doangπŸ˜ƒ
    Alhamdulillah tahun lalu pd sempat berbagi berita secara live

    BalasHapus
  3. Tetap jaga 5M dalam Idul Fitri... hehehe...

    BalasHapus
  4. Diantara kebiasaan Idul Fitri saat pandemi yang paling nyesek adalah ga boleh mudik, yang lain masih bisa dilakukan mesti ada pembatasan.

    BalasHapus
  5. Mba Chairina ganti template blog ya? Cantik banget template yg ini πŸ˜„

    BalasHapus