Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Step Skincare Rutin Murah agar wajah tetap sehat dan glowing

Memiliki kulit wajah sehat dan glowing tentu menjadi idaman setiap wanita. untuk memiliki wajah sehat dan glowing  kunci salah satunya  menurutku yaitu Konsisten. ya, konsisten menjadi kunci utama wajah menjadi berseri.

Konsisten merawat kulit wajah setiap hari. bukan hanya saat ingin saja baru wajah di treatment. treatment seperti apa yang di butuhkan ? treatment bukan hanya bisa di lakukan di salon atau klinik kecantikan loh! di rumah pun kita masih bisa melakukannya.

Aku pernah ikut Webinar bersama Dokter spesialis kulit kecantikan. aku lupa nama dokternya siapa.karena udah cukup lama. tapi, ada beberapa poin penting yang memang sudah aku rangkum di notes. Nah, sekarang aku mau sharing nih ke kalian. 

Ada 10 Step yang bisa kita coba rutinkan bersama. agar wajah lebih sehat dan glowing. nanti di step ini aku akan sebut juga beberapa merk skincare yang aku pakai. yang pastinya ramah di kantong. untuk detail harganya kalian bisa cek sendiri ya nanti di eccomerce karena harga kan pasti berubah-ubah.

10 Step Daily Routine Skincare

1. Makeup Remover

Ini yang pertama. makeup remover atau pembersih makeup. wajib banget di pakai sebelum kita mencuci wajah kita dengan facial wash. makeup remover ( pembersih makeup ) merupakan pembersih wajah yang dapat mengangkat sisa makeup di wajah yang tidak bisa di bersihkan langsung oleh pencuci wajah.

Makeup Remover ini ada banyak sekali jenisnya. mulai dari milk cleanser, Micellar water, bahkan yang oily. aku punya semuanya dan aku pakainya gimana mood aja. kalau dokter kecantikan saat itu bilang beliau lebih suka yang micellar water karena lebih ringan seperti memakai air biasa.

Milk Cleanser ini merupakan pembersih yang teksturnya kaya handbody ya. putih kental. aku pakai dari merk Nurish Organiq, Micellar water aku pakai dari Nurish Oragniq dan Garnier. yang Nurish Organiq aku suka karena ada wanginya gitu. 

Kalau yang Garnier aku pakai yang pink khusus untuk kulit sensitif jadi memang berasa ringan banget kaya pakai air. tapi, menurut pendapat aku nih kalau yang micellar water kurang sempurna gitu kalau bersihin makeup. apalagi makeup yang waterproof.

Dan satu lagi Makeup remover yang lebih oily aku pakai dari Make over. jujur aku paling suka pakai yang ini. Makeup remover dari make over ini lebih bersih kalau aku pakai dan bisa mengangkat lipstik yang stay matte.


2. Facial Wash 

Setelah selesai membersihkan wajah dengan Makeup remover selanjutnya adalah membersihkan wajah dengan facial wash. Facial wash ini ada banyak juga jenisnya mulai dari Cleansing Foam atau foaming facial wash, cleansing water, cleansing oil, cleansing gel, clenasing balm.

Aku pribadi memakai facial wash berbentuk gel dari love beauty and planet, ada juga cleanasing balm dari Ayu derma, sejujurnya aku tipe yang sering banget ganti-ganti produk skincare wajah. karena kulit wajah aku tipe yang normal jadi selama ganti produk yang sudah BPOM insyaalah aman. 


3. Exfoliating

Exfoliating adalah proses meluluhkan kulit mati di wajah kita yang di lakukan secara rutin. kalau aku bilang exfoliating ini scrub wajah. aku biasa melakukan exfoliating 2-3x dalam seminggu. untuk kulit wajah sebenarnya tidak perlu sering-sering melakukan exfoliating. 2 kali dalam seminggu sudah cukup.

Kalau aku kadang menjadikan exfoliating sebagai pengganti facial wash. dan karena produk exfoliating aku itu kaya sabun cuci muka aja. aku pakai produk dari Ayu derma dan ada dari Nurish Organiq juga. ringan di wajak aku.


4. Toner

Setelah melakukan Exfoliating ataupun facial wash, selanjutnya adalah Toner. ngomongin soal toner aku jadi inget banget taunya toner itu untuk membersihkan wajah setelah di scrub atau setelah pakai makeup remover. ternyata salah besar.

Ternyata Fungsi toner itu banyak. bukan sekedar pembersih wajah saja. tapi juga mengangkat sisa kotoran, melembabkan kulit, mencegah kulit kering, mengatasi jerawat, menghilangkan minyak di kulit bahkan menyeimbangkan pH kulit kita.

Cara menggunakan Toner adalah dengan cara menuangkan toner ke kapas lalu mengusapnya ke permukaan kulit wajah kita yang telah di bersihkan dengan facial wash. hindari area mata ya. kalau sampai terkena mata segera bilas ya.


5. Essence

Essence bisa di bilang sama dengan kandungan serum namun lebih ringan. essence ini teksturnya lebih watery gitu. beda dengan serum yang biasanya lebih pekat atau kental. essence biasanya lebih nyaman di pakai di pagi.

Essence di gunakan sebagai persiapan untuk kulit menerima makeup. essence membentuk lapisan pelembab. membuat kulit lebih menyerap skincare maupun makup yang di pakai setelahnya. jadi fungsinya sebagai pelembab.

Essence dapat di gunakan setelah mencuci muka dan memakai toner. dan essence ini berbeda ya dengan toner maupun serum. kalau toner ada fungsi sebagai pembersih juga kaya yang aku sebutkan sebelumnya. sedangkan essence hanya sebagai pelembab yang kandungannya lebih dari toner. tapi tidak setinggi serum.

Aku pribadi pakai Essence dari Nurish Organiq tapi udah habis. jadi sekarang lagi pake yang dari Loreal. teksturnya memang lebih cair. tapi tidak secair toner dan tidak sekental serum. pakai essence memang membuat skincare yang di pakai setelahnya lebih mudah meresap.


6. Serum

Serum mungkin lebih familiar ya di telinga kita. serum memiliki banyak sekali kandungan pelembab dan konsetrat lainnya yang berfungsi mencerahkan kulit kusam. mengatasi kulit kering, kerutan, membuat kulit lebih kenyal dan masih banyak lagi manfaatnya. 

Serum memiliki tekstur yang lebih kental dan mengandung banyak bahan aktif. aku pribadi cukup rutin pakai serum. sekarang aku lagi pakai serum dari scarlett yang memang memiliki fungsi mencerahkan kulit. 


7. Sheet Mask

Untuk menjaga kulit tetap sehat dan glowing memakai masker juga perlu di jadikan salah satu rutinitas kita. salah satunya dengan memakai sheet mask ini. sheet mask merupakan masker wajah yang berbentuk lembaran. 

Sheet mask hanya bisa di gunakan satu kali saja. untuk yang sedang traveling lebih cocok juga memakai ini. aku sejujurnya kurang suka pakai sheet mask. aku lebih suka pakai masker bubuk. sheet mask ini banyak sekali di jual di pasaran ya. salah satu yang aku punya dan beberapa kali aku pakai yaitu dari loreal.

Oia penggunaan sheet mask ini jangan lama-lama ya. sesuaikan dengan aturannya 10-15 menit maksimal. Dokter kulit mengumpamakannya seperti tangan di masukin ke air. semakin lama kulit kita terkena air bukan semakin kencang kan malah makin keriput. begitupun dengan sheet mask.

Gunakan sheet mask 1-2x dalam seminggu sekali sebelum tidur malam membuat kita memiliki kulit wajah yang lembab. 


8. Eye Cream

Mata lelah yang di sebabkan oleh banyak faktor membuat kita terlihat seperti mata panda. lingkar hitam yang terjadi akibat mata terlalu sering melihat layar gadget membuat tidak percaya diri. terlebih ketika usia menuju kepala tiga. tanda-tanda penuaan semakin terlihat jelas ya. seperti garis halus di sekitar mata. 

Lakukan perawatan dengan rutin memakai eye cream. pemakaian rutin akan membuat kulit di area mata kita lebih sehat, menghilangkan tanda penuaan dan juga melebabkan kulit di area mata yang cendrung lebih senstifif. 

Ada banyak merk eye cream buatan lokal yang bisa teman-teman coba juga. seperti dari loreal, somethinc, Avoskin. selain itu juga ada lagi yang lain. dulu aku juga pernah pake eye cream tapi lupa nama brandnya soalnya udah lama banget. 


9. Sunblock

Sunblock berfungsi sebagai pelindung kulit kita dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat masuk langsung menebus kulit. ketika kita ingin beraktifitas di luar. pastikan selalu mengunakan sunblock dulu ya. 

Aku pribadi sejujurnya paling jarang ake sunblock. hanya sesekali saja saat berolahraga di luar ruangan. kita bisa mengaplikasikan sunblock ini 20-30 menti sebelum melakukan aktivitas di luar rumah. 


10. Day & Night Cream

ini yang terakhir sekaligus menjadi penutup tulisan ini ya. day cream dan night cream menjadi item terakhir yang jangan pernah di tingalkan untuk di  apliaksikan setia hari. karena penting banget. Day cream yang saat ini di jual di pasaran kebanyak sudah mengandung SPF ya.

Gunakan Day cream di pagi atau siang hari untuk menlindungi kita dari paparan sinar matahari. sedangkan Night cream pakailah di malam hari guna mencegah wajah kita dari penuaan dini. kandungan dari night  cream ini memang berbeda-beda di setiap produk. tapi beberapa poin yang sama adalah untuk membantu memperbaiki skin tone. mencegah penuaan dini, dan banyak lagi segudang manfaat lainnya.

Itulah 10 Step Skincare rutin yang yang bisa aku sharing kali ini. dengan melakukan rutinitas di atas secara konsisten kita pasti akan mendapatkan kulit yang sehat dan juga glowing deh. oya setiap produk yang aku sebutkan di atas adalah produk yang memang aku pakai.

Dan setiap produk itu cocok-cocokan ya. jadi, pastikan sebelum membeli produk sesuaikan  dengan kebutuhan kulit kita. jangan sampai asal beli. karena bagus di aku belum tentu juga cocok dan bagus di kalian. 


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "10 Step Skincare Rutin Murah agar wajah tetap sehat dan glowing "