Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi 2020 Tidak Tercapai, Apa yang Harus di Perbaiki ?

Kalau di awal tahun saya sudah pernah menuliskan tentang apa itu Resolusi dan tips-tips dalam membuat Resolusi agar tercapai, kini saatnya aku berbicara tentang sebuah Evaluasi dari apapun Resolusi yang telah kita buat. 

Tujuannya apa sih dari evaluasi ini ? 

Tujuan Evalusi adalah melihat dan mengukur sejauh mana Resolusi yang telah dan berhasil kita jalankan dalam beberapa bulan ini. evaluasi merupakan penilaian atas apa yang sudah kita rencanakan di awal tahun. apakah sudah sesuai atau malah berdiri di tempat ? semua terlihat ketika kita mengevaluasinya.

Ketika kita ingin memiliki kualitas diri yang lebih baik, tentu kita harus berubah ya. dengan cara apa ? salah satunya adalah dengan membuat Resolusi. kita bisa membuat beberapa to do list yang akan kita perjuangkan, baik dalam hal karir, rumah tangga, ibadah dan lain-lain.

Ketika kita berhasil melaksanakan semua target-target kita tentu kita sangat bahagia. karena kita sudah satu langkah lebih baik dalam kualitas diri kita. namun, bagaimana jika Resolusi kita tidak tercapai karena banyak hal lain juga yang perlu di prioritaskan ?

Second Plan!


yaaaaa
Second plan adalah jawabannya. ketika kita membuat sebuah resolusi baiknya kita juga membuat second plan. yang bertujuan ketika kita tidak bisa menyelesaikan Resolusi kita yang pertama, kita masih punya Tujuan lainnya untuk di kerjakan.

Untuk aku pribadi, aku tidak pernah kecewa ataupun sedih ketika aku tidak bisa sempurna dalam menjalankan resolusi yang aku buat. karena aku memang sudah berusaha maksimal untuk melakukannya.

Hanya saja adakalanya kendala dari luar kita yang membuat kita harus sedikit melenceng dari semua resolusi kita. tapi, kita tidak perlu bersedih, karena setidaknya kita sudah berusaha untuk melatih diri kita menjadi pribadi yang baik.

Tips Membuat Second Plan yang Berhasil 



4 bulan sudah kita menjalankan Resolusi kita, kita tentu sudah bisa melihat dan menilai  resolusi yang kita buat, apakah sudah pas dan bisa di jalankan oleh kita, atau malah sebaliknya ? tidak ada satunya yang bisa di jalani karena keadaan yang tidak memungkinkan.

Kali ini aku akan berbagi beberapa Tips membuat Second Plan yang akan berhasil kita jalankan, dengan melihat beberapa faktor sebagai berikut :
  1.  Kenali Diri kita.
  2. Buat Second plan yang tidak menyusahkan.
  3. Buat Jadwal secara rinci dan terarah.
  4. Evalusi Mingguan.
  5. Paksa Diri.
5 poin ini sangat pentin menurutku. di awali dengan mengenal diri kita sendiri. karena sejatinya memang kita sendiri yang paham tentang kita. kita harus bisa mengetahui apa yang kita mampu, apa yang kita bisa, dan apa yang kita mau.

Setelah kita memahami diri kita, cobalah buat second plan yang tidak Ngoyo. buatlah sesuatu yang kita yakin kita bisa mengerjakannya. ingat juga untuk tidak membuat jadwal yang padat. karena kitav pun butuh waktu untuk rehat have fun with our family!

Agar Second Plan kita berjalan mulus buatlah secara rinci apa, kapan, jam berapa semua yang harus di lakukan setiap harinya. agar kita memiliki kegiatan prioritas yang perlu kita selesaikan setiap harinya.

Setelah berjalan, lakukan evaluasi kita secara berkala, tidak perlu tiap bulan. tiap minggu pun lebih baik di periksa. agar kita bisa mengambil langkah yang lebih baik lagi untuk setiap step yang ingin kita kerjakan.

Malas memang menjadi momok untuk semua orang termasuk aku. tapi, jangan sampai rasa malas membuat kita merugi. jangan sampai kita menyia-nyiakan waktu kita setiap harinya untuk hal-hal yang tidak berguna. paksalah diri untuk terus maju. 

Ingat!  penyesalan itu akan datang di akhir. kita tidak pernah tau kapan waktu kita berakhir di bumi ini. maka, lebih baik lelah sekarang tapi bahagia kemudian, daripada bermalas-malasan sekarang tapi menyesal kemudian. itu yang selalu aku katakan untuk diri aku sendiri ketika rasa malas datang.

Semangat terus untuk kita, jangan pernah lupa tidak ada usaha yang menghianati hasil. hari ini mungkin belum waktunya kita bersinar. tapi akan datang masanya kita meraih hasil kerja keras kita. 

 


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Resolusi 2020 Tidak Tercapai, Apa yang Harus di Perbaiki ?"