Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Ciri Burnout yang Wajib Kamu Ketahui serta Tips menanganinya

Burnout merupakan istilah yang menggambarkan kondisi stres berat seseorang yang di sebabkan oleh pekerjaan. Siapa saja bisa mengalami Burnout terutama untuk yang terus memaksakan diri untuk bekerja. Burnout tentu berbahaya, karena dapat mempengaruhi kesehatan bukan hanya Fisik saja tapi juga mental.

Burnout bisa di artikan sebagai Syndrom kelelahan emosional yang sangat berdampak sekali pada keseharian seseorang. ataupun kinerjanya di dalam dunia kerja. Maka, kita harus tau apa saja sebenarnya penyebab dan ciri terjadinya Burnout ini. dan bagaimana cara kita menanganinya.

Penyebab terbesar terjadinya Burnout adalah Beban kerja yang berlebihan

Beban kerja yang berlebihan menjadi faktor pertama yang menyebabkan Burnout terjadi. belum lagi dengan tekanan-tekenan pekerjaan yang kita rasa tidak ada habisnya. ketika kita menjalani kerja yang berlebihan kondisi badan pasti akan menurun karena kelelahan dan berujung kepada hal-hal yang tidak kita inginkan.


Tekanan Sosial dan tidak adanya Dukungan orang sekitar.

Tekanan sosial bisa menjadi penyebab terjadinya Burnout. apalagi di tambah dengan tidak adanya dukungan dari orang-orang di sekitar kita. seperti keluarga maupun teman. bayangkan bagaimana rasanya ketika kita pulang kerja lelah seharian dengan tekanan yang berat dan hanya mendapatkan gunjingan dari orang lain karena pekerjaan kita yang misalnya tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh keluarga kita. 

Pada dasarnya bekerja memang melelahkan apapun profesinya. semua punya beban kerja dan tanggungjawab yang berbeda. tak jarang beban kerja itu membuat kita stres sendiri. tetapi tentu berbeda dengan orang yang mengalami Burnout yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Kelelahan dan tidak adanya semangat bekerja
  2. Mudah marah
  3. Kinerja kerja menurun
  4. Mudah sakit
  5. Menghindari diri dari lingkungan sosial
Berikut beberapa yang terjadi saat seseorang merasakan Burnout. selain dari 5 ciri di atas masih ada lagi ciri-ciri lainnya yang harus di perhatikan juga saat seseorang mengalaminya. lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara kita menaganinya ?

Berikut beberapa Tips yang bisa kita lakukan ketika merasakan Burnout :

1. Gaya hidup

Gaya hidup meliputi pola hidup yang jelas terarah. di mulai dari makanan yang perlu kita jaga sehari-hari dan juga lingkungan yang harus kita perhatikan. cobalah hidup dengan orang-orang yang membuat diri kita menjadi lebih baik. atau setidaknya tidak merusak kita.

Olahraga yang cukup, menjaga asupan makanan dan juga tidur yang cukup dan kebutuhan cairan yang cukup semua sangat berpengaruh terhadap keseharian kita. penuhi semua hak-hak tubuh kita agar kita bisa menjalani hidup dengan baik.

2. Manajemen Waktu

Manajemen waktu yang baik adalah ketika kita dapat mengatur waktu dan pekerjaan kita setiap harinya. meskipun padat sekalipun yang kita kerjakan. akan bisa kita selesaikan dengan baik. karena kita sudah punya jadwal pasti yang perlu kita lakukan setiap harinya.

3. Menjaga Komunikasi

Ketika kita merasa berat dengan tugas yang di berikan oleh bos kita, maka komunikasikanlah dengan nya. merek juga manusia pasti akan mengerti dan bisa memhami apa yang kita rasa. atau setidaknya ketika kita mengalami masalah di kantor ceritalah kepada teman dekat atau keluarga kita. jangan memendam apa yang menyakitkan untuk kita. 

Dengan mencurahkan isi hati. kita akan menjadi lebih tenang dan juga perasaan akan plong. jangan memendam hal yang menyakiti diri sendiri. karena lambat laun akan berpengaruh pada kesehatan kita juga.

3. Me time

Dalam sepekan setidaknya berilah waktu sibuk kita untuk hal-hal yang membuat kita happy. setidaknya seperti mencharge semangat kita untuk terus melangkah melakukan semua kewajiban-kewajiban kita yang bertumpuk.

Ketika kita mampu menjalani hari-hari kita dengan awal dan kebiasaan baik setiap harinya. kita akan terbiasa dengan semua rintangan yang kita hadapi. 

Semoga dengan adanya tulisan ini. kita tidak lagi merasa stres berlebih ketika menjalani hari-hari berat. kita memang harus selalu ingat, hidup itu bagaikan roda berputar. adakalanya kita di atas dan di bawah. 






chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Ciri Burnout yang Wajib Kamu Ketahui serta Tips menanganinya"