Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buku Komik untuk Anak-Anak


Komik merupakan bentuk seni dari gambar-gambar tidak bergerak yang di susun sedemikian rupa yang membentuk sebuah jalinan cerita. Komik biasanya di cetak dan di terbitkan di sebuah kertas yang memiliki banyak gambar dan teks.

Seiring majunya perkembangan, kini komik tidak lagi melulu di cetak dalam sebuah kertas. karena sekarang sudah banyak bermunculan komik yang berbentuk PDF. kini kita sangat mudah untuk membaca komik hanya melalui gawai.

Genre komik pun beragam. sejak kecil aku tidak asing dengan komik bergenre comedy dan juga Detective. seiring waktu komik sudah bisa di nikmati oleh semua kalangan bahkan anak-anak sekalipun. yaitu dengan membaca komik anak.

Sejujurnya aku bukan tipe yang suka baca komik. berbeda dengan suami yang mengkoleksi komik berseri. komik yang aku miliki hanya satu. yaitu komik anak islami. dan ternyata anak-anak sangat suka mendengar cerita dari komik tersebut.

Minat baca anak meningkat lewat membaca Komik

Ternyata dari sebuah komik, anak-anak tergugah dan memiliki minat baca yang cukup tinggi. menurutku ada beberapa aspek yang membuat anak itu tertarik dari sebuah komik. diantaranya adalah :

  1. Buku Komik bergambar
  2. Cerita dalam buku komik tidak panjang
  3. bahasannya ringan dan mudah di pahami anak
  4. Menarik karena gambarnya yang di sukai anak-anak


Beberapa aspek itu yang aku lihat dari anak-anakku yang suka juga di bacakan komik. meski komik bagus untuk anak-anak, kita tidak bolehsembarang membeli komik, ada beberapa poin yang perlu di perhatikan saat membeli komik untuk anak.
  1. Belilah komik sesuai kebutuhan
  2. Carilah komik yang sesuai dengan usia anak
  3. Cari komik yang memberikan dampak positif untuk anak
  4. Berkomunikasi dengan anak untuk membeli komik yang mereka inginkan ( komik yang mendidik ya ) kalau pilihan mereka kurang tepat menurut kita, berilah pilihan buku komik lainnya kepada mereka.
Ketika selesai membeli komik, aku membacakan anak-anak buku komik dengan metode interaksi dua arah. jadi, jangan hanya kita membacanya saja dan anak mendengarkan. tapi, cobalah bertanya tentang cerita yang ada di dalamnya sembari memberikan insight positif dan pelajaran kepada anak-anak.

Dengan cara itu, anak-anak lebih mudah menerima apa yang kita sampaikan. karena mereka suka dan senang dengan cara penyampaian kita yang seperti sedang bercerita. nanti dicoba juga ya Moms.

Manfaat membaca Komik untuk anak-anak



Membaca saja kita tahu banyak sekali manfaatnya untuk anak-anak. di tambah bukunya adalah buku Komik yang lebih warna-warni mereka pasti suka. di antara manfaat membaca buku komik untuk anak adalah :

  • Membaca buku anak menaikan minat baca anak
  • Membaca buku Komik membuat anak semangat untuk terus membaca
  • Membaca buku komik meningkatkan Imajinasi dan Kreativitas anak-anak
  • Membaca buku Komik mempertajam daya ingat
  • Membaca buku Komik memberikan banyak perbendaharaan kata anak
  • Membaca buku Komik membantu kita mengajarkan budaya membaca sejak dini
Sekarang, tidak ragu kan untuk mulai membiasakan anak-anak di bacakan atau membaca buku komik. karena banyak sekali manfaat dan sisi positif anak-anak membaca buku komik. selama buku Komik yang di bacanya memang sesuai dengan kebutuhannya.

Kitapun sekarang sangat mudah mencari buku-buku komik baik secara offline di toko-toko buku terdekat maupun di online store. dengan harga yang bersahabat dan ramah di kantong juga. semua bisa Moms sesuaikan dengan kebutukan anak-anak ya. 

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

12 komentar untuk "Manfaat Buku Komik untuk Anak-Anak"

  1. Jangankan anak-anak, aku aja sebetulnya lebih tertarik dengan buku yang banyak ilustrasinya. Apalagi colorful. Ah jadi kangen dulu jaman SMP suka baca komik :') ternyata bermanfaat juga

    BalasHapus
  2. Komik bisa mulai dikenalkan pada anak usia berapa ya mba? Jadi inget aku dulu juga sukaaaaak banget baca komik. Ternyata emang bisa menumbuhkan minat baca anak lewat komik yahh.

    BalasHapus
  3. Bener banget nih. Sebagai emak2 yang pernah jadi anak pecinta komik, saya pun merasakan manfaatnya.

    BalasHapus
  4. Aku belum sempat mengenalkan komik ke anak-anakku, masih seputaran buku bergambar aja, tapi bukan komik. mungkin saat mereka udah bisa baca deh, seru emang membaca lewat komik.

    BalasHapus
  5. Bener bangett mba, apalagi kan komik bergambar tuh, cocok banget nii buat para Bunda yang mau meningkatan minat baca pada anak bisa dmengawalinya dengan komik dulu yaa

    BalasHapus
  6. Ide yang bagus bun, biasanya ibuk² bacain cerita lewat buku cerita, buku bantal, dan boleh ni saya ceritain ke si kecil buku komik👍

    BalasHapus
  7. Aku sampe se emak emak ini suka komik.. ada rekomendasi tempat mom biasa beli?

    BalasHapus
  8. Aku sukaa banget komik sejak SD. Alhasil pas anak baru brojol aja udah beli komik wkwkw

    BalasHapus
  9. dulu waktu kecil aku suka banget baca komik...

    BalasHapus
  10. Betul. Komik sangat mempengaruhi kreativitas anak. Dan bisa mengolah emosi sang anak

    BalasHapus
  11. Benar sekali, anak saya sudah mulai distimulasi dengan buku buku sejak usia 10bulan. Sampai sekarang dia selalu pegang buku dan ajak saya bacakan apa yang ditunjukknya 😍

    BalasHapus
  12. Anakku skrg juga sedang beralih daei pict book ke komik . Di rumah ada buku yg ada komiknya.. pasti si doi lsg minta dibcaain bagian komiknya hehehe. Aku juga suka sih hihi

    BalasHapus