Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Mengatur Keuangan Terencana Menjelang Lebaran agar Tidak Menjadi Generasi Sandwich


Mengatur keuangan sangat penting sekali. terutama menjelang lebaran. karena banyak sekali pengeluaran tak terduga yang terjadi saat mendekati lebaran. aku pribadi pun merasakan sekali. sebenarnya agar pengeluaran dan keuangan tetap stabil, kita harus mengatur keuangan ini setiap saat bahkan sebelum lebaran tiba.

Mengapa ?

Karena dengan mengatur keuangan secara baik dan benar. kita tidak akan mengalami kesulitan nantinya. meskipun aku memang bukan "master" dalam mengatur keuangan. aku akan berbagi beberapa tips yang menurutku dapat membantu menjaga keuangan kita agar tetap stabil meski banyak pengeluaran.

Kebetulan aku pernah ikutan webinar juga tentang Cara mengelola keuangan. ada beberapa Tips yang sudah aku rangkum.

Tips Mengatur Keuangan Terencana :

1. Menabung

Menabung bukan sekedar menabung. tapi, menabung sesuai dengan pos-posnya. misalkan untuk tabungan sekolah anak, Angsuran rumah dan asuransi maupun pengeluaran bulanan. semua harus jelas.

Membuat pos-pos seprti ini bukan berarti kita harus memiliki banyak tabungan. tapi, kita harus bisa membagi setiap uang yang masuk dan keluar sesuai dengan porsinya. agar tidak bingung nantinya.

2. Buat List Pemasukan dan Pengeluaran

Membuat pembukuan ini sangatlah penting. karena, dengan membuat pembukuan kita dapat mengevalusi berapa pemasukan dan pengeluaran yang ada tiap bulannya. apakah pengeluaran kita lebih banyak dari pemasukan atau malah sebaliknya ? semua bisa di lihat dari pembukuan.

Dengan pembukuan juga ktia akan melihat gambaran secara menyeluruh tentang kondisi keuangan kita apa. dan juga dapat melakukan evaluasi terhadapnya setiap bulan. dengan tujuan keuangan kita tetap sehat dan stabil.

3. Spending berdasarkan Prioritas

Jangan hanya karena kita merasa memiliki banyak Dana berlebih, kita asik membeli semua yang kita inginkan tanpa memikirkannya terlebih dahulu. mulai sekarang buatlah skala prioritas. belilah apa yang memang sangat kita butuhkan. bukan apa yang kita inginkan.

Jangan lagi tergoda dengan barang-barang lucu yang setelah kita belipun nggak tahu mau di buat apa. akhirnya kan mubazir. kita harus ingat semua barang nantinya akan di mintai pertanggung jawabannya. lebih baik mencoba hidup minimalis agar hati lebih bahagia.

4.  Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan hal yang perlu di perhitungkan ketika kita ingin memiliki Keuangan yang stabil. dana darurat bertujuan untuk di gunakan saat kita membutuhkan dana segera yang tidak terduga.

Misalnya lagi berkendara tiba-tiba ban motor /mobil Bocor. tentu kita butuh dana segera untuk mengganti ban. dan pasti ada banyak lagi kejadian-kejadian serupa yang terjadi di kehidupan kita. ia kan ?

Dana darurat ini biasanya di siapkan 12 kali pengeluaran bulanan. atau kalaupun belum sanggup bisa di cicil 6 kali atau ada juga yang 3 kali pengeluaran bulanan. semua bisa di sesuaikan dengan kemampuan kita. kita bisa menyisihkan sisa pengeluaran kita tiap bulannya ke dana darurat ini.

5. Mempersiapkan Dana kesehatan orangtua dan dana Pensiun

Ketika kita masih sehat dan mampu bekerja. bekerja keraslah untuk menyiapkan dana pensiun kita dan juga orangtua. jangan sampai kita menjadi generasi sandwich. generasi sandwich merujuk pada seseorang yang terhimpit di antara dua generasi. yaitu generasi atas dan generasi bawah.

Generasi sandwich memiliki tanggung jawab membiayai generasi atas ( orangtua ) dan juga generasi bawah ( anak atau keturunan ). maka, ada baiknya dari sekarang kita sudah memiliki keuangan yang terencana. 

6. Budgeting

Untuk memiliki keuangan yang baik. Budgeting sangat di perlukan untuk memperkirakan pengeluaran apa saja yang akan kita lakukan setiap bulannya. seperti :
  • Membayar hutang kalau punya hutang
  • List pengeluaran bulanan seperti kebutuhan makan, listrik, biaya sekolah dan lain-lain.
  • List Shodaqoh untuk orang tua maupun saudara.
  • Kebutuhan Gaya hidup kalau memang kita tipe yang suka happy-happy. 
Sekian 6 tips mengatur keuangan dari saya. semoga kita bisa belajar menerapkan ke 6 tips ini. agar kehidupan kita menjadi lebih baik. karena ketika keuangan kita stabil menjalani hidup pun akan lebih santai dan tenang ya. 

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "6 Tips Mengatur Keuangan Terencana Menjelang Lebaran agar Tidak Menjadi Generasi Sandwich"