Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kebiasaan Menyenangkan saat Ramadan yang bisa kita lakukan

Ramadan yang sudah hampir setengah bulan tentu saja memberikan perbedaan yang cukup terlihat. terlebih untuk aku pribadi. setelah menjalani puasa ramadan ini aku punya beberapa kebiasaan yang menyenangkan buatku. 

Sekarang ini aku mau sharing 5 kebiasaaan menyenangkan dan postif tentunya. yang biasa aku lakukan saat ramadan. semoga bisa memberikan gambaran dan juga renungan untuk kita semua ya.

1. Bangun lebih awal dari biasanya



Kalau hari-hari biasa bangun subuh itu beratnya luarbiasa buat aku. berbeda dengan sekarang yang terasa sangat biasa. aku sudah terbiasa untuk bangun setidaknya sebelum adzan berkumandang.

Aku memang harus bangun di awal waktu untuk menyiapkan makan sahur. repot kan kalau keasikan tidur sampai suami nggak sahur. hahaha kalau kalian biasa bangun jam berapa buat persiapan sahur ? kalau kau karena hanya berdua jadi aku biasa bangun jam 03.30 setengah jam untuk persiapan setengah jam untuk makan.

2. Tidak tidur setelah subuh

Bangun di awal hari untuk persiapan sahur. membuat kita sangat ngantuk ya. apalagi setelah sahur. tapi, aku membiasakan diri untuk tidak tidur setelahnya. karena berbagai alasan. diantaranya adalah :

  1. Aku suka merasakan asam lambung naik kalau habis makan langsung tidur. 
  2. Badan jadi terasa lemas seharian.
  3. Tidak punya semangat untuk beraktivitas.
  4. Mimpi buruk saat tidur di pagi hari. entah kenapa ini bisa terjadi. jadi aku merasa takut gitu kalau tidur pagi.
Alasan-alasan itu membuat aku tidak bisa tidur lagi setelah sahur. tapi buatku menyenangkan juga karena aku jadi punya banyak waktu untuk melakukan beberapa hal positif lainnya. 

3. Target Tilawah 



Selama ramadan aku jadi memulai kembali kebiasaan tilawah dengan mentargetkannya. kalau biasanya hari biasa hanya mmebaca 1-2 lembar saja. di ramadan tentu tidak. di bulan yang penuh rahmat dan kebaikan ini aku harus bisa lebih baik lagi dalam segala hal.

4. Berbagi Kebaikan

Ramadan tentu kebanyakan dari kita juga melakukan ini. seperti memberikan takjil kepada orang lain, bersedekah, dan masih banyak lagi. berbagi kebahagiaan dan kebaikan kepada sesama sejatinya membuat kitapun jadi lebih bahagia. menjadikan hidup kita lebih berkah.

5. Upgrade Diri Upgrade Hati

Saat ramadan sejatinya aku banyak melakukan upgrade terhadap diri sendiri terhadap banyak hal. selain yang di sebutkan di atas. dengan ramadan aku belajar meningkatkan pribadi aku menjadi pribadi yang lebih baik. baik dalam hubungan sosial maupun lainnya.

5 Kebiasaan ini bisa teman-teman coba juga untuk melakukannya. meskipun berat, selama kita punya niat pasti bisa. karena hal terberat adalah hanya saat memulainya saja. saat terbiasa, semua menjadi menyenangkan.

Jadi, apa kebiasaan baik yang biasa teman-teman lakukan di bulan ramadan ini ? sharing yuk di kolom komentar. siapa tahu memberikan Insight juga buat kita semua. happy fasthing  semoga tahun ini menjadikan kita pribadi yang lebih baik.



chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

Posting Komentar untuk "5 Kebiasaan Menyenangkan saat Ramadan yang bisa kita lakukan"