Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepenting apa susu pertumbuhan untuk anak ?


Kalcare

Kemarin sore iseng main ke Aeon Mall sama anak-anak. kebetulan kan anak-anak udah lama banget gak main ke mall. setelah selesai main bapaknya anak-anak ngeliat ada Outlet Kalcare. kebetulan udah lama juga gak kesana. akhirnya kita kesana buat ngecek tumbuh kembang anak dan akupun ikut ngecek kepadatan tulang.

di Kalcare Outlet aku akhirnya bisa mendapatkan ilmu baru tentang betapa pentingnya menjaga berat badan anak-anak. karena semua akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya nanti saat dewasa. jadi, sekarang kita gak bisa lagi bilang "ah, biarin aja anak aku kurus/gemuk, nanti kalau sudah besar juga akan normal lagi."

Di Kalcare aku di pandu oleh kak Rere sebagai ahli Gizi, pertama kita ngecek abang yang usianya akan menginjak 4 tahun tapi ternyata berat badannya sudah mencapai 28kg dan tinggi 119cm. sedangkan kakaknya yang berusia 5,3 bulan berat badannya hanya 17kg dengan tinggi 108cm.

Penyebab Anak terlalu Gemuk atau kurus.

Abang yang tergolong berlebih berat badan nya harus bisa aku lakukan beberapa hal agar tidak keterusan dan menjadi Over wight, karena nanti semakin dewasa anak, akan semakin sulit untuk di imbagi lagi pertumbuhannya.

Sedangkan si kakak harusnya memiliki berat badan ideal sekitar 20Kg, jadi aku masih punya PR buat naikin berat badan kakak. dan salah satu ikhtiarnya adalah dengan rutin konsumsi Susu pertumbuhan. susu apa yang di sarankan oleh ahli Gizi ? nanti akan aku bahas di bawah. tapi, sebelum itu yuk kita kenali penyebab anak kekurangan dan kelebihan berat badan.

  • Kenali anak apakah memiliki lambung yang kecil/ normal ? ternyata memang benar adanya anak yang memiliki lambung kecil. itu termasuk kakak. tau dari mana ? anak yang memiliki lambung kecil cendrung tidak bisa makan dengan banyak, ketika anak dengan lambung kecil di beri makan yang terlalu banyak akan merasa mual, begah, dan juga ongkek. 
            lalu bagaimana cara mensiasatinya ?
    
        kak Rere sebagai ahli Gizi menyarankan untuk memberikan kakak makan dengan porsi yang kecil ( setegah/seperempat piring ) dalam porsi yang banyak, yaitu 5x dalam sehari. ya porsi kecil dan sering di sarankan.

  • Konsumsi Vitamin dan susu pertumbuhan untuk menunjang tumbuh kembangnya. anak-anak sekarang masih dalam pertumbuhan baik fisik maupun otaknya. maka, alangkah baiknya bila di berikan asupan nutrisi yang baik dan sesuai untuk membantu tumbuh kembang opimalnya.  
Abang yang memiliki berat badan berlebih bukan berarti tidak boleh di berikan susu lagi. kang Rere menyarankan untuk tetap memberikan susu pertumbuhan kepada abang 1x sehari dan di minum menjelang tidur malam untuk membantu stimulasi otak di masa pertumbuhannya.

Sedangkan untuk kakak yang masih memiliki kekurangan berat badan, di sarankan untuk tetap memberikan susu  sebanyak 3x sehari. karena kebutuhan susu perharinya sebanyak 540ml jadi untuk membantu kakak memiliki pertumbuhan badan dan otak yang optimal kak rere menyarakan mengkonsumi susu Chil school dari Morinaga.

Bye the way, kakak dan abang itu tipe yang gak suka minum susu bubuk, apalagi dengan rasa vanila ataupun madu. kalau rasa coklat mereka masih mau, dan aku baru tau ternyata chil school ini ada yang rasa coklatnya. akhirnya aku memutuskan untuk membeli dan mau coba di rutinkan untuk kakak.

Aku penasaran dengan kata-kata kak Rere, 1 bulan di coba konsumsi susu Chil school secara teratur, insyaallah berat badan kakak akan naik. semoga ya. nanti insyaallah akan aku upload setelah 1 bulan. apakah ada perubahan dengan kenaikan berat badan kakak ? 

Oya aku hanya sharing ya, tanpa tujuan lain-lain. aku tertarik beli susu Morinaga Chil School karena ada kandungan probiotik yang dapat melancarkan pencernaan dan juga ada kandungan yang dapat memberikan penyerapan pada makanan lebih maksimal. sehingga anak akan mendapatkan lebih banyak Gizi dari yang mereka makan. 

Kesimpulannya : Susu sangat penting di konsumsi pada anak-anak dalam masa pertumbuhannya. karena dapapt membantu menstimulasi fisik dan juga otaknya. 
  • Untuk abang yang berlebihan berat badannya di sarankan untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi cemilan yang manis-manis. untuk cemilannya bisa di ganti dengan buah dan bisa melakukan banyak aktivitas agar mengimbagi berat badannya. bisa dengan berenang, bersepeda atau kegiatan lain yang banyak mengeluarkan keringat.
Yuk Moms sebisa mungkin kita memberikan yang terbaik untuk kemajuan tumbuh kembang anak kita secara optimal. agar kelak anak-anak kita bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga cerdas. jangan sampai kita memberikan banyak PR untuk tumbuh kembangnya saat dewasa.
chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

1 komentar untuk "Sepenting apa susu pertumbuhan untuk anak ?"

  1. Memang susu pertumbuhan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian anak, aku pun mulai mempertimbangkan pemberian susu pertumbuhan setelah menyapih

    BalasHapus