Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis berkualitas



Sharing time ICC yang ke21 kali ini aku dan teman-teman ICC lainnya bisa mendapatkan insight baru tentang bagaimana cara menulis sebuah Novel yang bagus, laris dan juga Viral. Zoom ini di selenggarakan jam 7 malam oleh Ibu Kafa sebagai Founder dari ICC bersama Mubadalah. dan sebagai pembicaranya adalah Mba hati.

Tulisan ini aku bukan secara khusus membahas tentang Materi yang aku dapatkan semalam saja. tapi aku akan membahas secara umum tentang dunia tulis-menulis. karena menulis ini apapun bentuk tulisanya, kunci nya tetap sama. sebelum membahas lebih dalam ada beberapa poin yang harus ada dalam Mindset kita.

  • Tidak ada yang instan dalam menulis.
  • Latihan kunci keberhasilan.
  • Tidak mudah menyerah dalam menulis.
  • perbanyak kosa kata dengan me

Tulisan berkualitas lahir dari latihan yang tak sebentar. 



Semakin kita Rutin menulis semakin baik kita dalam menyampaikan sesuatnya lewat tulisan, kita akan lebih paham bagaimana formula terbaik kita dalam menulis. dan itulah yang nantinya membentuk perbedaan antara kita dengan orang lain.

Boleh di tanya pada siapa pun penulis hebat menurut kalian semua. Untuk menjadi seorang penulis profesional, yang tulisannya berkualitas semua membutuhkan latihan. begitupun dengan sebuah Novel yang viral. semuanya tidak tiba-tiba. dalam dunia menulis tidak ada yang namanya kebetulan.

Akupun belajar dari pengalaman aku pribadi dalam dunia menulis, meskipun aku paham betul aku belum ada apa-apanya sama sekali. masih banyak banget yang harus pelajari. tapi aku merasakan sendiri bagaimana latihan itu betul-betul membuat aku lebih baik.

Tulisan yang bagus di bangun dengan perencanaan Matang. 



Ketika kita ingin membuat sebuah tulisan ataupun cerita. kita tentu harus membuat jalan cerita yang jelas di awal. kalau mba Hati bilang Konstruksi Cerita. jadi Konstruksi cerita dalam Novel ini seperti kita membuat kerangka tulisan untuk buku non Fiksi ataupun Blog di lingkup yang lebih kecilnya. secara umum kurang lebih seperti itu.

Kalau di dalam Novel lebih detail lagi, karena kita harus bisa menceritakan secara jelas dan tergambar nyata semuanya. seperti tempat, karakter setiap pemeran di dalam novel, begitupun dengan waktu kejadian. gambaran lebih simplenya seperti kita sedang melihat sebuat drama.

Karena aku suka juga drama, jadi aku membuat perumpamaan seperti kita sedang menonton sebuah drama korea, dimana tempat waktu nama  dan karakter setiap peran terlihat dan bisa jelas tergambarkan. 

Kerennya Mba Hati sukses akan ini.  beliau mampu menulis Novel dengan gambaran yang jelas. hingga para pembaca di buat penasaran tentang lokasi yang ada di ceritakan di dalam Novel tersebut. sampai-sampai banyak yang mencarinya di Google Maps.

Catat semua masukan orang lain.



Ketika kita ingin lebih baik, semua masukan yang membangun haruslah kita jadikan sebagai motivasi. memang terkadang ada sebagian orang yang menuliskannya kurang enak untuk kita. tapi selama itu kebaikan coba kita ambil dan jangan di masukkan ke hati.

Promosi.



Ini yang menjadi penutup tulisan aku, promosi ini kalau teh Ani bilang kaya queen nya kalau konten sebagai King. jadi betapa besarnya sebuah promosi. bukan hanya untuk penulis buku saja. seorang blogger pun butuh yang namanya promosi.

Untuk mempromosikan sebuah konten kita harus pandai dalam memilih tempat promosi. karena ini sangat berpengaruh. untuk seorang penulis buku, ketika sukses dalam mempromosikan sebuah dalam hal yang mengembirakan.

Untuk sukses mempromosikan sebuah buku. kita harus bisa membaca target pasar. ada 2 cara yang bisa di lakukan yaitu secara organik dan non organik.

Menurut Mba Hati secara organik adalah dengan kita sendiri ataupun secara Tim mempromosikan tulisan kita langsung ke platform digital. seperti facebook ataupun instagram. secara langsung ini kita akan langsung mendapatkan respon yang jujur dari para target.

Secara non organik bisa dengan cara facebook ads atau instagram ads, dengan cara membayar kita bisa menargetkan sesuai dengan yang kita inginkan dengan jaringan yang lebih luas.

Semua tips di atas bisa kita pelajari dengan cara sungguh-sungguh dan semakin lama kita berlatih akan semakin mahir kita dalam menulis. semoga kita bisa menjadi generasi muda agen perubahan dengan cara yang kita sukai yaitu menulis.

Artikel  ini di Ikutsertakan dalam ODOP ICC X Mubadalah.




chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

40 komentar untuk "Tips Menulis berkualitas"

  1. Wah bagus nih tips-tipsnya, bisa dijadikan referensi. Terima saran itu penting ya Kak, biar kita dapat referensi juga :)

    BalasHapus
  2. makasi ya kak buat tips menulis berkualitas, kepake banget ini biar makin semangat nulis dan menghasilkan

    BalasHapus
  3. Latihan yang konsisten bisa membuat tulisan semakin berkualitas. Karena prosesnya memang gak bisa instan.

    BalasHapus
  4. Membuat tulisan memang tidak bisa instan tiba-tiba langsung bagus, latihan dan siap sabar menerima kalau ada yang menegur misalnya typo atau tidak sesuai EBI

    BalasHapus
  5. Makasih kak tips n ilmunya, berguna banget buat saya yg masih newbie dan perlu banyak belajar menulis

    BalasHapus
  6. Setuju banget :) Jangan nulis cuma karena job :D
    Btw, itu di bulleted keempat kalimatnya terpenggal, Rin. "perbanyak kosa kata dengan me"
    Me- apakah?

    BalasHapus
  7. Beraaaat emang yaah, tapi harus biar ngga jadi tulisan yg ngga ada manfaatnya. Thanks for sharing kak rinaa.

    BalasHapus
  8. Wah iya memang alah bisa karena biasa, practise make perfect jd kuncinya salah satunya adalah rajin menulis ya ..hehe

    BalasHapus
  9. tipsnya menarik, sangat cocok bagi para pemula yg ingin memulai menulis atau menjadi blogger

    BalasHapus
  10. Semua kembali lagi ke penulisnya ya, kalo aku kembali ke niat awal utk berbagi, jadi bikin tulisan yg berguna dan bs dibaca banyak orang

    BalasHapus
  11. Menulis novel itu panjang dan imajinasinya kudu bereaksi juga. Salut sama yang bisa bikin novel menarik terus viral. Saya bisa buat nggak ya, hehe...

    BalasHapus
  12. Iya banget, sampe bisa menulis di tahap berkualitas itu panjang prosesnya. Aku sendiri, walaupun sekarang masih banyak kekurangan, bisa di tahap ini tuh panjang ceritanya. Dari banyak baca tulisan orang, ATM, dan latihan menulis berulang-ulang.

    BalasHapus
  13. Jujur aku suka bgt nulis, tapi g tau tulisan yg aku tulis udah bener atau blm hehe.. btw thx ya tipsny

    BalasHapus
  14. Setuju nih, aku juga lagi belajar nulis lagi , kaya nya release banget kalau udah nulis, tapi ya sekedar kaya curhat aja belum yang profesional

    BalasHapus
  15. tips nya menarik sekalih nih untuk bagi pemula yang baru memulai menulis, semangat menulisnya, kak

    BalasHapus
  16. Bener banget ini tipnya. Terus latihan dan banyak baca tulisan orang adalah kunci dari membuat tulisan yang baik. Aku kebetulan udah 13 tahun jadi jurnalis dan akhirnya jadi redaktur, sampe sekarang masih terus latihan dan baca karya orang buat referensi.

    BalasHapus
  17. Makasih tipsnyaa
    Buatku semua tulisan bagus, yang penting informasi yang akan disampaikan dalam tulisan sampai ke pembacanya dengan mudah dipahami.

    BalasHapus
  18. Poin2nya sangat penting, Kak.
    Bener banget karena menulis berkualitas butuh latihan terus-menerus ya
    Sharing yg amat sangat sarat manfaat ini :D

    BalasHapus
  19. Memulai itu gampang. Yang susah itu selalu konsisten dan nggak gampang menyerah ya, Mbak. Harus latihan tanpa henti. Karena usaha nggak akan mengkhianati hasil. Terimakasih tipsnya, Mbak. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  20. Bagus banget tipsnya apalagi sebagai pemula.saya tadi membacanya dengan seksama dan mencerna pelan-pelan agar bisa mempelajarinya. Terima kasih atas sharingnya

    BalasHapus
  21. Nah kalau kata orang harus bikin kerangka berpikir supaya tidak melebar kemana-mana jadi dengan demikian tercapai deh tujuan dari tulisan tsb

    BalasHapus
  22. Setuju banget dengan saran untuk banyak latihan
    Saya sering baca ulang tulisan lama
    Dan #malu karena jelek banget, rasanya pingin nulis ulang 😀😀😀

    BalasHapus
  23. Baca ini, aku malah salut sama Mbak Rina yang rajin nulis, termasuk tamat juga di ODOP ICC. Tulisan Mbak Rina juga enak dibaca, kayaknya selain sama Mbak Haty ... saya juga perlu belajar dari Mbak :)

    BalasHapus
  24. Saya termasuk yang suka bikin rencana/poin apa saja yang akan dituliskan. Terkadang dalam prosesnya ada saja poin baru yang masuk dan atau poin yang sudah ditulis dihilangkan. Bagi saya pribadi lebih mudah memulai dari rencana daripada memulai dengan word kosong. Hehe

    BalasHapus
  25. Setuju banget dengan semua tips di atas. Kalau bisa semuanya dilakukan, pasti akan keren banget hasil tulisannya

    BalasHapus
  26. Finally baca tips nulis juga akhirnya😂 jujur aku tuh suka ngeblog tp masih belum konsisten..kayanya emg harus banyak latihan sih🥺

    BalasHapus
  27. Masukan orang lain kita catat dan dipilah mana yang memang membangun mana yang tidak ya, sehingga dapat berpengaruh positif juga untuk hasil tulisan nantinya

    BalasHapus
  28. setuju mba terus latihan dan ga berhenti bisa juga baca tulisan yang lain sehingga bisa jadi inspirasi juga

    BalasHapus
  29. setuju nih, semangat terus menulis yaaa :) setiap penulis bakal menemukan pembacanya :) jadi tetap produktif dan bermanfaat :)

    BalasHapus
  30. Setuju soal menulis it harus direncanakan dengan matang supaya tajam dan sesuai dengan yg diinginkan. Jadi gak ngasal gitu

    BalasHapus
  31. Setuju dengan tips-tips berikut ini memang penting banget menulis yang latihan agar memiliki tulisan semakin berkualitas. Beberapa kali juga berusaha rutin banyak membaca agar memperbaharui kosakata dalam penulisan.

    BalasHapus
  32. Bener nih. Butuh latihan yang sering. Terus terkait promosi online bisa juga sebagai media saran dan kritik kan ya atas tulisan yang dihasilkan.

    BalasHapus
  33. Menulis itu sebenernya menurutku termasuk pekerjaan berat. Apalagi klo harus menulis novel. Kayaknya aku bisa pusing tujuh kelililng.

    BalasHapus
  34. Menulis itu harus rajin berlatih terus ya. Aku biasanya latihannya kalau pas ada lomba

    BalasHapus
  35. Tips menulis yang betul semua, perlu latihan terus menerus dan satu lagi jangan baper kalau diberi kritik dan saran. Nice nih tipsnya.

    BalasHapus
  36. Practice makes perfect. Semua memang butuh latihan trutama menulis. Ga ada yg instan, mie instan aja kudu dibikin dulu baru dimakan

    BalasHapus
  37. setuju mbak
    makanya aku sering ikutan odop dan share link artikel di medsos
    makasih tipsnya

    BalasHapus
  38. tips sederhana yang longlast ya
    dulu aku begitupun tapi sekarang ya wes sesempatnya karena kalau didata pun kadang suka beda huhu

    BalasHapus
  39. Promisi ini tahap akhir tapi ngga boleh terlupakan ya Mbak supaya semakin meluas jangkauan tulisan kita. Btw Mubadalah apakah? Sering denger berkaitan dengan Islam kah?

    BalasHapus
  40. Perlu banget ini mah diterapkan. Btw... Selamat menyelesaikan tantangan sebulan ya mbak. Pasti luar biasa management waktunya dan mikirnya.

    BalasHapus