Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ayam Goreng empuk & Rasanya Meresap

 

Today aku mau cerita nih gimana caranya bikin ayam goreng itu empuk kaya di abang-abang pecel ayam. hehe pecinta olahan ayam harus berkumpul dulu di sini biar rame. absen hadir tulis di kolom komentar ya temen-temen semua.  😄

Aku di rumah bisa di bilang yang cukup sering mengolah Ayam. kadang di goreng, di buat soup, ayam bakar, ayam kecap dan aneka olahan ayam lainnya. sejujurnya kadang aku yang masak sering ngerasa bosan. tapi anak ku nggak pernah bosan sama ayam. apalagi anak ku  yang cowok itu memang pecinta ayam apalagi kalau di buat ayam goreng tepung. ( bahasa anak ku adalah ayam kiuk. hehe ) mungkin karena suara dari makan ayam itu kriuk-kriuk ya. jadi dia buat sebutan ayam tepung itu jadi ayam kiuk.

2 jenis olahan yang paling sering aku buat adalah ayam goreng dan ayam tepung. 2 jenis ini aku buat karena paling praktis dan paling enak cocok untuk anak-anak. sekarang aku sharing nih gimana caranya bikin ayam goreng lembut dan rasanya meresap saat di makan. 

Bahan-bahan :

  1. Ayam 1 Ekor
  2. Bumbu Racik ayam goreng 1 bungkus
  3. Bumbu racik tempe goreng
  4. Daun salam 5 lembar
  5. Sereh 2 batang ( Geprek )
  6. Jahe 1 ruas ibu jari ( Geprek )
  7. Lengkuas 1 ruas ibu jari  ( Geprek )
  8. Duo Bawang 2 butir  ( Geprek )
  9. Minyak untuk menggoreng


Cara Memasak :

  1. Cuci Bersih Ayam dan hilangkan bau amisnya. bisa dengan 1 buah jeruk nipis atau cuka secukupnya kurang lebih 2 sendok makan. kalau pakai jeruk nipis bisa di diamkan dulu sekitar 5-10 menit sebelum di olah. kalau pakai cuka biasanya aku langsung cuci lagi jadi gak di diamkan takut jadi asam. hehe kemudian sisihkan.
  2. Dalam wajan masukan air kurang lebih 200-300 ml di sesuaikan dengan ukuran ayam besar/kecil. didihkan air. setelah mendidih masukan 1 bungkus bumbu racik ayam goreng dan 1 bungkus bumbu racik tempe kalau suka yang agak asin. kalau gak mau terlalu asin 1/2 bungkus bumbu racik tempe goreng. kemudian masukan daun salam, sereh, jahe, lengkuas, dan duo bawang masak sampai mendidih.
  3. Setelah rebusan air bumbu mendidih, masukan Ayam yang sudah di bersihkan tadi aduk ayam biarkan tertutup rata dengan air rebusan. rebus cukup sekitar 5 menit saja atau sampai ayam menyerap warna kuningnya. lalu matikan api.
  4. ini yang menjadi salah satu rahasia dari ayamnya. setelah ayam hangat masukkan ayam ke dalam plastik Ziplock kalau tidak punya bisa ke wadah tertutup rapat. aku biasanya pakai wadah lock and lock. kadang kalau gak mau ribet masih panas ayamnya aku masukin langsung ke wadah. jangan di tiru ya  hehe kecuali mepet.
  5. Setelah ayam di masukkan ke wadah tertutup atau plastik ziplock masukkan ayam ke dalam kulkas dan biarkan semalaman. kalau mau di diamkan 2 malam juga ok jadi makin meresap ayamnya.
  6. Setelah ayam di diamkan dalam kulkas sehari atau 2 hari. keluarkan ayam lalu ungkep lagi ayam sampai air mengering. ayam siap untuk di goreng. 
  7. Siapkan Minyak panas di wajan dan goreng ayam yang sudah di ungkep tadi menggunakan api besar agar ayam terasa lebih garing dan lembut di dalam. selamat mencoba ya semoga suka.

Itu cara yang biasa aku buat untuk menghasilkan ayam goreng yang enak dan akan-anak selalu suka kadang 1 ekor untuk 1 hari abis. oya aku pakai bumbu racik ayam karena sekarang udah males banget nguleg kunyit hehe jadi pakai yang simple. buat kalian yang gak suka pakai bumbu racik bisa menggolah sendiri bumbu ayamnya ya. bumbunya pun mudah kok duo bawang, merica, ketumbar, kunyit dihaluskan di tambah rempah yang sudah aku sebutkan di atas. 

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

19 komentar untuk "Tips Ayam Goreng empuk & Rasanya Meresap"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Gak pernah kepikiran campurin bumbu racik ayam dan racik tempe. Trims resepnya Kak. Keknya bakal enak nih

    BalasHapus
  3. Waahh makasih sharing resepnya mba. Anakku jg suka banget ayam tepung hihi. Next mau coba aahh

    BalasHapus
  4. Aku jga tim sering masak ayam, hahah
    Menu simple yg praktis trus pake bumbu dasar hasil blender krna ga bsa uleg halus

    BalasHapus
  5. Wah ternyata bumbu racik ayam dan bumbu racik tempe kalo dikombinasikan dengan pas, bisa jadi ayam empuk yummy. Makasih resepnya mbakk..

    BalasHapus
  6. Asyiiiiiik! pas banget mbak rina aku lagi gak semangat masak, tapi kalau ada resep sesimple ini dan dengan bahan yang mudah dicari, okelaaaaah aku pasti coba. Ayam, aku kadang mikir, kenapa ayam gorengku beda banget kaya yang dijual gitu, perasaan resep ayam tu sama aja kan ye, eeee ternyata memang ada trik-triknya ya. Duh, pokoknya thankiss banget mbak rina untuk resep ini. Ditunggu resep-resep simple lainnya

    BalasHapus
  7. asyik dapat resep baru, btw mendiamkannya lumayan juga ya 2 hari. tapi boleh juga dicoba. itu pas dimasukkan wadah sekaligus airnya juga ya mbak rina?

    BalasHapus
  8. nahlo, aku belum pernah nih nyampur bumbu racik ayam sama tempe, biasa makenya ya masing-masing, wkwkw.. boleh deh kucoba entar :D

    BalasHapus
  9. wah aku baru tahu mbak rina ternyata lebih empuk kalau didiemin semalem ya, dan aku belum pernah coba tuh pake tepung tempe juga. penasaran bentuk jadinya, kaya ayam ungkep biasakah?

    BalasHapus
  10. Wow mau kucobain resepnya teh Rina, langsung eksekusi ah... Ternyata itu tips nya biar bumbu Meresapi harus di kulkasin lagi ya, pantesan aku sering buat bumbunya kurang Meresapi wkwkwk

    BalasHapus
  11. Baca ginian doang, udah bikin laper mbaak. Ayam goreng memang pinter banget ngerayu. Ibuku kalau di rumah masak juga sukanya pake bumbu racik, ntar aku kasih tahu resep ini deh

    BalasHapus
  12. Jadi begini rahasia sukses goreng ayam jadi empuk, makasih mba aku butuh banget ini hahaha selama ini berarti caraku salah ehehehe

    BalasHapus
  13. Oalah gitu ya, Mbak. Di diemin di kulkas 1 atau dua hari, diungkep lagi baru di goreng. Saya mah biasanya diunkep langsung di goreng, Hhehehehe. Makasih resepnya, mbak.

    BalasHapus
  14. resepnya sedikit panjang dan detail sekali cara membuatnya, kenapa saya jadi lapar ya, hehehe


    Thanks sharing memasaknya

    BalasHapus
  15. hai kak rina,
    aku juga kadang pake racik ayam goreng sih, praktis tapi enak. aku tambahin salam sereh dan laja biar tambah wangi. tapi belum pernah tuh di tambah racik tempe goreng, cobain ah

    BalasHapus
  16. Pas banget nih yang aku cari, kadang tuh klu masak ayam dagingnya kurang empuk. Thank you kak tipsnya

    BalasHapus
  17. wah sepertinya bisa nih ku coba masak di kos kak, hihi,, makasih resepnya,, kliatan nikmat bgt buat makan malam nih

    BalasHapus
  18. Eh, bisa ya dipadukan begini ternyata, bumbu racik ayam sama tempe. Rasa hasil akhirnya lebih gurih atau gimana, Mbak?

    BalasHapus
  19. Mantap resep nya, dapat ilmu baru dalam perdapuran ini haahaha makasih ya mba

    BalasHapus