Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Terakhir Syeikh Ali Saleh Mohammad Ali Jaber


pesan-Syeikh-ali-jaber
source : ig syaikh ali jaber

Kamis kemarin ( 14 januari 2021) menjadi sebuah kesedihan untuk kita semua. dimana Syeikh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau biasa di kenal dengan Ustadz Ali Jaber menghembuskan Nafas terakhirnya pada pukul 08.38 pagi di Rumah sakit. kabar kepergian syeikh Ali pun cepat sekali terbesar dalam hitungan menit kabar tersiar luas sampai hampir semua status teman-teman aku pun status berita duka.

Betapa terasa kehilangannya kita semua. aku yang tidak pernah bertemu secara langsung pun merasakan sekali betapa sedih dan ada rasa kehilangannya. bagaimana orang-orang yang biasa datang ke Taklimnya, bagaimana dengan para sahabat dan keluarga beliau. pasti lebih teramat dalam rasanya.

"Kulu Nafsin dzaiqotul maut".
sesungguhnya semua yang bernyawa pasti akan merasakan mati.


Itulah yang perlu selalu kita ingat. sejauh apa bekal yang suah kita siapkan untuk menuju kehidupan yang kekal abadi ? Dunia ini sesungguhnya hanyalah tempat kita bercocok tanam mengumpulkan sebanyak-banyaknya amal baik untuk menuju kehidupan yang kekal abadi.

Ciri-ciri Akhir Zaman.

Meninggalnya Syeikh Ali Saleh Mohammad Ali Jaber menjadi bukti semakin dekatnya kita dengan hari Kiamat. di antara banyaknya tanda-tanda kiamat. Wafatnya ulama dan banyaknya Musibah yang terjadi adalah bukti nyata. awal tahun ini mungkin bukan hanya untuk aku saja tapi kita semua merasakan betapa beratnya. 

Bencana alam banyak terjadi dimana-mana mulai dari banjir, longsor, pesawat Jatuh ada beberapa orang yang kita kenal pun pergi untuk selamanya. sungguh ujian terberat untuk kita semua. semoga Allah memberikan kita kelapangan hati, kekuatan, serta ketabahan untuk menjalani ini semua. 

"Inna ma'al usri yusro."
sesungguhnya setelah kesulitan akan ada kemudahan.


Back to topic. Kemarin aku membuka salah satu grup Whatsapp ada yang memberikan sebuah video yang berisi ceramah Syeikh Ali Saleh Mohammad Ali Jaber. dan video ini sungguh sangat menyentuh buat aku dan aku ingin merangkumnya juga untuk kalian. sekaligus sebagai Remainder juga buat aku pribadi. manusia adalah tempatnya salah dan lupa. maka salah satu cara mengikat ilmu adalah dengan tulisan.

Pada Video tersebut, Syeikh Ali Saleh Mohammad Ali Jaber memberikan pesan kepada kita semua untuk menjaga 3 Amalan. yaitu :

Jangan Tinggalkan Ayat Kursi setelah habis Sholat dan sebelum tidur.


pesan-syaikh-ali-saleh-mohammed-ali-jaber

Ini mejadi pesan pertama yang di sampaikan oleh beliau. mengapa ? karena Rosulullah bersabda yang artinya : 

 "Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah habis sholat di jamin masuk syurga, dan tidak ada sesuatu apapun yang menghalanginya masuk surga"

Sesibuk apapun kita biasakanlah untuk terus merutinkan membaca Ayat kursi sehabis sholat. meskipun terburu-buru tetap lakukan dan untuk dzikirnya bisa kita lanjutan meski di jalan. karena betapa dahsyat pahala yang bisa kita peroleh dari membaca ayat kursi.

Sebelum tidur pun kita di anjurkan untuk membaca ayat kursi agar di jaga oleh Allah dan tidak akan di dekatkan oleh syetan. ada baiknya kita pun membiasakan anak-anak kita untuk membacanya sebelum tidur. bila anak kita masih kecil atau belum hafal. kita bisa membacakannya untuk mereka sambil mengusap kepalanya.


Jangan Tinggalkan Sholawat kepada Nabi Muhammad shollallahu alahi wasallam.


pesan-syaikh-ali-saleh-mohammed-ali-jaber

Berapa kali ? Minimal 100x dalam sehari karena 1x kita bersholawat akan mendapatkan 10x rahmat. salah satu wasilah Allah mengangkat bala adalah dengan rahmat. itulah mengapa betapa pentingya kita bersholawat. ketika rahmat ada bala tidak akan ada. dalam keadaan banyak musibah seperti ini maka sangat di anjurkan kita untuk memperbanyak sholawat.

tata caranya seperti apa ? seperti yang kita bisa dan biasa di lakukan. tidak perlu mempermasalahkan tehniknya. misal dengan sayyidina ataupun tanpa sayyidina. karena keduanya boleh.  mau bersholwat yang panjang atapun pendek juga boleh. 


Jaga Sedekah Subuh.


pesan-syaikh-ali-saleh-mohammed-ali-jaber

Ini adalah Amalan ketiga yang perlu kita biasakan. sedekah di subuh hari gimana caranya ? tentu akan sulit kita lakukan bila subuh hari harus mencari orang miskin dan yatim untuk kita berikan sedekah kita. tapi bisa kita lakukan dengan menyimpan celengan atau kotak amal di rumah kita. setiap anggota punya masing-masing dan sehabis subuh sebelum kita melakukan aktifitas harian kita bisa isi sedekah kita.

Berapa Nominalnya ?

Bebas. semampu kita dan sebisa kita. ada satu rahasia dari berkahnya sedekah subuh yaitu ketika kita mengisi kotak amal kita disubuh hari jangan lupa untuk berdoa. karena saat bersedekah dan berdoa. doanya di jamin maqbul ( diterima / di kabulkan) dan hajatnya pun diterima.

Bagaimana caranya ? 

Ketika kita memasukan uang kedalam Kotak amal kita. baca doa seperti ini " Ya Allah aku mohon dengan berkah sedekah subuh ini...............( Apapun doa yang ingin kita minta ) saat bersedekah subuh baiknya minta 1 hajat. lakukan secara rutin.

Itulah 3 Pesan dari Syeikh Ali Saleh Mohammad Ali Jaber yang bisa aku rangkum. buatku ini seperti menjadi pesan terakhir yang semoga bisa kita biasakan di kehidupan kita sehari-hari. Beliau adalah Guru sekaligus Dai Ilallah. insyaallah Syahid dan mendapat tempat terbaik di Sisi Allah Subhanahu wa taala. Aamiin..........




chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

12 komentar untuk "Pesan Terakhir Syeikh Ali Saleh Mohammad Ali Jaber "

  1. Pesan yang indah dan sangat baik ya kak.. Amin semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi Allah yang Maha Esa.

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tulisannya, insha Allah akan diamalkan. Semoga kita semua dalan lindungan-Nya

    BalasHapus
  3. Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Kesedihan datang secara berurutan ya mba, semoga kita yang masih didunia bisa lebih baik lagi keimanan dan ketakwaan kepada sag pencipta. Agar bekal akhirat nya banyak 🥺

    BalasHapus
  4. Saya sendiri walaupun bukan muslim sering juga sih nonton dakwah beliau. Meyejukkan dan mempersatukan

    BalasHapus
  5. Kesedihan mendalam juga aku rasakan mba. Di tahun ini banyak sekali alim ulama wafat, seperti ust. Arifin Ilham, dan beberapa ustadz di daerahku mba. Al Fatihah buat syekh Ali Jaber dan ulama-ulama kitq

    BalasHapus
  6. Sebentar lagi Ramadhan tiba, dan kita tidak akan lagi melihat syekh Ali Rahimahullâh yang kerap memberikan tausiyah jelang berbuka ya. Namun pesan tersebut semoga bisa kita terapkan istiqomah

    BalasHapus
  7. Baca ini jadi semakin teringat akan kebaikan beliau jadi makin kehilangan .. semoga bisa melaksanakan perintah2nya....

    BalasHapus
  8. Masya Allah.... Sungguh bahagia ya orang alim. Setelah meninggal banyak yang mendoakan dan terus mengamalkan ajarannya. Insya Allah jadi amal jariah untuk alm.

    Ayat Kursi, shalawat minimal 100x, sedekah subuh. Noted.

    BalasHapus
  9. Aku suka sama ustad Ali Jaber, karena beliau menyejukkan dan gak pernah kasar omongannya.

    BalasHapus
  10. MasyaAllah merasa kehilangan bangett dengan kepergian ulama satu persatu. Termasuk Syekh Alii. Ikut sakit rasanya hatii ini.

    BalasHapus
  11. Iya,banyak yang merasakan sekali kehilangan sosok sosok ulama belakangan ini, salah satunya ya Ustadz Ali Jaber. Saatnya kita juga banyak belajar untuk menjaga ilmu.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, meninggalnya orang sholeh dengan meninggalkan ilmu yang bermanfaat. Semoga pahalanya terus mengalir untuk almarhum. amiin

    BalasHapus