Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulis adalah Seni


menulis-adalah-seni

Salah satu hal yang perlu aku syukuri adalah bisa sampai di pertengahan ODOP ICC ( One day One Post indonesian contenc Creator ) ini. sekarang aku mau ngebahas sebuah tema yaitu Seni di Day 14 Odop Icc. Karena aku gak mahir dalam sejarah. maka aku tidak membahas seni dalam konteks sejarah ya. tapi aku akan membahas seni di mata seorang Blogger.

Di mata seorang Blogger. Menulis bisa di artikan sebagai seni. seni dalam hal apa ? tentunya dalam hal meramu kata. mengolah kata demi kata. kalimat demi kalimat menjadi sebuah karya tulis yang enak untuk di nikmati. jadi. karena esensi dari sebuah tulisan adalah untuk di nikmati. Maka menulis bukanlah sembarang menulis. 

Seni Menulis adalah tentang cara Penulis dalam Menyampaikan sudut pandangnya kemudian ia tuliskan dengan sebuah kalimat yang dapat di pahami dan mudah untuk di mengerti. Maka sebagai penggiat Literasi Khususnya seorang blogger kita di tuntut harus pandai dalam memahami sebuah buku Bacaan ataupun sebuah situasi.

Seni menulis buatku Unik. itulah mengapa setiap orang memiliki ciri khas yang berbeda-beda tentang tulisannya. baik penulis Novel, penulis Komik, Penulis jurnal sekalipun mereka punya khas nya masing-masing. meski berbeda gaya penulisan,  ada beberapa poin sebenarnya yang tetap harus di perhatikan dalam menulis. teruntuk kita sebagai blogger. di antaranya adalah sebagai berikut :


menulis-adalah-seni

> Menulis dari hati.


Seni menulis akan amat terasa ketika kita menulis dari hati. maksudnya adalah menulis secara tulus dengan hati. tidak berlebihan tidak juga asal menulis apalagi menulis dengan penuh ujaran yang negatif. menulis dari hati akan sampai kepada para pembacanya. sehingga akan ada nilai yang bisa di ambil dari sebuah tulisan.

Menulis dengan kaidah yang benar.


Ketika kita menyebutkan "Menulis adalah sebuah seni" tentu tidak mungkin bisa di sebut seni kalau di buat dengan asal-asalan kan. seni itu indah dan dapat di nikmati. hakikatnya seperti itu. bukan tidak boleh seorang penulis ataupun blogger menulis dengan bahasa yang santai. menurutku boleh-boleh saja karena itu bisa menjadi ciri khas tulisan seseorang. hanya saja yang perlu di perhatikan adalah serapan kata yang harus sesuai dengan kaidah kepenulisan.


Perbaharui Seni.

Seni dalam menulis tentu tidak sama dengan seni yang berbentuk Fisik ( seperti patung, maupun lukisan ) yang cukup hanya dengan di rawat dan bisa di nikmati. Menurutku Seni menulis harus selalu di perbahrui. karena Zaman terus berputar dan prilaku sosial pun tentu berubah-ubah.

Perbaharui seni menulis dengan terus belajar dan berlatih layaknya seorang seniman yang terus berproses. dari hal-hal sederhana yang ia buat lama-lama akan menghasilkan sebuah Maha karya yang luarbiasa. itupun berlaku untuk kita sebagai blogger. semakin sering kita melatih diri kita dengan menulis dan membaca. kita pun bisa menghasilkan sebuah Mahakarya. 





chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

1 komentar untuk "Menulis adalah Seni"

  1. Menulis tuh kadang jadi terapi kalau hati lagi gundah mbak. Semangat terus ya mbak. Jangan lelah menulis

    BalasHapus

Berlangganan via Email