Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menciptakan Lingkungan rumah ramah anak di masa pandemi


lingkungan-ramah-anak-di-masa-pandemi

Kita pasti bisa merasakan betapa bosannya kita dan anak-anak yang banyak melakukan semua kegiatan di rumah. dari bangun tidur sampai tidur lagi. semua hanya di lakukan di rumah. rumah menjadi tempat dimana kita banyak menghabiskan waktu. lalu bagaimana cara kita agar tidak bosan meski hanya berdiam di dalam rumah saja ?

Bagi anak-anak rumah bukan hanya sekedar rumah. rumah adalah tempat mereka melakukan segala aktifitas. mulai dari tidur main bahkan bermain bola pun sekarang di lakukan di rumah. maka, menciptakan rumah sebagai tempat ternyaman anak-anaak adalah kewajiban kita. terutama di masa pandemi seperti ini.

Ketika kita bisa menciptakan suasana rumah yang nyaman, anak tidak akan lagi mengeluh bosan meskipun hanya dirumah. anak ku juga beberapa kali bilang mereka merasakan bosan. jadi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengubah rasa bosan itu.

Dekorasi ulang rumah



lingkungan-ramah-anak-di-masa-pandemi

Mendekorasi ulang bukan berarti kita perlu mengeluarkan budget yang luarbiasa mahal karena merombak semuanya. bukan seperti itu yang aku maksud. kita bisa melakukan dengan cara yang sederhana. misalnya, yang tadinya kita memiliki ruang tamu yang besar penuh dengan sofa dan meja, sekarang kita bisa menbenahinya sementara dan ruang tamu bisa kita sulap menjadi tempat bermain anak.

Di masa pandemi kita tentu tidak akan ke datangan tamu juga kan. bahkan kita pasti sangat membatasi orang bahkan saudara sekalipun untuk bermain di rumah. apalagi untuk kita yang mempunyai anak-anak kecil. kita pasti lebih aware lagi.

Membuat playground untuk anak-anak tidak harus membeli semua permainannya kok, kita bisa menyewa kalau memang tidak memiliki budget yang besar, banyak sekali tempat penyewa mainan anak-anak. apalagi untuk tipe anak yang bosenan. baiknya memang sewa saja biar kita bisa rombak tanpa perlu bingung nantinya.

Selain ruang tamu yang bisa kita ubah, Kamar tidur anak yang mulai lusuh pun bisa kita cat ulang atau dengan memberikan Wall Stiker dengan karakter kesukaan anak-anak. tidak perlu yang mahal-mahal. karena di lapak online pun sudah sangat banyak aneka wall stiker murah dengan kualitas bagus.

Lakukan Kegiatan seru setiap harinya


lingkungan-ramah-anak-di-masa-pandemi

Menciptakan rumah yang ramah anak bukan hanya sekedar mendekorasi ataupun merombak rumah yang lebih asik buat anak-anak. tapi juga bisa dengan membuat kegiatan seru harian yang bisa kita lakukan bersama anak-anak. dengan kegiatan tersebut anak-anak akan merasa happy dan mereka pasti tidak bosan lagi.

Kegiatan apa aja sih yang bisa kita lakukan ?

Pastikan membuat kegiatan yang anak sukai. anak berusia 3 tahun keatas sudah bisa kita ajak diskusi kan. kita bisa membuat beberapa list kegiatan dan mulai diskusikan. ketika anak sudah setuju dan mereka suka. kita bisa mulai melakukan 1 kegiatan untuk 1 hari.

Ada beberapa kegiatan yang paling sering anak-anak ku lakukan. yaitu bermain bebas ( bermain apapun yang mereka mau untuk mengasah motoriknya) bermain peran ( ibu-ibuan, dokter-dokteran, sekolah-sekolahan ) seperti kegiatan yang waktu aku kecil lakukan dan aku suka. begitupun dengan anak sekarang yang masih menggemari itu.





chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

Posting Komentar untuk "Menciptakan Lingkungan rumah ramah anak di masa pandemi"

Berlangganan via Email