Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karir seorang Ibu Rumah Tangga



Judul yang cukup kontroversi ya. karir apa yang sebenarnya di dapatkan oleh seorang ibu yang menjadi ibu rumah tangga. seperti yang kita tahu. sebagai ibu rumah tangga. kita hanya fokus berdiam diri saja di rumah. bergelut dengan tugas Domestik yang tidak ada habisnya. benerkan ? apalagi bila kita hidup dengan anak-anak yang super aktif.

Menjadi Ibu Rumah tangga adalah Karir.



Yaa, begitulah pandangan aku. menjadi seorang ibu rumah tangga menurutku karir juga yang perlu kita capai dan usahakan hingga sukses. apa yang perlu di usahakan ? tentunya membangung kehidupan rumah tangga yang harmonis, dan ketika kita memiliki anak, kita bisa berusaha sekuat mungkin untuk menjadikannya sukses. 

Karena, membangun dan menjaga kehidupan rumah tangga yang selalu harmonis itu bukan perkara yang mudah. apalagi dengan anak yang sukses semua. ketika kita berhasil mewujudkan itu dalam rumah tangga kita. menurutku kita berhasil dalam mencapai karir yang cemerlang.

Awal menikah bisa di pastikan rumah tangga akan baik-baik saja. kalau kebanyakan orang bilangnya lagi manis-manisnya rumah tangga. tapi, ketika rumah tangga ini sudah berlangsung lama bohong kalau ada yang bilang tanpa masalah.

Masalah banyak timbul darimana saja asalnya. bisa dari faktor internal seperti ketidakharmonisan hubungan suami istri, dari kesalahpahaman, komunikasi yang tidak baik, maupun dari faktor external seperti dapat hasutan orang lain. semua itu merupakan ujian bagi setiap rumah tangga.

Berkarir di rumah tentu berbeda.

Berkarir seperti yang di pahami secara umum adalah ketika kita sukses di dalam dunia kerja. ketika kitabisa berhasil naik pangkat ataupun bisa berkarir di dunia kerja dengan penghasilan yang luarbiasa besar. ini tentu berbeda dengan kita yang berkarir di dalam rumah.

Tolak ukur kesuksesan aku yang menjadikan peran aku sebagai "Ibu rumah tangga" adalah karir bukan perkara Finansial yang di peroleh tentunya. karena menjadi ibu rumah tangga tentu tidak menghasilkan uang. tapi malah sebaliknya.

Betapa pentingnya keselarasan antara suami dan istri atau antara seorang ibu dan seorang ayah. ketika seorang ayah sukses berkarir di dunia kerja. kita sebagai seorang istri harus bisa sukses juga berkarir di rumah dengan mendidik anak-anak kita menjadi anak-anak yang sukses.. ( dalam cakupan luas ya ).

Perempuan itu hebat.



Aku jujur salut banget kepada para perempuan di luar sana. terutama para ibu-ibu yang bisa sukses berkarir. bukan hanya sukses di rumah saja. tapi juga di dunia kerja di luar. aku kasih jempol deh. aku banyak bergabung di komunitas yang para ibu-biunya itu keren-keren banget. aku salut pada mereka semua. 

Bagun  pagi mereka sudah membersihkan rumah dan menyiapkan sarapan untuk keluarga kemudian lanjut lagi bekerja. pulang kerja mereka masih bisa bermain dengan anak-anaknya. seolah tenanga mereka tidak ada habisnya untuk melakukan itu setiap hari.

Sempat berfikir untuk melakukan hal yang sama seperti itu. tapi balik lagi aku tidak bisa melakukan semuanya sekehendak aku ketika sudah menikah. apapun yang ingin aku lakukan harus di diskusikan dulu demi kebaikan keluarga yang sudah aku bangun. terlebih anak-anak kuj juga tidak mau kalau aku berkerja. dan hati kecil ku pun mungkin ada perasaaan tidak mau untuk  meninggalkan mereka. 

Itulah salah atu alasan yang membuat aku ingin sukses dengan menjadi seorang ibu rumah tangga. Bye the way menjadi seorang ibu bukan berarti aku tidak bisa menggembang diri aku ya. seperti mengasah skill-skill yang sudah terpendam lama. karena meski menjadi seorang ibu ternyata aku masih punya waktu tersisa untuk mengembangkan diri aku menjadi pribadi yang lebih baik juga.

Aku menjadikan menulis sebagai skill yang bisa aku seriuskan meski menjadi seorang ibu. menulis tidak membuat aku meninggalkan anak-anak. dan sukanya lagi menulis itu bisa aku lakukan dimana pun tempatnya termasuk di rumah. bonus dari keseriusan itulah yang kadang mendatangkan pundi-pundi yang memang tak seberapa tapi tetap perlu di syukuri. 

Intinya, apapun pilihan kita untuk berkarir selama itu baik jalanilah dengan serius, berkarir di rumah atau pun di luar rumah semua baik-baik saja selama kita serius. jangan pernah menyesali apapun keputusan yang sudah kita lakukan.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

20 komentar untuk "Karir seorang Ibu Rumah Tangga"

  1. Kita ibu rumah tangga pun mempunyai karir yang mulia dirumah yaitu mengantarkan anak-anak dan Suami menjadi orang sukses, karir dirumah saja sudah berat menurutku, apalagi harus menambah diranah publik, sepertinya menulis memang pilihan tepat saat ini.

    BalasHapus
  2. Hebat loh ibu rumah tangga itu.. pekerjaan nya gak habis2 tapi tetep strong hehe. Yg sebel adalah ada orang yang bilang irt gak punya kerjaan. Huh belum tau aja dia. Coba aja dia jadi irt sehari aja

    BalasHapus
  3. Membaca tulisan mbak rina untuk mengawali pagi ini adalah sesuatu hal bagiku untuk memulai hari ini dengan penuh semangat, tulisan yang singkat tapi pesannya dapet deh, duh paling seneng aku ngomongin tentang perempuan gini, entah berkarir di rumah atau diluar rumah semuanya perempuan hebat. Betul mbak rin, intinya adalah harus produktif. Seorang Ibu itu harus produktif dan bahagia.

    BalasHapus
  4. Yes saya setuju. Ibu rumah tangga adalah karir. Lagipula pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sekarang juga nggak bisa dianggap sebelah mata ya karena emak2 zamn now juga pada produktif. Meski tinggal di rumah saja tapi tetap bisa punya penghasilan sendiri

    BalasHapus
  5. Keluarga besar saya kebanyakan pekerja kantoran, termasuk perempuannya. Makanya bisa dibilang keputusan saya untuk menjadi ibu rumah tangga cukup mengagetkan. Meskipun gak ada yang nyinyir. Dan alhamdulillah saya menikmati kehidupan sebagai ibu rumah tangga. Udah gitu sekarang di keluarga besar juga semakin banyak yang jadi IRT :)

    BalasHapus
  6. alhamdulillah aku merasakan keduanya, menjadi full time mom di rumah aja, dan ibu yang bekerja, keduanya sama hebatnya, sama luarbiasanya, sama-sama memiliki tantangan yang aku yakin membawa kenikmatan masing-masing.

    BalasHapus
  7. Aku belum menikah mbak. Sering bimbang juga kalau bahas karir sebagai pekerja atau ibu rumah tangga. Tapi apa pun pilihan kita, harus dijalani dan disyukuri yaa. Semua perempuan itu memang hebat

    BalasHapus
  8. Bahwa membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis, dan ketika kita memiliki anak, kita bisa berusaha sekuat mungkin untuk menjadikannya sukses ... saya sependapat menjadi hal yang tak mudah maka perlu diupayakan semaksimal mungkin.

    BalasHapus
  9. berkeluarga pasti belajar membina hubungan yang baru dengan pasangan. Saling melengkapi dan memahami. Berumahtangga bearti siap untuk mengalah ya kak

    BalasHapus
  10. Setuju sekali Mba Rina, aku rasa God punya rencana yang indah dan karier yang indah bagi kita masing_masing.. Baik kerja dari rumah, full time mom ataupun mom yang kerja kantoran ^^

    BalasHapus
  11. Selalu kuat ya ibu rumah tangga, hebat bisa semangat mengurus keluarga dengan baik!

    BalasHapus
  12. Ibu rumah tangga, ibu bekerja di kantoran, ibu bekerja dari rumah .... semuanya hebat. :)

    BalasHapus
  13. Duaduanya hebat, semua ibu hebat. Meski punya skala prioritas masing2 aku jugapercaya sihh ibu pasti mau yg terbaik untuk anak2nyaa

    BalasHapus
  14. Saya dulu perempuan kantoran pas hamil anak pertama langsung resign karena ingin fokus mendidik anak,.... alhamdulillah tau rasa jadi wanita karir, tau rasanya jadi IRT...hehe

    BalasHapus
  15. jaman sekarang mah semua perempuan bisa kok berkarir dari rumah, jadi bisa tetap banyak waktu sama anak tapi juga menyalurkan aspirasi kita juga tuh dengan menekuni apa yang kita suka

    BalasHapus
  16. Pada umumnya setiap ibu adalah luar biasa kk. Apalagi dengan sejuta pekerjaan di rumah serta mimpi yang harus diredam demi anak-anak dan keluarga.

    BalasHapus
  17. Saya aih kurang setuju dibilang karir. Itu pilihan hidup sih.

    BalasHapus
  18. Semangat mom rina, apapun pilihan kita, yang terpenting adalah kita memilih pilihan tersebut tanpa paksaan dan secara sadar serta bahagia menjalaninya. Karena ibu yang bahagia akan membuat suasana rumah selalu menyenangkan :)

    BalasHapus
  19. jadi ibu rumah tangga itu adalah karir berhadiah pahala dan kebahagiaan berlipat ganda. walau dibalik semua itu ada kurang tidur, badmood, stress dan lelah tiada akhir. tapi sebanding ya

    BalasHapus
  20. Betul Jangan pernah menyesali keputusan yang sudah kita buat bertanggung jawab lah dan jalani dengan sukacita mau karir di rumah atau di luar itu sama saja.

    BalasHapus