Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa tradisi dalam keluargamu ?



Tema Odop kali ini cukup muter otak sih menurutku. aku kesulitan untuk menulis tentang sebuah tradisi atau budaya. aku pun tidak punya kapabilitas tentunya untuk membahas tentang sebuah tradisi yang ada pada sebuah negara. misalnya tradisi di negara kita. jadi, aku ingin membahas sesuatu yang ringan dan santai untuk di baca. 

Bila membahas sebuah tradisi di dalam sebuah negara. tentu kita hanya tinggal membuka google dan kita dapat menemukan semua informasi tersebut di sana. dari sumber yang juga dapat di percaya. maka, di setiap tulisan yang aku buat. aku lebih ingin sharing sesuatu yang memang tidak kita dapatkan dari yang lain. karena, menurutku pengalaman adalah sebuah guru yang berharga.

Kita bisa belajar darimana pun termasuk dari pengalaman orang lain. dengan belajar dari pengalaman orang lain akan membantu kita memperluas dan memperdalam pola pikir kita. membuat kita dapat melihat sudut pandang lain dari sebuah situasi. Sebelum lebih dalam berbincang soal tradisi. kita perlu samakan persepsi kita dulu ya tentang tradisi ini.

Apa itu Tradisi ?


apa-itu-tradisi

Secara umum yang bisa di pahami. tradisi adalah sebuah kebiasaaan atau adat istiadat. baik di lingkup kecil seperti keluarga maupun yang lebih besar yaitu dalam masyarakat baik berupa norma maupun tingkah laku. perbuatan yang sering di lakukan secara sama terus menerus hingga membentuk suatu aturan yang sudah bulat. jadi baik dalam ruang lingkup yang lebih kecil maupun besar. pasti punya tradisi yang berbeda-beda ya. 


Pentingkah sebuah Tradisi ?

Gimana menurut kalian ? pentingkah ada sebuah tradisi ? kalau menurutku tentu penting banget. karena dari sebuah tradisi itulah norma-norma dan nilai-nilai baik terbentuk dan bisa menjadi ciri khas sebuah keluarga maupun negara. bila kita searching di setiap desa, Kota maupun negara sekalipun pasti punya tradisi yang berbeda-beda ya. 

Berbicara soal tradisi. aku jadi penasaran deh. tradisi apa aja yang ada di keluarga ataupun kota kalian ? sharing yuk di kolom komentar. makin banyak yang komentar pasti bikin kita lebih luas lagi sudut pandangnya.


Manfaat dari adanya sebuah Tradisi.

  1. Menciptakan sebuah ciri khas. ini yang terlihat ketika dalam sebuah lingkup kecil maupun besar ada sebuah tradisi.  
  2. Tradisi membentuk sebuah Norma-norma yang tidak bisa lagi di ubah-ubah.
  3. Dengan adanya tradisi. kita membantu melestarikan sebuah kebiasaan baik yang sudah ada turun temurun.

chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger. Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

19 komentar untuk "Apa tradisi dalam keluargamu ?"

  1. Sebetulnya di keluarga besar saya nyaris gak ada tradisi. Padahal waktu kakek masih ada, punya tradisi juga. Salah satunya membuat ketupat sendiri mulai dari daunnya. Itu kebersamaannya berasa banget. Sekarang mah cari praktisnya

    BalasHapus
  2. Tradisi di keluarga saya sejak saya kecil bikin sendiri cangkang ketupat. Karena itu, bapak saya, paman lalu sekarang nurun ke saya dan adik saya, lanjut suami saya juga pada belajar sampai bisa bikin ketupat.

    Saya pun mulai mengarahkan Fahmi putra saya supaya kelak ia bisa bikin juga

    BalasHapus
  3. Hi mom salam kenal, menurut aku tradisi itu penting untuk sosial budaya di daerah tersebut dan di negara, tapi ambil budaya yg positif aja, negatif tinggalkan

    BalasHapus
  4. Buat saya Tradisi itu juga penting, agar membentuk sebuah ciri khas dari suatu daerah itu :)

    BalasHapus
  5. Saya lahir di sebuah daerah yang tak ada tradisi terlalu mengikat, tapi tumbuh besar di daerah yang tradisinya kuat dan kental banget.
    Lucky me, ortu saya penganut asa kebebasan hahaha.
    Jadi kami nggak pernah ikut-ikutan tradisi seperti itu, meski untuk beberapa hal mau nggak mau juga ikutan.

    Kalau menurut saya tradisi itu bagus, selama nggak melanggar norma agama sih :D

    BalasHapus
  6. Tradisi dikeluarga lebih berbau ke makanan sih mba kayak misal pas ada hajat atau hari raya ada makanan yang wajib ada tp berhubung aku malas ya beli aja drpd cape bikin hahaha

    BalasHapus
  7. Kalau membiasakan untuk selalu makan bersama, itu masuk ke tradisi nggak ya?

    Soalnya di keluarga saya, makan bersama itu seperti wajib hukumnya.

    BalasHapus
  8. Tapi ada juga ya kak tradisi2 yang rasanya kalau dipertahankan tuh udah ga mungkin. Misalnya aja tradisi di India yang kalo perempuan apalagi menantu makannya belakangan. Huhu

    BalasHapus
  9. Teradisi dikeluarga aq tiap pagi selalu memberi salam ucapan Selamat pagi, baik sama anak maupun suami

    BalasHapus
  10. Tradisi kumpul2 klo aku siy. Terutama di seputaran Idul Fitri. Biasanya masak2 bersama menjelang Idul Fitri. Seru banget. Hanya di 2020 kemarin tradisi ini terlewat karena si virus.

    BalasHapus
  11. iya palingan tradisi yang paling melekat ya kumpul2 pas hari raya idul Fitri..masak bareng, sholat bareng....

    BalasHapus
  12. hmm apa ya.. untuk selalu berkomunikasi jika ada hal yang mengganjal

    BalasHapus
  13. tradisi biasanya lahir dari kebiasaan dirumah. Kalau dirumahku biasanya kumpul keluarga saat natal dan tahun baru serta menikmati masakan nenek. sedeeeep manteeep

    BalasHapus
  14. Kalau di keluargaku kayaknya gak ada tradisi yang khas.
    Kalau dari keluarga suami ada. Dan kadang malah terlalu banyak bikin aku agak bingung kadang 😁

    BalasHapus
  15. Nggak ada tradisi khusus sih di keluargaku. Mudik Lebaran? Nggak tuh. Harus masak ini itu buat Lebaran? Nggak juga. Emh... mungkin "tradisi" khususnya adalah selalu ada lebih dari satu kucing di rumah :D

    BalasHapus
  16. Tradisi, aku jadi ingat tentang bahasa daerah. Duh gak nyambung ya mbak rin, etapi sebentar dulu. Tradisi itu kan hal yang harus kita lestarikan ya, begitu juga dengan bahasa daerah, hal yang harus dilestarikan juga. Persamaannya adalah hal itu adalah hal yang harus diturunkan ke anak cucu, kalau tidak diturunkan akan punah, itu semua membentuk peradaban. Didalam peradaban itu menyimpan norma-norma yang tidak akan bisa kita dapatkan lagi, setuju aku mbak rina

    BalasHapus
  17. Halo mba, menurutku penting banget adanya tradisi didalam keluarga. Kl di keluargaku ada tradisi kecil2an di setiap anggota keluarga sedang berulangtahun. Kami sekeluarga akan berdoa bersama dan membaca surat yasin, berdoa untuk selalu diberi kesehatan, umur yang panjang dan dilancarkan rezekinya hihihi

    BalasHapus
  18. Zaman sekarang kayanya yang namanya tradisi itu mulai tergerus kecanggihan teknologi dan keinginan manusia untuk hidup serba praktis yaa.. karena terkadang beberapa tradisi butuh effort lebih untuk melaksanakan. Padahal di balik tradisi bisa menciptakan kebersamaan yang indah..

    BalasHapus
  19. Soal tradisi yang biasanya saya lihat di daerah nenek tuh kalau lagi acara hajatan. Setiap keluarga akan nembawa beras atau bawaan lain untuk membantu acara tersebut, terus akan membantu selama beberapa hari.

    Rasa kekeluargaannya terasa banget. Saling membantu dan berbagi dengan penuh kepedulian.

    BalasHapus