Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Hobi yang bisa di ciptakan saat pandemi



hobi-menulis-menjahit-bermain biola


Judul Ini menjadi pemikiran sepintas yang tiba-tiba saja terpikir olehku. punya hobi baru yang  kita ciptakan sendiri. pasti senengkan bisa melakukan hobi di saat pandemi. by the way penting nggak sih punya hobi ? menurutku penting banget. karena dengan adanya hobi kita bisa lebih rileks menjalani hari-hari kita yang sudah setahun ini di landa pandemi.

Pandemi sangat membatasi gerak langkah kita untuk bermain dan beraktifitas di luar. karena di rumah saja, jangan sampai kita malah sakit karena kurang gerak. cuma tiduran aja di rumah dan nonton drakor doang bikin gak sehat kan. hihihi aku sendiri kadang gitu soalnya. 

Entahlah Hobi bisa kita ciptakan atau ngga, tapi aku pribadi beranggapan bisa, hobi atau sesuatu yang di gemari bisa terbentuk dari keadaan. karena aku  bisa menekuni sesuatu yang aku suka. gimana caranya aku tahu aku suka sebuah kegiatan tertentu ? yang pasti pertama aku mencoba mengenali beberapa kegiatan yang menurutku asik aja gitu. cari tahu lebih dalam dan ketika hati udah ngeklik, perasaan ingin mencoba muncul sendiri. aku pribadi begitu.

Ada beberapa hobi yang bisa aku sharing di tulisan ini sebagai contoh. semua hobi ini muncul berawal dari rasa bosan, kemudian aku mencoba mencari kegiatan yang buat aku ngerasa gak bosan lagi, akhirnya bertemulah dengan 3 kegiatan ini. meskipun pada realitanya semua tidak bisa aku jalani secara bersamaan. tapi ada 1 yang sampai sekarang awet yaitu hobi menulis.

Menulis


hobi-menulis

Menulis bisa di jadikan Hobi, terutama pada orang-orang yang memang minat di dunia tulis menulis. dan kebanyakan yang hobi nulis berawal dari buku. ketertarikan dengan buku, rasa penasaran akan sebuah buku bacaaan dan ketertarikan mengkoleksi buku. itulah yang menjadi cikal bakal awal aku akhirnya terjun di dunia ini.

Aku punya Blog sejak 2010 sebelum aku memiliki handphone mungkin. di saat internet berat banget untuk di beli, di saat masih bolak balik warnet ( warung internet ). aku buat blog tapi hanya ada 2 tulisan yang berada di blog itu.  akhirnya bertahun-tahun bersarang lebih tepatnya 10 tahun. 

10 tahun lalu adalah masa di mana aku butuh banget tempat untuk menuangkan semua yang ada di pikiran. begitu inginnya aku menulis sampai membuat blog walaupun akhirnya semua hanya tertuang dalam secarik kertas yang kemudian aku buang. karena merasa tabu kalau orang tahu.

Ada beberapa faktor pastinya yang membuat aku itu tidak menulis di blog. bukan karena tidak suka menulis. tapi keadaaan yang tidak memungkinkan untuk aku ke warnet dan menulis di blog. karena dulu aku tinggal di pesantren dan untuk keluar dari pesantren itu sangat terbatas.

Untuk orang yang suka baca, menurutku butuh dan harus bisa menulis. karena informasi yang tertumpuk di otak kita pun butuh tempat untuk di keluarkan, saat membaca pasti ada tulisan yang membuat kita ingin beropini atau sharing tentang tulisan itu. nah kuncinya kalau kita tidak punya tempat sharing ya dengan menulis. dan itu manjur banget membuat pikiran kita lebih plong. 


Menjahit


hobi-menjahit

Hobi menjahit bukan karena ingin menjadi seorang desainer kelas Dunia. aku mencoba menjahit hanya karena ingin punya baju koleksi sendiri. membuat baju yang aku sukai dengan model dan gaya yang aku banget. atau sekedar bisa medaur ulang baju-baju yang sudah aku bosan. 

Aku tipe yang cepat bosenan sama baju, kadang pengen model gini, besok pengen model lain. gitu aja terus. jadi aku ingin bisa ngejahit. padahal dulu zaman aku tinggal di pondok aku berkali-kali bahkan cendrung di paksa untuk bisa menjahit. tapi apalah daya memang belum ada minat atau biasa kita bilang belum ada strong why. alasan terkuat untuk melakukan sesuatu gak ada.

Di tanya ada rasa penyesalan atau ngga, ngga juga sih, sekarang sebagai ibu aku ngerasa banget skill menjahit di butuhin juga. buat sekedar ngecilin celana atau baju dan sekedar menjahit pakaian yang robek. setelah punya anak keinginan menjahit untuk bisa membuat baju anak terutama anak cewe besar sekali.

Pengen deh bisa bikin dress cantik untuk anak sendiri, rasanya pasti happy banget, anak ku juga senengnya bukan main ketika aku membuat sesuatu untuknya. tapi, keadaan sekarang saat tidak memungkinkan karena anak kedua ku yang berumur 3 tahun sedang akttif-aktifnya jadi gak bisa diam kalau ngeliat emaknya ngoprek mesin jahit.  pasti di recokin. dari pada emosi kan lebih baik stop dulu untuk sementara. bukan untuk berhenti. tapi menunggu anak-anak lebih dewasa biar lebih santai main mesin jahitnya.


Bermain Biola


hobi-bermain biola

Dengan alasan yang sama dengan bermain mesi jahit. aku belum bisa belajar Biola karena takut banget anak-anak ngoprek apalagi anak cowo yang belum bisa memahami kita. kalau dia mau sesuatu harus banget di turut. daripada ribut dan berantem kan mendingan sabar dulu.

Dari Zaman sekolah aku suka banget yang namanya Alat musik Biola. entah kenapa, tapi suara yang di keluarkan dari biola sangat aku suka. ngena banget gitu di hati. dan menjadi salah satu impian aku adalah punya biola. alhamdulillah udah tercapai meski biolanya hibernasi di dalam lemari. HAHA


3 Hobi ini bisa kalian coba juga meski sedang pandemi. semua bisa di lakukan di rumah dan belajar pun sendiri bisa ( otodidak ) dari youtube, kursus online ataupun dari buku. semua bisa kita lakukan selama ada kemauan. itu aja yang bisa aku sharing kali ini semoga bermanfaat. see you on the next article !


chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

1 komentar untuk "3 Hobi yang bisa di ciptakan saat pandemi"

  1. Saya kalau lagi pandemi gini, lebih suka nulis atau juga membaca. Hehehe

    Sama mbak saya juga suka biola sampai-sampai ditawarin oleh mama saya buat beli biola beneran ^^

    BalasHapus

Berlangganan via Email