Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Resolusimu di tahun 2021 ?



resolusi
Sebentar lagi kita akan bertemu dengan penghujung tahun ya, yang berarti Awal tahun baru 2021 akan segera tiba. bulan Januari adalah hari istimewa buat aku karena merupakan bulan kelahiran aku. Gak ada yang nanya padahal padahal, hehehe. Apa saja yang telah kita lakukan di tahun 2020 ini ? apakah Dominan kebaikan atau malah sebaliknya ? semua akan jelas terlihat ketika kita telah membuat planning harian, karena dengan jadwal harian kita hidup yang kita jalani ini akan lebih jelas tergambarkan.

Tahun baru identik juga dengan sebuah Resolusi. Apa itu ? Sebuah Planning tentang sesuatu yang kebanyakan orang buat untuk tujuan perbaikan diri. berbicara soal Resolusi. sama saja kita sedang berbicara tentang rencana masa depan kita yang lebih baik ya. Karena pasti semua resolusi yang kita buat tentu untuk kebaikan hidup kita. Btw kalian udah buat Resolusi tahun baru ?

Mengapa Harus ber-Resolusi ? 


why-resolutions

Sebelum kita menjawab pertanyaan di atas. ada baiknya kita memahami esensi kita hidup di dunia ini. untuk apa kita hidup dan sebaiknya bagaimana kita hidup ? tujuannya pasti ingin menjadi pribadi yang lebih baik dalam segala hal versi kita sendiri ya tentunya. ingat ! jangan pernah kita membandingkan diri kita dengan orang lain.

Salah satu cara agar kita bisa terus berproses menjadi lebih baik tentunya dengan membuat Resolusi.  kita membuat target-target yang ingin kita capai di tahun depan dan terus mengevaluasi kejadian-kejadian yang telah terjadi di tahun ke belakang. Agar kita bisa menilai dan membuat Resolusi yang lebih matang lagi. dengan evaluasi, kita juga akan lebih jelas mengetahui kinerja perjalanan kehidupan kita. 

Bagaimana Cara Mencapai Resolusi kita ? 


why-resolutions

Dalam membuat resolusi tentu kita ingin semuanya dapat tercapai sesuai dengan harapan kita. terutama bila kita bisa mencapainya melebihi target yang telah kita buat. tentu akan menjadi Prestasi tersendiri untuk diri kita ya. 

Ada beberapa cara yang bisa dijadikan kunci atau panduan kita dalam membuat sebuah Resolusi. dengan ini di harapkan kita dapat membuat Resolusi yang dapat tercapai dan sukses untuk kita. diantaranya adalah : 

> Buatlah Resolusi yang jelas terarah.

Contohnya : " Di tahun 2021 ini aku akan menjadi orang yang sukses."

Ambigu banget gak sih ? KIta itu ingin sukses yang seperti apa ? tiap orang punya arti yang berbeda dengan kata sukses. Maka, buatlah kata yang lebih jelas misalnya "ingin menjadi Blogger yang Punya penggunjung Blog tiap bulannya mencapai 10.000." atau "ingin menjadi pembicara yang bisa memberikan pelatihan public Speaking tiap bulannya secara gratis."  

Dengan Resolusi yang jelas seperti itu, kita dapat mencapai resolusi kita dengan lebih mudah, karena kita dapat membuat rencana-rencana apa saja yang dapat mendukung kesuksesan Resolusi kita.


> Buatlah jangka waktu yang jelas.

" Dalam 6 bulan ke depan artikel aku harus bisa mencapai 10.000 PV dan bisa masuk page one di google. 

Mengapa kita butuh waktu ? tentu agar lebih mudah  dalam merencanakan Resolusi kita. agar kita dapat menimbang semua tindakan yang ingin kita lakukan dengan ritme yang jelas, misalnya  untuk menjadi Blogger dengan PV 10.000 setidaknya kita harus bisa memposting artikel setiap harinya, karena semakin banyak artikel yang kita tulis dengan tidak melupakan SEO tentunya. artikel kita akan dapat lebih mudah nangkring di Page One halaman Google. dan itu membuat artikel kita akan banyak di kunjungi oleh orang lain.


> Buat target yang sesuai dengan kemampuan kita.

Ini yang tak kalah penting juga dalam merencanakan sebuah Resolusi. karena percuma kita buat Resolusi yang terlalu banyak atau terlalu tinggi tapi di luar kemampuan kita. buatlah Resolusi yang sederhana ( bukan berarti terlalu mudah ) dan dapat terukur oleh kita. 

Contohnya : Buat aku  yang  menjadi ibu dengan dua anak tentu sangat sulit sekali untuk melakukan ODOP ( one day one post ) mengapa aku berkata sangat sulit padahal orang lain bisa ? ( poinnya adalah ada dalam diri kita, kita yang tau apa saja yang harus kita lakukan, dan kita yang bisa mengira-ngira berapa waktu yang kita habiskan untuk keseharian kita di luar Resolusi yang ingin kita capai )  gak perlu aku sebutkan tentang alasan mengapanya ya. yang jelas tiap orang berbeda, dan kita yang bisa mengukur kemampuan yang kita bisa.


> Resolusimu untuk siapa ? 

Yang menjadi penutup dari tulisan ini sekaligus sebagai reminder untuk diri kita sediri. apakah Resolusi yang kita buat ini untuk diri kita ? coba kita renungkan sejenak. Niatkan secara tegas dan bulat bahwa semua resolusi yang kita rencanakan di tahun 2021 ini tulus untuk kemajuan diri kita, bukan untuk orang lain. 

Mari kita maju dan bergerak kearah perbaikan diri. mari kita ber-Resolusi untuk kemajuan hidup kita, menjadi pribadi yang lebih bermanfaat. karena sebaik-baiknya kita adalah yang dapat bermanfaat orang lain. tidak perlu takut untuk ber-Resolusi karena semua kesuksesan yang kita raih berawal dari apa yang terus kita bangun. 

Artikel ini di ikutsertakan dalam minggu tema Komunitas Indonesian Content Creator.


chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle Blogger - Beauty Blogger - Blogger Traveler - Parenting Enthusiast. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

66 komentar untuk "Apa Resolusimu di tahun 2021 ?"

  1. Semoga apapun resolusinya tahun 2021, yang penting menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama yaa. Dan bagaimana tetep bisa berkarya di suasana yang tak pasti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu mba.. semoga kita semua sehat2 selalu yaaah apapun resolusinyaa

      Hapus
  2. Wah ternyata bulan lahir kita sama nih mba...hehhee
    Moga 2021 lebih indah buat kita smua ya mba

    BalasHapus
  3. Nah iya benar banget mba ada yang kulupa dari resolusiku tenggat waktu untuk resolusi itu belum ada padahal itu oeting banget biar resolusi gak hanya jadi wacana

    BalasHapus
  4. Semoga tahun 2021 menjadi tahun yang lebih baik dan semoga pandemi ini segera berakhir, amiin.


    Nggak terasa ya sudah di pengunjung akhir tahun

    BalasHapus
  5. REsolusi 2021 hanya sederhana, agar Covid hilang dari Indonesia supaya kita bisa melakukan banyak hal yang nyata bukan maya. Apakah ini resolusi?

    BalasHapus
  6. resolusiku tahun depan pingin bisa banyak nulis blog lagi, dan bikin konten ig yang berkualitas untuk audience

    BalasHapus
  7. Resolusiku di tahun 2021 pengen lebih sehat, rajin olahraga, dan lebih sabar dalam menghadapi anak-anakku... hehehehe. Pokoknya aku mau menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  8. qiqiqiqiq, semoga saya nggak bikin resolusi untuk meneruskan resolusi di tahun 2019, yang mana merupakan resolusi di tahun 2018 hahaha.

    Tapi menurut saya, resolusi juga ada manfaatnya sih, asal ditulis, ditempel dekat tempat favorit kita, sekalian bikinin plannya jadi bisa lebih mudah direalisasikan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan semoga di tahun 2021 nanti, keadaan lebih membaik, ekonomi meningkat, agar lebih mudah mewujudkan semua resolusi di tahun 2021 nanti ya.
      Sebentar lagi nih bakalan gantiii kalender hehehe

      Hapus
    2. Siap Mbak Rey akan aku coba amalkan wkwk. Soalnya bikin resolusi di buku atau aplikasi malah gak ditengok hahha

      Hapus
    3. ini namanya resolusi jilid 1, 2 , 3 dst. eh tapi bener lho, realitanya kadang resolusi per tahun itu sambungan resolusi sebelumnya, hihihi

      Hapus
  9. Setuju sekali kak sebaik-baiknya kita adalah yang dapat bermanfaat orang lain, yuk kita beresolusi agar bisa lebih maju dan bermanfaat bagi orang lain ^^

    BalasHapus
  10. Resolusi? Suka bingung kalau ditanya apa resolusi untuk tahun depan. Tapi berharap semoga sehat selalu, pekerjaan lancar, punya banyak waktu untuk keluarga, dan yang baik-baik pokoknya mah. Aamiin

    BalasHapus
  11. Resolusi saya pingin 200 artikel tahun 2019 ,eh ga tercapai?
    Tahun depan udah beda lagi .Pingin Buku saya selesai dan diterbitkan, amin

    BalasHapus
  12. rasanya masih cukup sulit buat bikin target keahlian nih. ada aja godaan yang dateng. semoga di 2021, kita bisa jadi manusia lebih baik dan bermanfaat, aamiin..

    BalasHapus
  13. Bener Kak harus ada target. Dulu itu targetku PV 10k alahamdulillah sudah tercapai. Sekarang pv target 100k biar makin semangat ngeblognya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengen pasang target target gitu emang harus disertai usaha keras yaaa.. Apalagi kalau menyebutkan angka, kadang masih blm pede nih ah tp harus berupaya ya

      Hapus
  14. melengkapi dan melanjutkan sam[ai tuntas resolusi di tahun 2020 hehe semoga bisa lebih baik lagi

    BalasHapus
  15. resolusi dunia masih sama, mau menyelesaikan urusan percicilan dan tagihan kehidupan hahahha.. tahun ini harus agak slow, semoga tahun depan bisa agak move forward dan berlimpah berkah juga rahmat supaya bisa on track mewujudkan resolusi

    BalasHapus
  16. Thanks buat tips mengelola resolusi, solutif banget, saya suka.

    BalasHapus
  17. Aku gak pernah nyusun revolusi secara detail. Ya berharap semoga tahun depan segalanya lebih baik aja, aamiin..
    Dan semoga pandemi segera berakhir ya, aamiin yaa rabb..

    BalasHapus
  18. semoga tidak banyak resolusi yang gagal di tahun 2020 ini sehingga tak perlu lagu disusun di 2021. Sudah mulai menyusun, ada beberapa yang ingin dicapai sih

    BalasHapus
  19. Belum bikin euy resolusi tahun 2021. Kalau yang pasti sih resolusi tahun 2021 ku bayar hutang puasa. Hehe. Kalau dalam dunia blog masih belum nentuin goalnya gimana

    BalasHapus
  20. Aku udah gak pernah lagi buat resolusi nih, dulu sebelum punya anak masih rajin bahkan nulisin resolusi di buku, dibuat list gitu

    BalasHapus
  21. Resolusiku tahun depan melanjutkan resolusi tahun lalu yang belum tercapai wkwk.

    Berharap banget sih tahun depan pandemi sudah usai, semua sudah berjalan normal seperti biasa, anak-anak kembali sekolah, kembali ada event blogging.

    Sehat selalu untuk kita semua.

    BalasHapus
  22. Semangaaat kak rinaaa. Memang kalau ngga ada target hidup jadi ambyar mau dibawa kemana sbnernya ini hehhee

    BalasHapus
  23. Wah, ODOP sekarang berubah nama jadi ICCkah? Semangat mengejar 10.000 PV..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mbak, odop mah ada sendiri, ICC nih komunitas lain buat saling support. seru kok di grup icc nih, monggo kalo mau ikutan bisa klik tulisan icc di atas

      Hapus
  24. Ahh iyaa jadi ingat beberapa hari lagi 2020 berakhir. Aku pun biasanya membuat resolusi agar lebih terpacu jalani hari. Sejak single sampai skrg berkeluarga.

    BalasHapus
  25. Resolusiku di tahun 2021 mau punya dana lebih buat beli mobil or beli rumah impian mba, pengen punya rumah sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, aku pun nih mba, slama ini masih nomaden pindah2 kota ngikutin dinas suami

      Hapus
  26. Aku ada sih resolusi yang detail banget sampai aku tulis, cuma hasilnya tergantung dari ikhtiarnya gimana. Tapi aku yakin tiap orang punya waktunya masing-masing. Gpp nunggu agak terlambat yang penting indah hasilnya.

    BalasHapus
  27. Bismillah.. senantiasa sehat, positif dan lebih baik.. itu resolusi aku di tahun 2021 masih sama dengan tahun 2020 semoga tahun ini lebih baik lagi lagi dan lagi.. aamiin yra

    BalasHapus
  28. Resolusi yang baik adalah resolusi yang selesai dijalankan ya mbak hehe jadi semoga kita semua bisa mewujudkan resolusi kita tahun ini dan tahun yang akan datang.. semangat

    BalasHapus
  29. setuju, dengan resolusi maka tujuan dan target kita lebih terarah ya kak. langkah dan gerak jadi fokus dan sesuai dengan jalur yang kita pilih dan tentukan. sukses selalu ya kak Rina, semoga resolusi 2021 yang telah di rencanakan dapat tercapai. aamin

    BalasHapus
  30. Aku ada resolusi mau bikin karya bareng anak.
    Bismillah aja gak mau muluk2 krn belajar dari 2020 gak mau terlalu gedebukan banget jatuhnya hahaa.
    Tpmsh opimis 2021 lbh baik Ya Allah aamiin

    BalasHapus
  31. Resolusi ini sebenarnya untuk diri sendiri ya. Tapi emang target harus jelas ya, biar bisa dievaluasi juga

    BalasHapus
  32. Biar semangat memang perlu target, Alhamdulillah tahun ini 1 target saya bisa dijalankan dengan baik. Semoga tahun depan resolusinya bisa dicapai
    . Aamiin!

    BalasHapus
  33. Sekarang jauh lebih positif memandang resolusi mba, kalo dulu tuh hanya sekedar wish belaka, sekarang alhamdulillah satu persatu diwujudkan dan dikabulkan sama Allah, semoga tahun depan pun banyak membawa keberkahan di hidup kita yaa

    BalasHapus
  34. Sebenarnya aku pun sudah mempunyai beberapa resolusi sederhana tapi mempengaruhi kehidupanku. Yang penting sesuatu hal yang bisa aku laksanakan dan diterapkan. Jadi harus bisa fokus dengan resolusi yang ku buat.

    BalasHapus
  35. sampai hari ini aku belum merumuskan target untuk 2021 mba, masih ngeberesin beberapa hal di 2020. Setelah baca artikel ini jadi mulai semangat nih bikin resolusi.

    BalasHapus
  36. Betul banget nih angkanya harus jelas.

    Walaupun menurut kita sekarang tidak mungkin, tapi bisa jadi pemacu semangat supaya tiap hari memanfaatkan waktu sebaik-baiknya agar bisa mendekati resolusi kita itu. Supaya kita juga bisa memaksimalkan potensi kita.

    BalasHapus
  37. Target ini penting banget ya memang, kalau nggak ada target rasanya nggak ada masalah dalam tahap pencapaian yang ingin kita tuju

    BalasHapus
  38. saya belum buat resolusi nih Mbak, kayaknya sih lanjutin resolusi yang belum kelar aja deh daripada pusing lihat listnya makin menumpuk sementara yang kemarin aja belum pada beres *upsss

    semangat tuk resolusi tahun 2021 ya Mbak, semoga lancar dan tercapai semua ;)

    BalasHapus
  39. belum buat resolusi yang mendetail seperti itu padahal bagus ya untuk tracking udah tercapai apa belum perlu target yang jelas.
    bismillah, resolusiku 2021 buku solo-ku terbit, max April 2021 buat hadiah ultah anakku. Aamiin ...

    BalasHapus
  40. Wah sama dong, aku juga lahir Januari hihihi yang artinya bertambah tua sebentar lagi huhuhu... Makasi ya kak Rina, aku diingetin untuk bikin resolusi yang lebih spesifik nih.. Soalnya resolusiku masih general..

    BalasHapus
  41. Dengan kondisi sekarang aku bikin resolusi ga muluk-muluk deh.. Ingin melewati 2020 dan 2021 sehat walafiat semua keluarga udah lebih dari cukup

    BalasHapus
  42. Semua semua resolusinya bisa tercapai ya. Aku sendiri udah lama ga bikin resolusi

    BalasHapus
  43. Wah, keren nih mba target yang ingin dicapai. Semoga, semua resolusi yang diharapkan bisa terwujud ya mba. Aamiin. Aku pribadi, untuk tahun 2021 ini belum ada resolusi nih mau kayak gimana hehe

    BalasHapus
  44. Baiklah noted. Bikin resolusi yang lebih detail dengan target dan jangka waktu tertentu. Biar lebih jelas dan terarah, ngga ambyar begitu kan mba Rina. Hehe. Siap!

    BalasHapus
  45. Duh baca contoh pv 10k perbulan jadi semangat lagi nih buat bikin kontennya karena ada tulisan mom rina yg ngingetin, semangaaattt dan makasih ya moomm ❤❤❤

    BalasHapus
  46. wahhh akhir tahun gini saatnya buatt resolusi buat tahun depan yaa. Hmmm resolusiku apa yaa? sepertinya yang paling ingin saya wujudkan adalah dekat dengan suami dan anak-anak saya setelah selama ini kami LDR-an :)

    BalasHapus
  47. Resolusiku gak muluk-muluk, cukup stop pakai paylater😭. Aku mau mengurangi kebiasaan konsumtif biar makin hemat dan sejahtera wkwkwk.

    BalasHapus
  48. Semangat mbak Rina, semoga tahun 2021 lebih baik lagi ya. Semoga kita bisa menyusun dan menceklis resolusi kita

    BalasHapus
  49. Aku setuju sama mbak Rina. Kita memang kudu punya keinginan yang jelas terarah dan jangka waktu, supaya bisa fokus dan konsisten. Bakal bagaimana hasilnya, yang penting prosesnya udah bener, hehe. Semangat ya mbak Rina

    BalasHapus
  50. Aku lagi pengen banget duet bareng suami bikin buku craft mba, hehehe. Doakan ya Mba. Dan aku juga mendoakan resolusimu semoga kita semua dimudahkan dan dilancarkan dalam segalanya aamiin.

    BalasHapus
  51. Bener nih mau buat resolusi memang harus disesuaikan juga dengan kemampuan ya. Yah semoga saja apapun yang menjadi resolusi kita di 2021 bisa terwujud

    BalasHapus
  52. Resolusiku tahun depan ingin lebih mantap blogging dan beli hunian sendiri. Semoga resolusi kita fi tahun 2021 nggak hanya jd wacana ya mbak.

    BalasHapus
  53. Bener bnget nih kadang bkkin resolusi aja cuma kjrang spesifik dan jelas arahnya. Seneng banget ikutan tema resolusi ini jadi punya gambaran jg buat diri sendiri

    BalasHapus
  54. Tips mbak tipsnya, nambah banget aku tahu apa yang harus dilakukan agar rencana dan ahrapanku di tahun 2021 tercapai.

    BalasHapus
  55. Bener banget, kalau buat resolusi harus terarah dan yang paling penting menargetkan waktunya, menarik banget tipsnya

    BalasHapus
  56. Betul bgt, buat resolusi itu harus jelas dan diberi target waktu. Biar lebih semangat juga kita buat mewujudkannya. Btw, aku otw bikin resolusi juga deh. Hehe.

    BalasHapus
  57. Resolusi tahun 2021 sama dengan menyelesaikan resolusi 2020 yang belum tuntas wkwkw. Ehh. tahun 2021 ini harus lebih kreatif banget pokoknya kak.

    BalasHapus
  58. Setiap tahun sih selalu ada resolusi, walaupun nggak semuanya tercapai juga hehehe

    BalasHapus