Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANEKA KECAP YANG HARUS SELALU SEDIA DI RUMAH


Aneka Kecap

Memasak adalah rutiitas yang selalu Aku lakukan hampir setiap hari. apalagi dengan kondisi pandemi seperti ini. kita pasti lebih banyak memasak dari biasanya. ya kan ?

Memasak sendiri emang lebih banyak poin plusnya ya kan. mulai dari :

  • Kebersihan Masakan lebih terjamin
  • Lebih Hemat
  • Lebih sesuai dengan selera lidah kita
Meski terkadang memasak emang melelahkan. tapi seru aja ya. terkadang adakalanya aku  tidak mau ribet dan ingin serba cepat dalam memasak. jadi aku Mau berbagi nih Aneka kecap-kecapan yang biasa aku selalu sedia dirumah. Agar proses Memasak lebih Simple.

1. Kecap Manis

Kalian termasuk yang suka juga gak sama masakan yang manis-manis ? kalau aku sih kurang suka. tapi anak-anak sebaliknya. mereka suka banget memakai kecap di setiap makanannya. mulai dari telur kecap, Nasi goreng kecap, Ayam Kecap. Kuah baso pun pake kecap. hehe banyak lagi deh 

Apa merk Kecap kesukaan kalian ? Kalau aku yang biasa aku pakai sih kecap Bango. karena rasa manisnya pas menurutku. kalau dulu yang paling sering di pakai kecap ABC karena warna hitamnya peka banget ok banget kalau bikin Ayam kecap pakai kecap ABC. kalian tau gak kalau di Tangerang itu ada kecap yang khas Tangerang dan cukup terkenal. namanya Kecap SH. 

Para pedagang gerobakan di tangerang kebanyakan yang pakai kecap produk tangerang sendiri. karena menurut orang-orang rasa kecapya enak. di rumah ada sih kecap SH tapi aku gak bisa menilai sendiri hahaha karena aku memang bukan penggemar kecap.

2. Kecap Asin

Kecap Asin aku biasa pakai untuk masak nasi goreng atau bikin telur dada. meski gak bisa secara spesifik karakter dari kecap asin ini. tapi bisa aku bilang sebagai pelengkap aja. kalau gak ada kecap asin kaya ada yang kurang aja. 

3. Saus Tiram

Andalan aku banget kalau saus tiram ini. merk yang selalu aku pakai adalah Saori saus tiram karena rasanya yang pas dan juga harga yang bersahabat di kantong aku. kalau di dapur udah abis pokoknya harus banget di beli. sebenarnya ada 1 merk lagi yang kadang aku pakai yaitu merk panda ini enak saus tiramnya. tapi harganya memang agak lebih mahal dari saori.

Kalian Suka Pakai saus tiram untuk apa ? kalau aku biasa pakai untuk masak telur, nasi goreng, ayam kecap, aneka sup. itu sih yang paling sering. jadi saus tiram ini sebagai pengganti penyedap rasa.

4. Saus Teriyaki

Masih dengan merk yang sama Saori Saus Teriyaki. yang paling sering aku pakai untuk masak ayam atau daging sapi teriyaki. caranya pun cukup mudah ayam potong bersih di marinasi dengan bumbu teriyaki dan diamkan semalaman kemudian di olah. itu aja sih yang biasa aku lakukan dengan saus teriyaki. 

Kalian punya inspirasi menu masakan lain gak ? yang bisa akau pakai bersama saus teriyaki ini ? kalau ada boleh dong berbagi dengan aku. share di kolom komentar ya. nanti akan aku coba buat. Thanks before

5. Kecap Inggris

Kecap Inggris biasa aku pakai sebagai pelengkap masakan dengan olahan daging ayam dan juga sup. entah kenapa rasanya jadi lebih enak aja gitu. jadi kadang aku masak nasi goreng pun pakai kecap inggir. jangan bingung kenapa. coba deh sendiri. kecap inggir saori saus tiram kalian pakai untuk masak nasi goreng.

6. Kecap Ikan

Sesuai dengan namanya Kecap Ikan. aku memakainya lebih banyak untuk olahan ikan dan juga seafood. seperti Sup kepala Ikan kita pakai kecap asin di jamin nagih. berasa masakan Restoran hehe.

Namanya Kecap Ikan tapi bukan berarti warnanya kaya Kecap hitam. tapi lebih seperti warna Kaldu gitu. kuning bening seperti Minyak. Paling utama sih yang gak boleh kita lupa masak nasi goreng pakai kecap Ikan. The Best !

Sekian dari aku. kalian punya bumbu-bumbu andalan di rumah juga kah ? pasti punya ya. Sharing dong di kolom komentar. biar kita bisa saling sharing. 

7. minyak wijen

Minyak wijen aku paling suka untuk campuran nasi goreng juga. Khasnya itu memang enak banget. Pokoknya enak. Hehe tapi harga minyak wijen emang lumayan sih. Jadi pakenya dikit-dikit aja jadi lebih irit. 

chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

15 komentar untuk "ANEKA KECAP YANG HARUS SELALU SEDIA DI RUMAH"

  1. mbaa.. kecap2 itu ada yg ukuran kecil2 kah? bener bgt tuu kadang pas mau bikin teriyaki ala-ala bisa gak jd gegara kelupaan beli saos teriyakinya.. tp kok ya aq nemunya yg botol besar2.. khawatir dipake cuma sesekali..

    BalasHapus
  2. Kecap panda ada halal nya ga mb? Pernah beli merk lain yang belum ada logo halal nyaa.. Huhuu kuciwa ga terpakai

    BalasHapus
  3. Aku bukan penggemar kecap. Kalau pake kecap, lebih suka pake kecap ABC yang ada pedas2nya gitu .. Baru tau ada kecap ikan. Yaampun aku keliatan banget jarang di dapurnya.. Hehehe ..

    Oiya aku galfok sama kalimat "Saori Saus Tiram", bacanya sambil nyanyi dan ngebayangin iklannya ... Hehehe

    BalasHapus
  4. Saus tiram, penyelamat masakan tumis. Masak tumisan apa aja kalo dikasih saus tiram langsung enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul ini, andalan tumis menumis ya saus tiram itu

      Hapus
  5. Klo aku plus saus tiram mba, klo saos teriyaki ga prnah nyetok bsa racik sndiri

    BalasHapus
  6. Aku tim yang jarang pake kecap-kecapan mba, jadi kalau mau masak resep ada kecap ini itu harus beli dulu hehe

    BalasHapus
  7. Minyak wijen, minyak ikan dan dan saos tiram itu yg ada di dapur saya. Kalau kecap asin dan kecap manis, saya taruh di meja makan. Hehehe...

    BalasHapus
  8. Penasaran ama kecap inggris dan kecap ikan ini belum pernah nyoba sama sekali hehe. Rasanya pengen cobain tipsnya masak nasi goreng pakai kecap inggris wkwkw

    BalasHapus
  9. Iihh, seneng baca postingan ini. Aku juga nyimpan aneka kecap ini di rumah, kecuali kecap inggris sih.

    Selalu ada kecap asin dan kecap manis untuk aneka masakan.

    BalasHapus
  10. Dari semua jenis kecap tersebut, jenis kecap ikan yang beli sekali dan sudah tidak berani beli lagi. Anak-anak pada complain, kayaknya lidah mereka gak cocok dengan rasa kecap ikan

    BalasHapus
  11. Kecap inggris dan kecap ilan yang nggak ada dirumahku ni hehe. Akibat jarang masak2.

    Semoha next bisa lebih giat masak dan tersedia lengkap aneka kecap sebagai bumbu masakan wkwkwk

    BalasHapus
  12. Kecap inggris sama kecap ikan yg ga stok di rumah haha soalnya kurang familiar sama kegunaannya tapi baca ini jadi tau.. makasi kak rina

    BalasHapus
  13. Kalau aku kecap memang harus sedia di rumah, selain kecap manis yang biasanya selalu ada itu adalah saos teriyaki, kecap inggris, minyak wijen karena kebetulan masak rata-rata hanya itu yang digunakan sih.

    BalasHapus
  14. Yang suka sama kecap sih Ponakan daku mbak haha, pokoknya makan sebisa mungkin pakai kecap.. Btw itu nomor 7 minyak wijen nya nggak ada keterangan lanjutannya mbak Rina?

    BalasHapus

Berlangganan via Email