Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SIAPA AKU ?

         Hidup dan dibesarkan dari keluarga yang sederhana membuat Fina tidak menyurutkan semangatnya untuk tetap bisa bersekolah. Meski dengan bersekolah di tempat yang sederhana. Ia tetap semangat. Fina memiliki semangat juang yang tinggi untuk bisa bersekolah sampai di jenjang perguruan tinggi. 

    Fina yang sekarang berusia 20 tahun biasa menjalani keseharian hidup yang cukup berwarna. Ia memiliki seorang ibu yang berjuang sendiri untuk membesarkannya dan ke 3 adiknya. Tidak jarang Fina merasa sedih akan kesulitannya untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan. Tapi Fina tidak pernah putus berdoa dan berusaha untuk mewujudkan semua mimpinya. Sampai pada akhirnya ia bisa masuk di perguruan tinggi yang ia idamkan sejak dulu.

    Sekali waktu di kampus. Fina memiliki seorang teman yang juga memiliki latar belakang dan kehidupan yang tidak jauh berbeda dengan dirinya. Sifa namanya. Kesamaan latar belakang itu membuat mereka akrab dan menjadi sahabat karib. Kebetulan mereka sama-sama mengambil jurusan yang sama di kampus. Jurusan komunikasi. Tak jarang mereka masuk dan keluar kelas bersama.

    Saat jam istirahat tiba Fina mengajak Sifa untuk makan bersama di taman tempat mahasiswa bersantai ataupun membaca buku. lokasinya tidak jauh dari kampus. Setelah selesai bersantap bekal yang biasa mereka bawa mereka fina mulai bertanya kepada sifa.

“ Pernah ga sih kalian bertanya pada diri sendiri?”  tanya fina.
“ bertanya tentang apa?” Sifa balik bertanya.
“ sebenarnya siapa kita ini. Untuk apa kita diciptakan. Untuk menjadi seperti apa kita setelah menjadi dewasa dan menua?“ 

    Setelah kita selesai sekolah dan belajar di kampus ini. Akankah menjamin hidup kita akan bahagia karena memiliki status sosial dan materi yang berkecukupan “aku pribadi suka bertanya seperti itu. Terkadang sekarang pun aku masih suka berpikir nanti di usia kepala tiga ini aku udah jadi apa ya. Dari semua yang aku lakukan sekarang ini sebenarnya aku bakal jadi apa. Jujur Aku penasaran sama diri sendiri.’’ tanya Fina.

    Dengan pertanyaan panjang Fina itu. Membuat Sifa memberikan jawaban yang tak kalah panjang juga.

“ Itu lah salah satu alasan kenapa aku lebih memilih untuk tetap aktif bergerak menuju “ KEBAIKAN” walaupun aku juga gak tau akan seperti  apa kedepannya. Aku salah satu orang meyakini konsep ‘ masa depan adalah apa yang kita lakukan hari ini’. 

    Jadi sebisa mungkin aku selalu bergerak  aktif menuju perubahan. Menuju masa depan yang aku harapkan lebih baik dari hari ini.  Kalau aku ditanya tentang untuk apa diciptakan. Semua orang juga pasti akan menjawab hal yang sama dengan ku.

“ Dan tidaklah kami menciptakan jin dan manusia kecuali hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. “
Pertanyaan yang sebenarnya sudah ada jawabannya sebelum aku dilahirkan. Sekarang tidak perlu lagi bertanya pada orang lain dan diri sendiri tujuan hidup ini.

 Ibadah itu ada banyak macamnya. Bukan hanya sekedar ibadah wajib seperti sholat dan puasa. Bermuamalah pun merupakan suatu ibadah. Sekarang kita hanya perlu mendesain ibadah seperti apa yang ingin aku lakukan di luar ibadah-ibadah wajib kita. 

Mencari uang ibadah. bekerja membantu orang yang kesusahan ibadah. membantu orang mendengarkan keluh kesahnya dengan niat meringankan bebannya juga ibadah. Membuang duri dari jalan ibadah. Bahkan hal yang kita anggap sepele pun bisa bernilai ibadah. seperti tersenyum. ternyata banyak banget ya bisa di jadikan ibadah oleh kita.


chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

Posting Komentar untuk "SIAPA AKU ?"

Berlangganan via Email