Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KERATON SUROSOWAN

    KERATON SUROSOWAN OBJEK WISATA DI BANTEN 



Meski berat tapi ternyata kita masih bisa melalui pandemi yang sudah masuk di 8 bulan ini. dan masih belum ada tanda-tanda hilangnya. di tangerang sendiri PSBB pun diperpanjang kembali 2 minggu.karena pertambahan kasus covid -19 yang semakin hari semakin meningkat. dan sejauh ini pernah sampai 3000 orang yang positif. 

Sekolahan kakak abang pun yang awalnya masih bisa ke sekolah meski hanya 2x dalam seminggu. kali ini diliburkan juga. perkantoran pun silih berganti mulai tutup. seperti kantor suami. karena ada beberapa orang yang kena covid juga. sudah sekitar 2 mingguan ini suami WFH. 

Anak-anak pasti happy ya kalau papah nya selalu ada dirumah. karena biasanya pagi sudah berangkat dan malam baru di rumah lagi. meski mall-mall sekarang sudah dibuka. tapi kita tetap untuk pergi hanya ketempat-tempat yang di rasa aman dan sepi juga.

akhirnya aku sekeluarga jalan ke keraton surosowan yang terletak di banten lama. keraton ini dibangun pada masa pemerintahan maulana hasanuddin. yang bisa dikenal sebagai pendiri dari kesultanan banten. aku pun yang udah lama di banten baru pertama kali kesini.

kesan pertama kesini ?



perjalanan ke sini cukup asik dan ada beberapa pemandangan yang enak banget buat di lihat. hijaunya hamparan padi yang menyejukan mata berasa lagi jalan ke bandung deh. bikin pikiran kita jadi fresh juga. ternyata di kabupaten banten dengan tangerang ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

pertama kali kesini cukup exited. karena baru pertama memang terlihat banget wisata dengan penuh peninggalan sejarah. ditambah lagi dengan adanya masjid agung banten yang pelatarannya ada seperti payung terbalik mirip  dengan di pelataran masjidil haram.

Minusnya adalah ?

Dari semua lokasi yang aku  dan keluarga kunjungi ada satu hal yang aku gak suka. yaitu banyaknya pengemis yang beraneka ragam. mohon maaf sebelumnya jujur tanpa maksud apapun tapi beneran ini sangat menganggu sekali untuk para jamaah yang ingin sholat.

oya satu lagi. di teras masjid ternyata seperti lagi tidak ada korona. ramai sekali orang. mulai dari yang sekedar liburan seperti aku dan keluarga. ada juga yang memang niat untuk beribadah di sana. berdoa di depan para makam pejuang.




bahkan banyak juga para wisatawan yang sengaja berdoa disana. sehingga di pelataran masjid hanya sekali para pedagang asongan yang berjualan air mineral, sosis bakar. dan yang menjajakan jasa foto sebagai kenang-kenangan.

saat itu aku berkunjung di hari biasa. bukan di musim liburan. dan seramai itu oragnya. gimana kalau di hari liburkan. pasti akan lebih ramai lagi dari ini.
chairina bawazir
chairina bawazir Assalamu'alaikum Hello everyone ! Aku rina. Ibu 2 anak yang hobi berbagi cerita dan sharing seputar pengalaman.

4 komentar untuk "KERATON SUROSOWAN"

  1. udah lama aku pengen ke sini. tapi tiap ngasih kode suami dia mah lebih milih pergi yang jauhan sekalian aja. padahal aku justru pengennya bisa eksplore deket2 jakarta, banten dan bekasi

    BalasHapus
  2. jadi mau melipir kesini nih mba Rin, coba cek maps ah, total perjalanan berapa jam kalo dari Tangerang kota, eh kita kan tetanggan (tetangga jauh tapi dekat di hati)

    BalasHapus
  3. Waah, baru tau Mba ada tempat ini. Seru sepertinya ya. Mudah2an nanti ada kesempatan pergi ke sana juga ya.

    BalasHapus
  4. Aku pernah ke sini sblm covid, berasa lagi umroh yaaa.. iy bner bgt pengemisny bnyk bgt

    BalasHapus

Berlangganan via Email