HOW TO BE A PROFESSIONAL BLOGGER ?

 HOW TO BE A PROFESSIONAL BLOGGER ?

Siapa sih Blogger itu ?

Blogger adalah seseorang yang secara aktif menulis di suatu halaman web yang disebut blog. sebenarnya selain blog pun masih banyak lagi media yang bisa kita gunakan sebagai media kita menulis. seperti wordpress dan media mainstream lainnya seperti di kumparan, detik.com dan lainnya.

Be a professional blogger bisa gak sih ? menurutmu, kamu bisa gak menjadi blogger yang profesional ? menjadi seorang blogger tentu bukanlah hal yang asing di telinga kita. apalagi untuk yang memang sudah menjadi blogger.

Setiap orang pun memiliki niat dan tujuan yang berbeda-beda dalam hal ini. ada yang niat ngeblog karena emang self healing. dan ada juga yang memang ingin menjadi seorang blogger. ngomongin tentang blogger menurutku tidak ada habisnya.

Pada kesempatan kali ini aku mau berbagi pandangan dan insight yang aku dapatkan setelah mendengar ig livenya Mba Ani Berta dengan Bang Stephen Langitan. para blogger pasti tau mereka para profesional blogger yang memiliki jam terbang luar biasa.

Mba Ani Berta pemilik blog 'Me and Around' menjadi profesional blogger dengan niche lifestyle atau biasa disebut blogger gado-gado. karena beliau memang suka menulis apapun yang menarik untuk diulas lewat tulisan di halaman blognya. sedangkan Bang Stephen pemilik akun stephen.langitan.com blogger dengan niche yang lebih spesifik yaitu otomotif. jadi ketika kita mencari seorang blogger dengan niche ini kita bisa menemukan blognya bang Stephen.


Trik dan Tips menjadi blogger profesional

Ada beberapa Tips dan Trik yang bisa aku sharing ke kalian semua agar dapat menjadi seorang blogger profesional. trik dan tips ini adalah hasil kesimpulan yang aku dapatkan dari Bang Stephen dan Mba Ani Berta. dan sampai saat inipun aku sedang belajar dan terus berupaya untuk melakukan tips dan trik ini.

Personal Branding

Personal Branding adalah langkah awal yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang blogger profesional. dan menurutku sebenarnya personal branding ini bukan hanya untuk seorang blogger saja. tapi untuk semua karir dan goals yang ingin kita capai personal branding adalah penting. karena dengan personal branding inilah kita dapat lebih dikenal dengan banyak orang lewat sosial media yang kita punya. 


Konsisten Menulis

Yang kedua adalah dengan cara konsisten menulis. karena disinilah nanti yang akan membuat dan melatih kita menjadi seorang yang profesional. bagaimana tulisan kita akan menarik dan enak dibaca kalau kita tidak pernah melatihnya. seperti Bang Stephan yang BISA ke Paris dengan menggunakan motor. 


Kalau kalian bertanya kenapa kok bisa ? ya karena Bang Stephan konsisten dalam melatih kekuatan fisiknya untuk touring jauh. sebelum bisa sampai ke paris dengan motornya, Bang Stephen sudah terbiasa touring ke Puncak, Bandung, Bali, bahkan sampai ke Sabang. dan beliau melakukannya bukan hanya sekali saja. tapi terus berulang. sampai ia percaya diri untuk ke Paris dengan sepeda motor sendirian.


Menjadi penulis yang open minded dan menuliskan dari hati

Untuk seorang blogger apalagi pemula kaya aku ini. aku dituntut harus bisa terbuka dalam wawasan. aku harus pandai menuliskan sesuatu itu dengan jujur. ketika kita ingin mengulas suatu merek suatu brand atau sebuah restoran, ya sebutkan saja dengan jujur. tidak perlu berpihak pada brand.


Menulis secara jujur di sini bukan berarti kita menulis dan berkomentar hal-hal buruk tentang suatu brand di blog kita ya. kita harus pandai menilai sesuatu plus minusnya dan ketika ada sesuatu yang kurang kita bisa berikan masukan atau saran dan pendapat kita secara baik.


Menjadi Blogger yang independent

Salah satu cara menjadi seorang blogger profesional adalah dengan menjadi seorang yang independen. kita harus memiliki pendirian yang kuat. karena untuk menjadi seorang blogger kita harus bisa menciptakan ciri khas kita sendiri. apa bedanya kita dengan blogger lainnya kalau tidak punya ciri khas ? dan inipun menjadi PR buat aku sekarang.


Belajar dari pengalaman

Inilah yang akan selalu aku ingat ketika beberapa kali mengikuti lomba blog dan selalu KALAH. karena ketika aku mengingat ini aku tidak lagi terpuruk dalam kesedihan. dan ini pun yang dikatakan oleh Bang Stephen. karena memang pengalaman adalah guru yang berharga untuk kita.


Untuk blogger pemula terutama, ketika mengikuti lomba hal pertama yang harus kita ingat adalah jangan pernah berharap hadiah. tapi ingatlah bahwa kita sudah selangkah lebih baik menjadi seorang blogger. ketika kita kalah kita bisa belajar bagaimana para blogger yang hebat itu bisa menang. kita bisa mengambil banyak pelajaran dari setiap perlombaan.

Pesan untuk para Blogger

Berikut pesan yang disampaikan oleh Bang Stephan untuk kita semua para blogger. "KONSISTEN"  kunci dari setiap kesuksesan adalah konsisten. kita harus mempunyai target kerja meski hanya menjadi seorang blogger yang menulis di rumah sambil mengurus anak dan terkadang memakai daster kan sebagai busana kerajaan kita. hehe


Kita tidak perlu memiliki banyak-banyak blog seperti yang banyak orang lakukan. tapi kita hanya cukup memiliki satu akun yang bisa di maintenance dengan baik. karena berhasil itu bukan perkara banyak sedikitnya kita memiliki akun blog. tapi lebih ke bagaimana kualitas yang ada pada blog kita. Ini versi Bang Stephan ya. Bukan berarti kalau kita memiliki banyak akun blog itu tidak penting ya.


Anggaplah blog kita ini sebagai rumah kita sendiri. masa sih betah punya rumah yang berantakan dan kotor. tentu nggak ya. kita pasti suka punya rumah yang indah tapih dan nyaman. jadi..... Yuk kita mulai berbenah lagi. apalagi di pandemi ini. kita punya banyak sekali waktu untuk berbenah.

Semangat……...







chairina bawazir
chairina bawazir Lifestyle II Parenting II Travelling II Skincare Lover. For Collaboration or any enquiry please Contact at chairinabawazir@gmail.com

48 komentar untuk "HOW TO BE A PROFESSIONAL BLOGGER ?"

Comment Author Avatar
Wah, Saya bisa belajar banyak dari tulisan ini. Memang susah jadi professional blogger. Terutama harus konsisten menulis dari hati
Comment Author Avatar
tos kta mb, belajar di kelas yang sama. mencoba mencari ilmu lebih banyak dalam dunia blogging untuk jadi makin tahu ya
Comment Author Avatar
Bener banget, apapun niat dan usaha yang kita kerjakan untuk menjadi seorang yang profesional di masing2 bidang, yang penting adalah konsisten.
Comment Author Avatar
Terima kasih atas sharing utk jadi blogger profesional, adalah konsisten menulis, wawasan yang open minded, independent dan konsisten.
Comment Author Avatar
Betul mbak konsisten menulis adalah keharusan menjadi blogger supaya blog update dan tulisan kita bisa selaras dengan perkembangan jaman
Comment Author Avatar
tutup muka malu.
aku mah masih jauh dari menjadi bloger yang profesional kayanya. yuk ah terus perbaiki diri
Comment Author Avatar
menarik banget mba rin saat sharing session teh Ani dengan bang Stephen Langitan ini untuk menjadi seorang blogger professional ya kudu banyak scale up diri sendiri ya...noted banget untuk persoalan kalah lomba, jangan ngarep hadiah dulu, tapi percaya kalo kita udah selangkah lebih baik jadi blogger dengan menulis konsisten
Comment Author Avatar
aku selalu percaya jika sesuatu hal dilakukan dengan cara konsisten suatu saat akan membuahkan hasil yg terbaik, tinggal kitanya sabar, terus belajar dan selalu mengosongkan gelas ketika sedang menuntut ilmu
Comment Author Avatar
Semangat Mba! Yang penting konten kita bangun dulu sebaik-baiknya ya :D
Soal printilan lainnya bisa mengikuti. Yang penting jangan menyerah dan selalu mau belajar tanpa akhir karena ilmu pengetahuan itu berkembang terus :)
Comment Author Avatar
Siap! InsyaAllah, akan konsisten menulis, berbagi hal baik dan belajar terus. Alhamdulillah bisa kenal mbak Rina dan banyak blogger-blogger hebat di komunitas menulis :D

Semangat untuk kita ya mbak!
Comment Author Avatar
Konsisten ya kuncinya... Ini tuh yang sulit karena niat nya pengen konsisten tapi sikon ga mendukung apalagi mood mesti nunggu mood oke dulu baru bisa nulis huhuhu
Comment Author Avatar
Aku gak pernah kepikiran buat jadi profesional blogger. Sejauh ini awalnya cuma iseng, eh trus kok nyaman hehe makanya trus sekalian aja diselami. Tapi seiring berjalannya waktu nanti kalau emang aku masih betah jadi blogger ya semoga jadi blogger profesional ya hihi
Comment Author Avatar
Bener konsisten, makanya saya suka ikut tantangan menulis atau arisan backlink biar rajin nulis di blog. Maklum saya masih part time bloger soalnya hehe. Makasih mba tipsnyaa
Comment Author Avatar
Mbak Ani Berta beneran memberi inspirasi tentang ngeblog. Jadi makin semangat buat ngeblog lagi ... ❤️❤️❤️🙏
Comment Author Avatar
Aku belum bisa konsisten nulis dan belum pd juga ikut berbagai macam lomba. Karena masih dipertimbangkan hahaha tapi masih berusaha menulis tukisan organik.
Comment Author Avatar
Konsisten kuncinya ya mbak. Kalau semangat mengendur, blogwalking kayak gini bisa nambah semangat
Comment Author Avatar
konsisten menulis bener-bener mau aku terapkan untuk diri sendiri.
Disiplin ilmu yang satu ini, mudah, tapi kalo udah rasa malas datang.... Jadi sulit
Comment Author Avatar
Yes... Seoakat banget sm highlightnya mba...
Konsistensi adalah hal yg utama dalam bidang apapun termasuk blogging
Comment Author Avatar
Jadi blogger profesional itu jalannya panjang ya, berproses terus. Belajar terus soal penulisan dan perbaiki kualitas menulis, seo dll Semangat!!
Comment Author Avatar
Setuju banget, kalau nggak konsisten menulis sepertinya diri ini harus diberi semangat deh kalau nggak gitu blog bakalan jadi sarang laba-laba
Comment Author Avatar
Memang menarik banget yaa diskusi teh Ani sama Bang Stephen. Inspiratif sekali.

Saya sendiri masih sedang mencari cara nih biar bisa tetep konsisten, selain itu menguasai ilmu ttg blog ternyata nggak cuma sekadar nulis aja, tapi juga belajar meluaskan pengetahuan dan ilmu2 teknis lainnya.
Comment Author Avatar
Konsisten itu yg berat. Banyak yg tetap sampai sekarang menulis, meski ada atau tidak ada undangan acara blogger. Tapi banyak yg kelelep, saat pandemi ini banyak yg ga nulis, karena ga ada job. Bisa dilihat sendiri mana blogger karbitan dan mana blogger profesional
Comment Author Avatar
Menarik sekali pembahasan tentang professional blogger. Aku masih banyak juga nih PR yg harus diselesaikan. Soap niche, awalnya aku jg bingung krn blogku campur aduk eh tnyata lumrah ya soalnya termasuk life style blogger hehe
Comment Author Avatar
Terima kasih kak sharingnya. Penting banget nih buat blogger pemula kayak akuu. Bener banget intinya adalah "Konsisren" yaa kak :)
Comment Author Avatar
Bagus banget sharingnya mbak
Sayang waktu itu ga bisa ikut
Jadi Terimakasih udah menuliskannya
Ulet dan konsisten merupakan kunci keberhasilan , termasuk sebagai Blogger
Comment Author Avatar
Terima kasih untuk tipsnya mba. Masih jauh dari kata Profesional. Tapi ini jadi peringatan buat terus mengembangkan diri.
Comment Author Avatar
Sebagai newbie aku dapet banyak ilmu dari tulisan Kakak ini Nah, kalo sekarang2 ini aku masih belum bisa konsisten buat nulis Kak hehe
Comment Author Avatar
Nah, perihal konsistensi dan independent buat aku pribadi masih PR banget nih mba. Pas banget baca ini, alhamdulillah jadi trigger juga buat aku. Thanks mba remindernya.
Comment Author Avatar
Aku targetnya sebulan minimal 4 postingan tapi kalo ga semangat jadi 2 postingan aja 😣 harus semangat untuk konsisten nih!
Comment Author Avatar
Emang enak kalau niche spesifik gtu ya?
Tp kyknya banyak jg yang nichenya gado2 yang penting konsisten diisi drpd mikirin niche mulu tapi gak action2 hehe
Seru nih mbak WS-nya :D
Comment Author Avatar
Waah smoga kelak bsa jdi pro blogger, krna sejauh ini masih sebatas sbg media sharing dan healing mba
Comment Author Avatar
Konsistensi itu emang kunci dri sgala goals yg kita harapin ya mba
Comment Author Avatar
Keren, ini yang saya butuhkan buat belajar terus jadi blogger yang profesional dan baik. Teh Ani salah satu panutan nih, makasih insightnya ya.
Comment Author Avatar
Hmmm... aku masih macet di ke-konsisten-an. Aku nulis masih moody. Apalagi sekarang, punya anak yang kudu ditemenin terus belajarnya. Ah, suka jadi banyak excuse jadinya. Kudu belajar banyak dari para blogger konsisten
Comment Author Avatar
toss kak, aq juga ada belajar di kelas teh ani berta, cuma aq masih belum konsisten utk terus menulis huhuhu..
Comment Author Avatar
Wah bener banget mbak, konsisten itu kunci. Percuma sih kalo kita mulai tapi gak konsisten. A reminder to myself juga karena sampai saat ini juga belum konsisten huhuhu.
Comment Author Avatar
saya dalam diam juga senantiasa mencuri ilmu mb ani berta di kelas lho mb, ada banyak hal yang luar biasa dari sosoknya

bikin kita makin tegar menghadapi hidup
Comment Author Avatar
Iya nih untuk menjadi blogger yang profesional harus terus konsisten menulis dan membangun konten dengan baik serta terus belajar tanpa henti , ga bole males2an ya
Comment Author Avatar
Saya niat punya blog karena pingin punya diary online. Jadi nanti bisa jadi kenangan gitu. Tapi kalau nanti diperjalanan dapet job. Ya, diambil aja heuheu. Semangat ngeblog!
Comment Author Avatar
Kebetulan Saya juga menyimak acara IG live nya , yg saya ingat harus konsisten menulis. Hadirkan konten yang berbobot dan jangan sungkan menyebutkan brand.
Comment Author Avatar
Betul, sebenarnya mudah ya memulainya, tapi untuk bisa sampai konsisten itu yang agak sulit menurut ku. Kalau kita fokus, konsisten dan gak mudah nyerah pasti bisa kita lihat hasil kerja keras kita ya.
Comment Author Avatar
Aku terkesan dengan 'jadi blogger itu musti independent'

Berat ya..kayak rindu hihi.. kupikir sih kalo udah independent, kita bisa konsisten krn ga terpengaruh dg godaan malas hehe
Comment Author Avatar
Ngomong-ngomong lomba, awal ngeblog dulu juga suka ikut lomba dan sukses kalah. hehe
Tapi makin kesini, banyak belajar dari blogger yang sering langganan juara dan menemukan ritmenya. Oh gini toh..
Alhamdulillah setelah berkali-kali kalah bisa ngerasain menang juara 1 itu kaya prestasi luar biasa.
Comment Author Avatar
Saya setuju mba. Untuk jadi profesional (ga cuka blogger) semua butuh kerja keras, konsistensi, dan kemauan untuk belajar. Thanks for sharing, mba.
Comment Author Avatar
konsisten ini adalah proses yang tidak berkesudahan dan membutuhkan disiplin yang tinggi. Semoga kita juga bisa konsisten ya, di tengah kesibukan sehari hari
Comment Author Avatar
kuncinya adalah konsisten dan itu butuh niat yang kuat
semoga aku bisa terus konsisten
Comment Author Avatar
Sebagai blogger 'kurang' profesional.. wkwkwkwk.. masalah konsistensi itu memang krusial tapi terkadang berat juga ya.

Saya yang masih tergolong moody-an memang cenderung naik turun sih konsistensinya. Mudah-mudahan ke depannya nanti bisa semakin konsisten sebagai professional blogger ya.

Kalau tulisan ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa komen dan share ya. terima kasih !